10 Ide Makeover Kabinet Dapur dengan Biaya Murah

0
56
10 Ide Makeover Kabinet dengan Anggaran Terbatas
10 Ide Makeover Kabinet dengan Anggaran Terbatas

Jika dapur Anda mulai membosankan dan tidak lagi nyaman, inilah saat yang tepat untuk melakukan makeover di area memasak Anda. Sayangnya, memperbaiki dapur tentu membutuhkan banyak biaya. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah satu per satu bagian dapur dengan perlahan-lahan. Anda bisa memulainya dari bagian yang paling mencolok di dapur Anda, khusunya pada bagian lemari atau kabinet. Berikut 10 ide makeover kabinet dapur dengan biaya yang murah dan bisa diaplikasikan di dapur tercinta Anda.

10. Cat Ulang Kabinet dengan Warna Baru

Lukis Ulang Kabinet Untuk Tampilan Yang Lebih Baru
Cat Ulang Kabinet dengan Warna Baru

Salah satu cara termudah untuk mengubah tampilan dapur adalah dengan mengecat ulang lemari Anda. Anda bisa menggunakan warna yang sama atau pun menggantinya dengan warna yang berbeda, seperti dapur ini. Untuk tampilan makin berkelas, sang pemilik rumah mengubah kabinet kusamnya dengan warna abu-abu. Dia juga mengganti gagang kabinet dengan tarikan cup untuk menambah tampilan yang lebih modern.
Anda juga dapat menerapkan ide ini di dapur Anda. Tapi saat akan mengecat lemari, ada baiknya Anda melepas pintu kabinet terlebih dahulu sehingga Anda bisa mengecatnya secara menyeluruh. Dan jangan lupa untuk memberi label tarikan dan engselnya agar tidak tertukar dengan yang lain saat Anda akan memasagnya kembali.

9. Tampilkan yang Ada di Dalam Kabinet

Tampilkan Apa Yang Ada Di Dalam Kabinet Anda
Tampilkan yang Ada di Dalam Kabinet Anda

Ada banyak ide yang bisa diterapkan pada pintu lemari dapur Anda. Salah satu proyek ramah-DIY yang bisa Anda lakukan adalah mengganti pintu solid tua dengan kaca. Jika Anda ingin memasukkan kaca ke pintu lemari, Anda harus memotong bagian tengah pintu. Kemudian letakkan kaca yang sudah dipotong di belakang pintu, dan kencangkan. Pastikan pengencang itu tidak terlihat melalui kaca.

BACA JUGA:  Berburu Foto di Gudang Bangkai Gerbong Kereta Api Stasiun Sidotopo Surabaya

8. Ubah Tampilan Kabinet dengan Veneer

Reface The Cabinets With Veneer
Ubah Tampilan Kabinet dengan Venner

Ketika ada tetangga yang datang ke dapur, mereka akan terkejut dan berpikir bahwa Anda baru saja membeli lemari baru. Padahal ini adalah lemari tua yang telah dilapisi dengan veneer. Hasilnya cukup mengesankan, bukan? Ya, memperbaiki lemari lama dengan veneer adalah cara termudah untuk mendapatkan tampilan baru kabinet dengan harga yang sangat terjangkau.

Mengganti lemari Anda dengan veneer mungkin terlihat sederhana. Tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, justru akan membuat tampilan lemari makin tidak sempurna. Jika Anda tertarik untuk menerapkan ide ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas pintu dan laci. Kemudian, tutupi bagian depan kabinet dengan veneer kayu peel-and-stick dan mulailah dari bagian ujung-ujungnya. Tapi sebelum memasang veneer, Anda harus memotongnya sesuai dengan ukuran kabinet terlebih dahulu. Selanjutnya, lakukan kegiatan ini dengan teliti dan rapi agar Anda mendapatkan kabinet dapur baru yang sesuai dengan yang diinginkan.

7. Makeover Kabinet berdasarkan Anggaran

Makeover Kabinet Berdasarkan Anggaran
Makeover Kabinet Berdasarkan Anggaran

Orang akan berpikir bahwa pintu kabinet ini terbuat dari panel beadboard. Padahal ini adalah lapisan wallpaper yang tentunya sangat layak untuk dicoba di dapur Anda. Selain murah, cara memasang wallpaper ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

Pertama, Anda hanya perlu melepas pintu kabinet dan meletakkannya di permukaan. Kemudian, ukur dan potong wallpaper sesuai dengan panjang pintu kabinet. Lalu tempelkan wallpaper dengan perlahan-lahan. Kemudian dengan menggunakan lem kayu, pasang bingkai luar kabinet yang terbuat dari kayu lapis yang telah dipotong menjadi strip lebar 2″. Setelah lem mengering, Anda dapat memasang bingkai dari bagian dalam untuk memastikan bahwa bingkai tersebut aman di tempatnya.

