10 Ide Desain Interior Ruang Tamu dengan Anggaran Murah

0
115
10 Living Room Interior Design Ideas For People In A Budget Via Simphome Thumb 696x392
10 Ide Desain Interior Ruang Tamu dengan Anggaran Murah

Saat tamu berkunjung ke rumah Anda, mereka tentu akan fokus pada kondisi di ruang tamu Anda. Sehingga, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendesain ruang tamu dengan interior yang mahal hanya untuk menarik kesan orang lain. Padahal, apa yang akan Anda dapatkan jika hanya fokus pada penilaian orang tentang rumah Anda tanpa memedulikan biaya yang sudah dikeluarkan untuk mendapatkan kesan “wah” tersebut? Oleh karena itu, Anda dapat mencoba ide desain interior ruang tamu berikut, yang tentunya berbiaya murah dan tetap menghadirkan kenyamanan di ruang tamu Anda.

10. Pilih Warna yang Tepat

Pilih Warna Yang Tepat
Pilih Warna yang Tepat

Salah satu cara untuk mendapatkan ruang tamu impian yang mudah adalah dengan memilih warna yang tepat untuk diaplikasikan di dinding ruang tamu Anda. Hal itu tentu sangat berpengaruh pada kesan dan suasana yang akan Anda tawarkan di sana. Untuk mengubah kesan lebih besar pada ruang tamu yang kecil, Anda dapat memilih warna-warna netral dan bersahaja seperti putih dan krem. Selain itu, Anda juga dapat menampilkan rona warna yang menenangkan seperti ungu, biru, dan pirus. Anda pun tidak perlu ragu untuk menerapkan warna merah, jika ingin menampilkan kesan yang lebih berani. Warna merah dapat pula dikaitkan dengan gairah dan energi yang kian terasa hidup di ruang tamu Anda.

9. Masukkan Elemen Hidup

Memasukkan Elemen Hidup
Masukkan Tanaman di Ruang Tamu

Tanaman yang cukup kuat untuk hidup dalam ruangan, tentu akan memberikan kontribusi yang baik bagi ruangan Anda. Selain menyejukkan pandangan, tanaman juga membatu dalam meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruang. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat meletakkan tanaman seperti seperti pphilodendron atau yucca di salah satu sudut ruangan. Sedangkan untuk mempercantik meja tamu, Anda dapat menempatkan bunga-bunga indah seperti mawar, hydrangea, atau anyelir. Jika menginginkan suasana yang lebih natural, tidak ada salahnya menambahkan tanaman merambat atau melati yang menjuntai di atas sofa atau di ambang jendela.

BACA JUGA:  10 Proyek DIY, Tempat Sepatu Serbaguna

8. Manfaatkan yang Ada di Sekitar

Berbelanjalah Di Sekitar Rumah Anda
Berkreasi dari yang Ada di Sekitar Rumah Anda

Anda bisa mendapatkan banyak aksesori cantik dengan harga murah – atau bahkan gratis – dari barang-barang dekoratif yang selama ini Anda acuhkan. Maka, temukan apa yang sebenarnya Anda miliki di lingkungan sekitar rumah Anda. Jika Anda memiliki tangga tua, segera ambil, bersihkan, dan manfaatkan tangga kayu itu untuk memperindah ruang tamu Anda. Kemudian, gantungkan beberapa bingkai foto yang menyimpan banyak cerita di sepanjang perjalanan hidup Anda.

Jika Anda tertarik untuk membuatnya dari awal, siapkan beberapa potongan batang pohon, kemudian pakulah potongan kayu itu hingga membentuk tangga yang kuat. Selanjutnya, pasang penjepit menggunakan tali rami. Sebagai langkah akhir, lampirkan foto pada masing-masing penepit tersebut.

7. Atur Ulang Furnitur Anda

Atur Ulang Furnitur Anda
Atur Ulang Furnitur Anda

Kembali menata ulang furnitur di ruang tamu merupakan cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan suasana yang berbeda. Anda cukup menemukan titik fokus dekorasi yang akan Anda ubah, seperti posisi televisi, rak, meja, sofa, ataupun kursi pendukung lainnya. Jaga kehangatan ruangan, dengan tetap mempertimbangkan kedekatan antara posisi tamu dengan tuan rumah. Selain itu, Anda mungkin perlu menambahkan karpet permadani untuk mempercantik lantai ruang tamu agar tampak luar biasa.

