10 Inspirasi Kamar DIY Menakjubkan untuk Ruang Sempit

0
52
10 Inspirasi Kamar DIY Menakjubkan untuk Ruang Sempit
10 Inspirasi Kamar DIY Menakjubkan untuk Ruang Sempit

Menjaga lantai tetap bersih adalah salah satu upaya penting yang perlu Anda lakukan untuk membuat kamar kecil Anda terlihat lebih besar. Anda pun dapat mengupayakannya dengan membeli furnitur yang ditawarkan di toko mebel terdekat. Sayangnya, furnitur yang fungsional dan bergaya itu tentu harus Anda tebus dengan biaya yang cukup mahal. Akan makin jauh dari harapan, jika Anda termasuk orang yang mempertimbangkannya dari segi biaya. Jadi, sebagai solusi terbaik untuk tetap bisa menjaga ruang tetap nyaman tanpa mengeluarkan banyak anggaran adalah menerapkan 10 ide kamar menakjubkan DIY berikut. Selain hemat, ide-ide berikut juga mampu memaksimalkan fungsi ruang rumah terbatas Anda.

10. Meja Gantung

Hanging Table Side
Meja Gantung unik

Meja gantung ini sangat cocok untuk kamar kecil Anda. Sepertinya ringan, namun tetap kokoh digunakan untuk menahan beban di atasnya. Anda bisa menggantungnya di samping tempat tidur sehingga Anda dapat mengambil minuman, telepon genggan, atau pun barang lainnya.
Untuk membuat meja gantung ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengebor empat lubang di atas meja. Kemudian masukkan empat tali melalui lubang dan buat simpul di setiap lubang. Setelah itu gantung meja dengan mengikat tali secara kuat pada pengait mata yang telah disekrup ke langit-langit.

9. Cermin dengan Kantong dan Pengait

Cermin Dengan Kantong Dan Kait
Cermin dengan Kantong dan  Pengait

Anda mungkin pernah melihat kotak bekas ini di gudang Anda? Nah, mari ubah kotak biasa itu menjadi luar biasa. Dengan menambahkan cermin besar dan kotak rias sederhana, Anda pun dapat menambah “nilai” di ruang kamar Anda.
Untuk membuatnya, Anda bisa mulai dengan meletakkan cermin di bagian belakang, lalu oleskan lem kayu ke lapisan bawahnya. Setelah itu, tambahkan bingkai dan jepit ke bawah. Amankan bingkai menggunakan paku saat Anda menjepitnya. Kemudian, ambil cermin sehingga Anda bisa menerapkan silikon bening ke bagian belakang dan pasang cermin di tempatnya. Terakhir, Anda dapat menambahkan kantong dan pengait cantik untuk menggantung tas atau topi-topi Anda.

BACA JUGA:  13 Potret Taman Buah Undaan Surabaya

8. Caddy DIY  di Samping Tempat Tidur

DIY Caddy Samping Tempat Tidur
Caddy DIY di Samping Tempat Tidur

Keberadaan meja di samping tempat tidur memang dapat mempermudah Anda meletakkan kacamata, telepon, dan buku. Padahal untuk mengurangi sesaknya ruang, Anda dapat mengganti meja dengan caddy di samping tempat tidur seperti ini. Untuk membuat caddy samping tempat tidur yang lucu ini, Anda cukup menyiapkan sarung bantal, kain, pensil, penggaris, gunting, lem kain, pensil, benang, dan jarum. Kemudian, ukur panjang kantong yang Anda inginkan dengan penggaris. Pastikan caddy akan berada 4 inci di atas tanah saat digantung. Kemudian, jahitlah kantong dengan rapi. Setelah itu, letakkan bagian atas di bawah kasur untuk menjaga bagian bawahnya menggantung di samping tempat tidur.

7. Rak Over the Door

Rak Over The Door
Rak Over The Door

Jangan biarkan daun pintu yang ada di kamar Anda tidak mendatangkan manfaat yang lain. Karena di sana, Anda bisa menambahkan sesuatu yang bisa menjadi tempat penyimpanan tambahan yang praktis di kamar tidur kecil Anda. Caranya, Anda hanya perlu mengambil beberapa rak kawat dan menggantungnya di pintu. Gagasan mudah lain yang bisa Anda terapkan di pintu tersebut adalah menggantungkan sepatu organizer di luar pintu. Jadi di sini, Anda dapat menyimpan sepatu, aksesori, atau benda kecil lainnya di dalamnya dengan lebih rapi.

