10 Ide Dekorasi DIY Spesial untuk Ruang Tamu Kecil

0
55
10 Ide Dekorasi DIY Spesial untuk Ruang Tamu Kecil
10 Ide Dekorasi DIY Spesial untuk Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu adalah salah satu ruang yang paling hidup di rumah Anda. Di sinilah Anda menerima tamu dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Maka tak khayal jika Anda memberikan perhatian lebih untuk ruang yang satu ini. Sekalipun ruang tamu Anda kecil dan terbatas, Anda masih bisa membuatnya tetap bergaya dan memiliki keunggulan tersendiri di bandingkan ruang yang lain.
Tetapi, jika Anda merupakan salah satu dari mereka yang memiliki masalah dengan anggaran, cobalah cara-cara kreatif dengan mendekorasi ruang tamu kecil Anda sendiri. Berikut 10 gagasan dekorasi do it yourself yang dapat memberikan sentuhan menakjubkan dan menyegarkan ruang tamu kecil Anda.

10. Lampu Gantung Kuningan

Lampu Gantung Kuningan
Lampu Gantung Kuningan

Anda bisa mengubah lampu lama menjadi lampu gantung kuningan yang cantik seperti ini. Untuk membuat lampu ini, Anda perlu menyiapkan satu set bahan kuningan seperti loop kuningan, pipa kuningan, putar kuningan yang dapat disesuaikan, dan kabel yang dipilin. Anda juga akan memerlukan satu set alat-alat listrik untuk lampu seperti soket, tubuh klaster besar 5-lubang, dan bola lampu.
Langkah-langkah untuk membuat lampu ini ada beberapa tahap. Pertama, pasang soket untuk bola lampu. Kemudian, buat lengan kuningan, dan pasang soket pada tempatnya dengan memasang kabel. Selanjutnya, siapkan kabel pilin dan kencangkan dengan tapet eletrikal. Lalu sambungkan kabel dengan mendorongnya perlahan ke dalam tubuh kluster. Kemudian putarlah loop kuningan ke atas perancah kuningan.

9. Meja Kopi dari Peti Kayu

Meja Kopi Dari Peti Kayu
Meja Kopi Dari Peti Kayu

Sebagai pilihan berikutnya, Anda bisa membuat meja kopi dari peti kayu yang sudah tidak lagi digunakan. Untuk membuat meja ini sangatlah mudah. Pertama, Anda perlu menyiapkan 4 krat kayu, 4 kaki furnitur, cat kayu favorit Anda, kuas, sekrup 1,5 , dan braket-L.
Lalu, mulailah dengan menghaluskan permukaan krat menggunakan amplas. Kemudian, catlah krat tersebut sesuai dengan warna kesukaan Anda, lalu keringkan. Setelah itu, susunlah hingga membentuk persegi dalam bentuk terbalik sehingga bagian atas meja rata. Pasang 4 krat bersama-sama dengan menggunakan braket L. Putar keempat kakinya dan meja pun siap digunakan. Sebagai sentuhan akhir, gunakan kreativitas Anda untuk menghias bagian tengah meja. Anda dapat membuat kebun sukulen kecil atau hanya meletakkan bebatuan taman atau manik-manik colourfull yang tentu akan membuat tampilan meja makin luar biasa.

BACA JUGA:  Rekomendasi Berwisata Murah ala Titanic Sambil Melihat Sunset di Surabaya North Quay

8. Bingkai Foto Kerikil

Bingkai Foto Kerikil
Bingkai Foto Kerikil

Berikan sentuhan alami pada bingkai foto Anda dengan kerikil atau batu buatan. Untuk membuat bingkai ini ternyata sangatlah mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Pertama, lepaskan kaca dari bingkainya sebelum Anda memasang kerikil. Kemudian rekatkan kerikil ke bingkai menggunakan lem. Mulailah memasang kerikil pada bagian tepi luar ke tengah, sehingga kerikil makin terlihat rapi dan telah membentuk garis. Lalu, pasanglah kembali bingkai dengan hati-hati. Setelah itu Anda bisa memasang foto atau gambar yang Anda suka.

7. Vas Warna-warni

Vas Warna Warni
Vas Warna Warni

Siapa yang tidak menginginkan nuansa segar, modern, dan menarik hadir di ruang tamu Anda? Nah, untuk mendapatkan vas-vas cantik ini, Anda perlu menyiapkan beberapa vas bening dengan ukuran dan bentuk yang berbeda, cat enamel, handuk kertas, dan kuas cat.
Pertama, bersihkan vas dengan merendamnya ke dalam air sabun, kemudian keringkan. Saat sudah benar-benar kering, catlah vas-vas dari dalam ke luar. Setelah vas dicat, letakkan di atas tisu dalam posisi terbalik untuk membiarkan catnya menetes. Semakin tipis lapisan yang menempel dalam vas, Anda akan mendapat hasil vas yang makin bagus. Biarkan vas hingga dalam vas benar-benar mengering. Selang sehari semalam, Anda akan melihat vas cantik yang dapat diletakkan pada sisi ruang tamu Anda.

6. Sarung Bantal Simpel

Sarung Bantal Simpel
Sarung Bantal Simpel

Bantal sofa Anda tidak lagi menarik dan kian membosankan? Mungkin Anda perlu sedikit me-makeovernya. Anda pun dapat mengadaptasi sarung bantal bergigi DIY yang tidak dijahit seperti ini. Caranya buat pola lingkaran pada selembar kain, kemudian gunting dengan rapi. Kemudian, lekatkan di sarung bantal Anda menggunakan lem tembak. Mulailah dari baris atas dan pastikan tumpang tindih antara lingkaran baris pertama dengan deret berikutnya untuk membuatnya mirip seperti bentuk kerang.