BACA JUGA:  10 Konsep DIY, Ubah Dekorasi Dinding Makin Menawan

6. Beri Perhatian Pada Kenop Laci 

Menekankan Tombol Tombol
Berilah Perhatian Pada Kenop Laci

Menciptakan dapur yang bersih, tentu tidaklah sulit. Anda pun bisa memberi perubahan besar di sana dengan menonjolkan pegangan lemari atau kabinet. Jadi, Anda dapat mengganti pegangan lama kabinet dengan ide dekoratif baru yang murah meriah seperti ide ini. Sang pemilik rumah menempelkan hiasan dan mengubahnya menjadi kenop zamrud yang indah. Ini adalah proyek yang mudah. Anda juga dapat melakukan kegiatan menggembirakan ini bersama anak-anak di rumah. Cukup gunakan sedikit imajinasi, maka hiasan dapur yang lain pun dapat Anda wujudkan.

5. Gunakan Stensil

Gunakan Stensil
Gunakan Stensil

Banyak orang menggunakan stensil untuk menambahkan lebih banyak pola pada dinding dan lantai dapur. Anda pun dapat mencoba ide cemerlang ini untuk diterapkan di lemari dapur Anda. Hasilnya, pintu kabinet ini pun makin terlihat indah dengan gambar burung di atas daun pintu yang putih bersih.

4. Pintu Lemari Bambu Asia

Pintu Lemari Bambu Asia
Pintu Lemari Bambu Asia

Untuk menambah kesan tradisional Asia di dapur, Anda dengan menambahkan twist pada pintu lemari Anda. Ini adalah proyek super mudah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk menerapkan proyek ini, Anda harus melepas pintu dari lemari terlebih dahulu. Kemudian, cat bingkai kabinet berwarna cokelat tua agar terlihat makin cantik. Setelah itu, ukur bagian tengah pintu kabinet sehingga Anda bisa memotong keset bamboo dengan sesuai. Pastikan keset bambu pas di dalamnya. Kemudian, tempelkan potongan keset menggunakan lem kayu dengan hati-hati.

BACA JUGA:  Sensasi Makan Kuliner Khas Surabaya Nasi Empal Pengampon Yang Menggugah Selera

3. Pintu Kabinet Mosaik

Pintu Kabinet Mosaik
Pintu Kabinet Mosaik

Perkuat dapur Anda dengan ubin mosaik ini. Ubin ini tidak hanya cantik, tetapi juga akan memberikan pemandangan yang berbeda di lemari dapur Anda. Dengan sedikit minyak siku dan kreativitas, Anda dapat mengubah lemari biasa, menjadi yang luar biasa.
Untuk mendapatkan tampilan ini, Anda hanya perlu melepas pintu kabinet dan meletakkannya di permukaan yang rata. Lalu, letakkan ubin mosaik ke pintu kabinet dengan pas menggunakan perekat ubin mosaik.

2. Tambahkan Elemen Arsitektur

Tambahkan Elemen Arsitektur
Tambahkan Elemen Arsitektur

Tidak ada salahnya menambahkan elemen arsitektur seperti corbels ini ke dalam dapur Anda. Corbels yang dikerjakan dengan baik tentu akan menambah tampilan mewah ke dapur Anda secara instan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendapatkan beberapa corbels dan menempelkannya di tempat-tempat penting di dapur Anda seperti di meja dapur atau tempat memasak Anda.

1. Pintu Lemari Gabus

Pintu Lemari Gabus
Pintu Lemari Gabus

Pintu kabinet papan gabus ini menawarkan lebih dari satu fungsi pada Anda. Selain memberikan nuansa baru, Anda juga dapat melampirkan memo atau bahkan resep masakan spesial di atasnya sehingga Anda dapat melihat resep tersebut sekali waktu dengan mudah.

Itulah 10 ide makeover kabinet murah yang aman di kantong Anda. Selain mudah diterapkan, ide fantastis itu akan membantu Anda untuk mengubah dapur Anda dari bisa menjadi luar biasa. Sekarang memasak bukanlah aktivitas yang membosankan karena Anda berada di dapur yang juga bersih dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here