10 Furnitur Cerdas untuk Ruang Terbatas

0
48
10 Furnitur Cerdas untuk Ruang Terbatas
10 Furnitur Cerdas untuk Ruang Terbatas

Dengan pertimbangan biaya yang lebih terjangkau, banyak orang memilih tinggal di rumah dengan penyajian ruang yang terbatas. Sehingga, banyak dari mereka yang bertahan tinggal di apartemen yang sempit ditambah dengan perabot rumah tangga yang justru membuat ruangan tersebut menjadi penuh dan menyesakkan. Tapi bagi Anda yang kreatif, apartemen kecil tetap bisa menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali ketika Anda dapat menempatkan furnitur yang tepat untuk melengkapi rumah Anda. Berikut 10 ide mebel cerdas untuk ruang terbatas yang bisa diadopsi di rumah Anda.

10. Rak dan Meja Lipat

Lantai Bersih Tetap Cemerlang
Lantai Bersih Tetap Cemerlang

Cara terbaik untuk membuat ruang terbatas tampak lebih besar adalah dengan menjaga lantai tetap bersih. Jadi, akan lebih praktis jika Anda dapat memilih rak gantung dan meja lipat yang terpasang di dinding seperti ini. Untuk membuatnya sendiri di rumah, Anda cukup menyiapkan beberapa papan, engsel piano, rantai, dan sekrup. Dengan desain yang simple dan fleksibel seperti ini, Anda akan memiliki banyak ruang untuk bergerak. Dan saat tidak digunakan, ruangan Anda pun akan terasa lebih lapang.

9. Meja Multiguna

Meja Multiguna
Meja Multiguna

Meja adalah salah satu perabot paling penting untuk meletakkan makanan ringan dan minuman ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Sayangnya untuk ruang tamu dengan model terbatas, mungkin Anda tidak memiliki banyak furnitur dengan ukuran yang lebih besar. Maka tanpa mengurangi fungsinya, Anda harus pandai meletakkan furnitur yang mendukung ruangan kecil Anda. Oleh karena itu, Anda harus mencoba memilih satu atau dua sofa sandaran dan meja multiguna seperti ini. Dengan meja ini Anda dapat menggunakannya sebagai kursi tambahan ketika Anda menerima tamu dengan jumlah lebih banyak.

BACA JUGA:  Serba Serbi Fakta Tentang Tugu Pahlawan Surabaya

8. Singkirkan Kabinet

Singkirkan Kabinet
Singkirkan Kabinet

Dengan ruang yang serba terbatas, kamar kecil dengan lantai yang bersih juga patut untuk diperhatikan. Selain itu, untuk membuat kesan dalam ruangan makin luas, Anda tidak perlu meletakkan lemari di dalamnya. Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba rak terbuka yang tergantung di atas pintu atau bak mandi sebagai solusi cerdas untuk tempat penyimpanan barang di sana.

7. Bathtub dan Wastafel Putih

Bathtub Dan Wastafel Putih
Bathtub dan Wastafel Putih

Kamar mandi yang bersih akan mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah. Maka, untuk kamar mandi dengan ruang terbatas, Anda perlu mempertimbangkan baik dari segi pemilihan warna ataupun perabot yang akan diletakkan di sana. Untuk mengatasi kegalauan tersebut, bak mandi dan wastafel bewarna putih ini akan menjadi ide yang sangat tepat untuk mengubah visual Anda makin luas. Selain itu adanya garis-garis putih diantara dinding ubin dan lantainya juga membuat kamar mandi terlihat makin lapang. Tak ketinggalan pula, pemilihan furnitur gaya minimalis juga dapat menunjang kamar mandi ini terlihat makin menawan.

6. Gunakan Headboard sebagai Rak

Gunakan Rak Headboard
Gunakan Rak Headboard

Ruang terbatas memang membuat fungsi ruang makin terbatas. Tapi, Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah mengubah setiap inci di ruangan Anda agar makin bermanfaat. Salah satunya adalah ide membuat rak penyimpanan, baik di samping ataupun di atas kepala ranjang. Jadi, Anda dapat meletakkan foto atapun menyimpan barang-barang dengan lebih rapi. Rak-rak tersebut juga memiliki meja samping bawaan yang dapat digunakan untuk meletakkan kacamata atau telepon Anda. Sungguh bermanfaat, bukan?