BACA JUGA:  10 Potret ala Urban di Jalan Gula Surabaya

5. Seni Pembatas Ruangan

Seni Pembatas Ruangan
Seni Pembatas Ruangan

Jika ruang tamu Anda berdekatan atau menyatu dengan ruangan yang lain, mungkin Anda perlu mendapatkan sedikit privasi dengan memisahkan kedua ruangan tersebut dengan pembatas ruang yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Untuk membuat pembagi ruang geometris yang chic ini, Anda membutuhkan kayu lapis dan kayu 1x2m. Acak 27 kotak pada papan kayu lapis dan potong setiap kotak di tengah secara diagonal sehingga Anda akan mendapatkan 54 segitiga. Lalu oleskan pasir pada semua segitiga, biarkan bernoda dan mengering dengan sendirinya.
Kemudian, mulailah membangun bingkai pembagi dari kayu. Pastikan ukuran bingkai sesuai dan sama. Setelah kerangka dasar sebuah panel selesai, tambahkan divisi vertikal yang lebih kecil di setiap baris. Langkah berikutnya, isi celah persegi dengan 54 segitiga yang sudah kering tadi. Lalu lekatkan pada kerangka dengan desain yang Anda inginkan. Terakhir, hubungkan ketiga panel menggunakan engsel.

4. Meja Kopi Artistik

Meja Kopi Artistik
Meja Kopi Artistik

Apakah ruang tamu Anda bergaya modern atau pedesaan? Entah apapun gayanya, meja kopi ini akan menyempurnakan ruangan tamu Anda. Untuk membuat meja ini, Anda perlu menyiapkan papan ukuran 2x4m dan potong dengan ukuran 9.55 inci, 12.8,5 inci, dan 2.13,5inci; dan 2 kaki gaya hairpin. Lalu atur dan letakkan papan yang terdiri dari tiga baris. Jangan lupa untuk membuat lubang di bagian bawah untuk memasang kaki meja agar lebih kuat. Selanjutnya, sekrup semua papan dari atas hingga bawah. Terakhir, ampelaslah seluruh permukaan dan tepi papan sampai permukaannya halus. Kemudian tutup permukaan papan dengan lapisan poliuretan semi-gloss untuk memberikan efek meja lebih cerah.

3. Seni Mural

Seni Mural
Seni Mural

Memberikan sentuhan seni mural di dinding ruang tamu tentu akan mengubah ruangan Anda makin terlihat menarik. Seni mural adalah karya seni yang dilukis atau diterapkan langsung di dinding, langit-langit atau permukaan permanen lainnya.
Anda tidak harus menjadi seorang seniman atau mengikuti kursus menggambar singkat untuk bisa melakukannya. Maka, percayalah imajinasi Anda. Siluet kota hitam atau pepohonan dan bunga-bunga colourfull akan bisa menyatu dalam ruang tamu Anda. Namun, jika Anda tidak ingin tangan kotor, Anda dapat membeli stiker mural instan dengan berbagai desain yang makin beragam dan menempelkannya di dinding ruang tamu Anda.

BACA JUGA:  Berburu Foto di Gudang Bangkai Gerbong Kereta Api Stasiun Sidotopo Surabaya

2. Rak Terbuka Heksagonal

Rak Terbuka Heksagonal
Rak Terbuka Heksagonal

Apakah Anda berminat untuk menggunakan rak atau dinding aksen? Mengapa Anda harus tetap berpegang pada salah satu dari keduanya jika Anda dapat memiliki semuanya? Ya, rak-rak heksagonal yang menyerupai sarang madu ini akan menjadi sesuatu yang spesial dan membuat dinding di ruang tamu Anda memiliki aksen yang bagus. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat rak heksagonal tunggal. Pertama, potong kayu 6 -tepat-sama-panjang (12inci sempurna) dengan sudut 30 derajat untuk kedua sisi. Ingat, potongan miring harus masuk untuk membuat sisi lain lebih pendek. Lalu, ambil 6 buah potongan kayu dan buatlah heksagon yang bisa berdiri di tanah dan tentukan sisi mana yang akan menjadi dasar rak Anda. Kemudian, sekrup potongan menggunakan bor. Jangan lupa untuk mengampelas semua permukaan rak. Setelah bersih, gantung rak heksagonal menggunakan stud di salah satu sisi dinding ruang tamu Anda.

1. Percantik Dinding dengan Piring

Percantik Dinding Dengan Piring
Percantik Dinding Dengan Piring

Jika Anda sedang mencari ide dekorasi ruang tamu dengan harga murah, ini adalah ide yang bisa Anda terapkan. Segera carilah koleksi piring unik Anda. Pilih dua piring dengan warna dan ukuran yang kontras. Rekatkan piring dengan epoksi atau lem serbaguna dan gantung dengan pengait pelat  di dinding. Lakukan cara yang sama pada piring lain yang ingin Anda tampilkan di dinding ruang tamu Anda.

Itu adalah 10 ide dekorasi ruang tamu kecil DIY yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Selain terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat, Anda juga tidak perlu ragu untuk mempercantik ruang tamu Anda dengan gaya Anda sendiri. Jadi, tunggu apa lagi? Mari berkreasi dengan cara yang sederhana dan tentunya sangat berkesan. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here