6. Rak Model Zig-Zag

Rak Zig Zag
Rak Model Zig Zag

Rak yang dipasang di dinding adalah solusi terbaik untuk kamar tidur mungil Anda. Anda pun dapat membuat rak artistik seperti rak zig-zag ini, yang dapat berfungsi untuk memperindah dinding kamar Anda. Untuk membuat rak zig-zag ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa papan kayu, lem, dan sekrup. Lalu tempelkan papan model zig-zag dengan disekrup ke dinding. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa sekrup terpasang dengan aman dan kuat sehingga dapat menampung barang-barang Anda di sana dengan aman.

BACA JUGA:  Tempat Wisata di Tokyo: Menonton Seni Wayang Orang Khas Jepang, Kabuki

5. Headboard dengan Rak

Headboard Dengan Rak
Headboard dengan Rak

Banyak orang berpikir bahwa headboard hanya akan membuat kamar tidur kecil Anda terlihat lebih penuh. Tapi, tidak demikian jika headboard ranjang Anda dapat dimanfaatkan untuk tempat yang lain, seperti headboard rak ini. Dengan model ini, barang dekoratif Anda tidak hanya terlihat makin cantik, tetapi ruang penyimpanan yang sempurna pun dapat menjaga kamar Anda tetap rapi. Rak ini juga dilengkapi dua meja samping bawaan yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan telepon dan jam meja Anda.

4. Stasiun Perhiasan Pegboard

Stasiun Perhiasan Pegboard
Stasiun Perhiasan Pegboard

Pegboard cantik ini sangat bermanfaat di rumah Anda. Anda dapat menggantungnya di dinding dapur, garasi, atau di kamar tidur Anda. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa pengait model S untuk menggantung perhiasan dan dompet Anda. Anda juga bisa membawa ide ini menambahkan beberapa rak kawat sehingga Anda dapat menyimpan akesesoris penting Anda agar tampak lebih cantik dan teratur.

3. Ranjang dengan Lemari dan Laci

Tempat Tidur Angkat Dengan Lemari Dan Laci
Tempat Tidur dengan Lemari dan Laci

Banyak orang berpikir bahwa meletakkan ranjang di lantai akan membuat ruang terlihat luas. Padalah di kamar, Anda juga memerlukan furnitur lain untuk menyimpan barang-barang pribadi Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menaikkan tempat tidur Anda beberapa cm sehingga Anda dapat membuat beberapa lemari dan laci di bawahnya. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan baju, sepatu, ataupun buku tanpa mempersempit ruangan yang ada.

BACA JUGA:  Pusat Grosir Tertua di Surabaya, Kawasan Kembang Jepun

2. Tempat Tidur Loteng DIY

Tempat Tidur Loteng DIY
Tempat Tidur Loteng DIY

Cara terbaik untuk menghemat ruang tanpa kehilangan elemen penting di kamar tidur adalah dengan membuat tempat tidur tingkat. Tempat tidur loteng ini akan membuat anak Anda tersenyum gembira karena ia dapat memiliki ruang yang berbeda di kamarnya. Anda hanya perlu membuat tempat tidur tingkat dan menempatkan meja dan laci tepat di bawahnya. Dengan meja ini akan memungkinkan anak Anda untuk belajar, bermain, dan mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan nyaman.

1. Kubus yang Terpasang di Dinding

Kubus Yang Terpasang Di Dinding
Kubus Yang Terpasang Di Dinding

Kubus yang terpasang di dinding ini memang terlihat sederhana, namun tetap menarik. Untuk mendapatkan hiasan dinding cantik ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat kubus kecil dan kubus besar dari papan kayu atau kardus bekas. Kemudian, tempelkan di dinding di sebelah tempat tidur Anda menggunakan sekrup. Untuk sisa kubus besar yang lain, Anda dapat memanfaatkannya sebagai meja di samping tempat tidur Anda.

Lantai ruang yang terbatas, tidak akan menghalangi ide kreatif Anda untuk menciptakan suasana yang berbeda di dalam rumah, khususnya di ruang istirahat Anda. Jadi, jangan melihat lantai terbatas sebagai jalan buntu yang mengunci ide-ide Anda. Karena banyak hal-hal besar yang bisa dilakukan di kamar kecil Anda, yang dapat menghadirkan suasana nyaman dan membuat kualitas tidur Anda menjadi semakin baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here