5. Bawa Tangga ke Dapur

Bawa Tangga Ke Dapur
Bawa Tangga ke Dapur

Ruang dapur menjadi tempat yang paling sering digunakan untuk menyimpan berbagai macam perabot rumah tangga yang justru sering terlihat berantakan. Jadi, untuk dapur dengan ukuran ruang lebih sempit, Anda cukup meletakkan perabot yang sering digunakan di dekat kompor. Agar terlihat makin rapi, Anda dapat meletakkan rak kayu DIY model terbuka yang dapat mempermudah Anda untuk meletakkan atau mengambil perkakas yang Anda butuhkan dalam waktu singkat. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan tangga bekas dan memodifikasinya dengan nampan kayu. Anda pun dapat mengecatnya dengan warna yang selaras dengan ruang dapur Anda.

BACA JUGA:  Keindahan Klenteng Tertua di Surabaya, Hong Tiek Hian

4. Rak Sarang Lebah DIY

Rak Sarang Lebah DIY
Rak Sarang Lebah DIY

Dekorasi pada dinding yang apik juga menjadi hal yang patut Anda perhatikan untuk mempercantik apartemen kecil Anda. Salah satu bentuk dekorasi yang bisa Anda buat adalah rak sarang lebah. Selain cantik, rak ini juga secara otomatis dapat Anda manfaatkan untuk meletakkan tanaman kecil atau aksesori yang lain.
Untuk membuat rak yang indah ini cukuplah mudah. Anda hanya memerlukan kayu dengan ketebalan 1 cm dengan ukuran 4cm x 8cm sebanyak 6 lembar untuk masing-masing kotaknya, ampelas, staples, lem kayu, sikat spons, dan cat. Kemudian potonglah kayu dalam sudut 30 derajat dan panjang 8cm. Pastikan potongannya miring ke dalam. Lalu buat hexagon dari potongan tersebut dan tempelkan menggunakan lem. Setelah itu, staples pada sendi segi enam. Setelah kering, ampelaslah hingga bersih. Untuk mempercantik tampilan rak, catlah dengan warna yang Anda suka kemudian keringkan. Terakhir, tempelkan rak dekorasi pada dinding yang Anda inginkan.

3. Isi Area di Bawah Tangga dengan Laci

Isi Area Di Bawah Tangga Dengan Laci
Isi Area Di Bawah Tangga Dengan Laci

Jika Anda tinggal di ruang kecil terutama di bawah tangga, setiap sudut dan celah memang harus mendatangkan manfaat. Jadi area di bawah tangga sekalipun adalah tempat yang sempurna untuk menyimpan barang-barang. Nah, untuk memanfaatkan area bawah tangga secara bijak, Anda perlu membuat beberapa laci di bawahnya. Selain membuat tempat penyimpanan menjadi lebih rapi, laci-laci ini juga akan membuat suasana dalam ruang menjadi lebih bersih.

BACA JUGA:  Kafe Surga Teddy Bear di Surabaya, One Pose Cafe

2. Rangka Tempat Tidur dengan Laci Built-in

Dapatkan Rangka Tempat Tidur Dengan Laci Built In
Dapatkan Rangka Tempat Tidur Dengan Laci Built In

Anda perlu cermat dalam menentukan perabot multiguna apa saja yang akan dimasukkan ke dalam ruang terbatas Anda. Maka, cobalah untuk mendapatkan bingkai tempat tidur dengan laci dan lemari built-in seperti ini. Selain menjaga kamar tetap rapi, rangka tempat tidur ini memiliki ruang penyimpanan yang dapat dimanfaatkan untuk meletakkan barang atau pakaian Anda. Jika Anda tertarik untuk memiliki ranjang ini, Anda dapat menemukan bingkai tempat tidur ini di toko mebel terdekat atau membuatnya sendiri melalui jasa tukang kayu kenalan Anda.

1. Partisi Kaya Manfaat

Partisi Ruang Kaya Manfaat
Partisi Ruang Kaya Manfaat

Menggabungkan dua kamar menjadi satu adalah solusi terbaik untuk membuat kamar kecil Anda terlihat lebih besar. Meski Anda harus mempertimbangkan antara privasi dengan ruang yang lain, penggunaan partisi ruang model rak seperti ini dapat juga Anda manfaatkan untuk menyimpan banyak barang. Anda dapat menempatkan pembatas ruangan di belakang headboard. Jadi, selain membuat ruangan makin kaya manfaat, ruangan Anda pun makin terlihat rapi dan bersih.

Tinggal di rumah atau apartemen yang kecil adalah berkah yang tersembunyi. Dan dengan mempertimbangkan ke-10 ide dekorasi di atas, Anda dapat mengubah ruang terbatas Anda makin terlihat luar biasa. Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli perabotan mewah karena Anda dapat mengubah hunian sederhana yang nyaman, rapi, dan bersih, dengan cara yang sangat mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here