6. Pertimbangkan Wall Art

Pertimbangkan Wall Art
Pertimbangkan Wall Art

Dinding ruangan Anda tampak biasa saja? Untuk meninggalkan kesan kosong dan membosankan, tidak ada salahnya Anda mencoba menambahkan kesan seni di sana. Ada banyak ide seni dinding DIY yang dapat Anda temukan di internet dan dapat pula diimplementasikan ke dalam ruangan tamu Anda, seperti pohon sakura ini salah satunya.
Untuk menerapkan seni dinding ini, Anda perlu menggambar pohon menggunankan cat. Kemudian, catlah kelopak bunga dengan warna lainnya. Jika ingin terlihat lebih asli, Anda dapat membuat kelopak dari kertas merah yang telah dipotong. Kemudian tempelkan di dinding menggunakan lem. Dengan kesabaran dan ketelitian, Anda pasti akan mendapatkan hasil kreativitas yang menakjubkan ini.

BACA JUGA:  10 Ide Cemerlang Merenovasi Rumah Tua

5. Tambahkan Pola

Roll A A Rug
Tambahkan Pola untuk Menampilkan Kesan Berbeda

Jika selama ini ruang tamu Anda tampak “sepi”, maka tidak ada salahnya Anda memberikan kesan ramai masuk ke dalam ruangan. Ide itu dapat Anda terapkan melalui penambahan pola pada bagian ruang, seperti menggantungkan seni dinding Boho atau memasang karpet Persia di bawah sofa atau kursi. Selain menghangatkan kaki, karpet ini juga akan membuat ruangan Anda makin terlihat ceria dan bewarna.

4. Gunakan Rak Buku Secara Efisien

Gunakan Rak Buku Dengan Efisien
Gunakan Rak Buku Secara Efisien

Selama ini rak buku memang identik dengan keberadaan buku-buku bacaan yang tertata dengan rapi. Nah, untuk menghadirkan tampilan yang berbeda, cobalah menambahkan galeri pameran mini di sana. Isilah beberapa ruang di rak dengan foto, pernak-pernik, dan barang-barang dekoratif lainnya. Jangan ragu untuk mencampur ukuran dan bentuk ornamen lain untuk mendapatkan tampilan yang lebih bervariatif. Anda juga bisa mengombinasikan letak buku dengan menumpuk atau membaringkannya, baik secara vertikal atau pun horizontal.

3. Lampirkan Beberapa Kain Penghangat

Tambahkan Beberapa Kain Penghangat
Tambahkan Kain Penghangat

Keberadaan kain penghangat memang sangat membantu menghangatkan tubuh Anda kala cuaca berangsur dingin. Namun ternyata, kain hangat ini juga bisa digunakan untuk memperkaya seni dalam ruang tamu Anda. Maka, jika ruang tamu Anda selama ini dirasa kusam, cukup letakkan lipatan kain hangat bewarna abu-abu, merah, atau kuning di atas sofa dengan dengan rapi.

2. Berkarya dari Benda yang Tidak Digunakan

BACA JUGA:  20 Rekomendasi Menu Yang Bisa Kamu Pesan di OTW Street Food Surabaya
Gunakan Kembali Benda Yang Tidak Digunakan
Gunakan Kembali Benda yang Tidak Digunakan

Cara terbaik untuk mendapatkan perabot dengan harga murah adalah dengan menggunakan kembali barang-barang yang tidak digunakan di rumah Anda dan mengubahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai manfaat seperti meja kopi ini. Meja ini merupakan karya sederhana dari peti kayu bekas yang telah diampelas dan diwarnai dengan cermat. Kemudian, ditata dengan menempatkan bagian terbuka peti di bagian depan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan tambahan yang sangat berguna.

1. Perhatikan Pencahaan dalam Ruangan

Perhatikan Pencahaan Ruangan
Perhatikan Pencahaan di Dalam Ruangan

Pencahayaan yang cukup adalah hal yang penting di ruang tamu Anda. Inilah yang akan membuat kesan dramatis masuk ke dalam ruangan Anda. Nah, untuk merombak lampu menjadi lampu gantung bulat yang indah ini tenyata cukuplah mudah. Pertama, bungkus bola atau balon karet yang sebelumnya telah dioles handbody dengan benang yang telah dicelupkan ke dalam campuran lem dan cat warna. Setelah kering, kempiskan bola dengan hati-hati dan tarik melalui lingkaran pembuka yang telah Anda buat. Dengan langkah-langkah itu, Anda akan mendapatkan lampu gantung yang cantik dengan warna yang serasi dengan ruang tamu Anda.

Sekarang Anda tahu bahwa untuk menciptakan keindahan di dalam ruang tamu ternyata sangatlah mudah dan murah. Dan dengan memanfaatkan kembali barang lama yang ada di sekitar, Anda juga dapat mengubahnya menjadi hiasan atau perabot yang menawan. Kuncinya adalah mari terapkan ide dan ubah ruang tamu Anda dengan ketelitian dan kesabaran. Dengan begitu, ruang tamu impian Anda pun akan segera terwujud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here