10 Ide Taman Indoor yang Memesona

0
53
10 Ide Taman Indoor Mudah dan Murah
10 Ide Taman Indoor Mudah dan Murah

Menanam berbagai jenis tumbuhan, sayuran, dan bunga-bunga indah di halaman belakang memang sangat menyenangkan. Anda pun dapat menikmati indahnya halaman belakang sambil bersantai-santai di teras. Namun, sayang sekali jika apartemen atau rumah yang sempit tidak memungkinkan Anda untuk memiliki taman impian tersebut. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, melalui ide berikut Anda dapat menciptakan iklim lingkungan rumah yang asri dan nyaman di dalam ruangan, meski dengan area yang terbatas.

10. Kebun Botol

Kebun Botol
Kebun Botol

Apakah Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk menyirami tanaman Anda? Kebun botol ini akan menjadi solusi sempurna untuk masalah tersebut. Jadi, Anda masih bisa mencium aroma tanaman yang Anda tanam di dalam ruangan tanpa perlu disiram. Untuk memiliki tanaman yang seperti ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong botol kaca atau botol plastik. Lalu, ampelaslah bekas potongan tadi agar tidak berbahaya saat disentuh. Setelah itu, siapkan layar 2″ x 2″ dan potong lubang kecil di tengah. Masukkan tali melalui lubang dan ikatlah dalam bentuk simpul. Kemudian, tempatkan layar dan tali di dalam botol. Anda harus memastikan bahwa sisa tali lebih panjang dari leher botol karena tali itulah yang akan memindahkan air dari gelas ke botol. Lalu, tempatkan botol yang telah diisi dengan pupuk dan biji tanaman ke dalam gelas yang telah diisi dengan air sebelumnya.

9. Penanaman Model Kursi Berdiri

Penanaman Kursi Berdiri
Penanaman Model Kursi Berdiri

Salah satu cara paling umum agar tetap bisa berkebun dalam ruangan adalah menanam tanaman di dalam kotak kayu. Anda pun bisa memilih ide yang lebih modern seperti stan penanam simpel ini. Sebenarnya ini adalah kotak jendela bekas yang ditopang dengan empat tabung aluminium persegi yang terpasang sebagai kaki vas. Dengan bentuk vas seperti ini akan memberikan sentuhan pesona modern abad pertengahan di dalam ruangan Anda.

BACA JUGA:  Angad Arts Hotel, Hotel yang Menyediakan Kamar Sesuai Emosi Pengunjung

8. Pot dari Baskom Timah

Media Tanam Dari Timah
Media Tanam dari Baskom

Bisakah baskom disulap menjadi tempat tanaman yang cantik? Jawabanya, bisa. Ternyata, baskom timah dapat Anda ubah menjadi dekorasi rumah yang bermanfaat untuk memperindah ruangan Anda. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu mendapatkan baskom berbentuk bulat. Lalu balikkan pada lembaran plastik polimer, dan gambar garis sampai Anda mendapatkan bentuk setengah lingkaran. Lalu, potonglah sesuai bentuknya. Oleskan lem gorilla di sekitar tepi baskom dan pasanglah plastik. Tekan plastik dan pastikan terpasang dengan benar pada baskom agar air tidak bocor keluar. Kemudian, Anda dapat mulai memasukkan drainase dengan menambahkan batu dan kerikil ke dalam baskom, dan lapisan tanah pot di atasnya. Selanjutnya, mulailah menanam tanaman yang Anda suka dengan hati-hati.

7. Taman Gantung Model Mason Jar

Taman Gantung Ala Mason Jar
Taman Gantung Ala Mason Jar

Manfaatkan fleksibilitas dari beberapa stoples batu untuk menanam beberapa bumbu di dapur Anda. Anda hanya perlu mendapatkan beberapa stoples dan mengisinya dengan kerikil atau kerang sebagai drainase. Kemudian, tambahkan lapisan tanah pot dan rempah-rempah.
Bungkus leher botol dengan kawat dan gantung botol di mana pun Anda suka menggunakan kail. Anda pun dapat menggantung stoples di dekat jendela dapur agar tumbuhan mendapatkan cahaya yang cukup. Selain itu, Anda juga dapat mengambilnya sewaktu-waktu jika membutuhkannya saat memasak.

6. Pot Baki Sukulen

Pot Baki Sukulen
Pot Baki Sukulen

Selain untuk melengkapi perabot dapur Anda, ternyata baki atau nampan dapat dijadikan sebagai tambahan seni dinding keren untuk ruang tamu Anda, atau perhiasan yang indah untuk dapur Anda. Namun, ini bukan baki umum yang biasa digunakan untuk meletakkan makanan ringan dan minuman karena ini adalah baki khusus yang bisa Anda dapatkan di kamar bayi atau di Amazon.
Baki ini memiliki 72 lubang yang dapat Anda gunakan untuk menanam tanaman dengan sistem akar dangkal seperti sukulen. Setiap selnya memiliki lubang drainase yang menjaga ketersediaan air bagi tanaman. Untuk membuat baki terlihat lebih apik, Anda dapat menambahkan bingkai dengan papan dan menggantungnya di dinding teras rumah Anda.

BACA JUGA:  Empat Keunikan Waterpark Kampung Halaman Aquaman di Atlantis Land Surabaya

5. Pot Tanah Liat Vertikal

DIY Pot Tanah Liat Vertikal
DIY Pot Tanah Liat Vertikal

Jika ruangan Anda terbatas, ide pot gantung ini adalah solusi cerdas untuk meletakkan tanaman favorit ke dalam rumah. Dengan pot tanah liat vertikal ini akan memungkinkan Anda merawat beberapa tanaman sambil menghemat lebih banyak ruang. Anda bisa memasang 2 sampai 3 pot tanah liat dan menggantungnya di langit-langit menggunakan jangkar beton dan eyebolt berulir.

4. Taman Kaca Gantung

Taman Gantung Kaca
Taman Kaca Gantung

Berkebun di dalam ruangan bukan hanya tentang menanam tanaman hias, tapi juga upaya meningkatkan penampilan rumah Anda dengan taman kaca gantung yang sederhana dan indah ini. Untuk membuat taman gantung ini, Anda perlu mendapatkan IKEA Vurm, 4 tanaman herbal, dan 4 gelas bening. Anda dapat mencelupkan bagian bawah setiap gelas ke dalam cat lateks sehingga Anda dapat memberi label menggunakan kapur putih. Lalu isi setiap gelas dengan kerikil sebagai drainase, dan pindahkan tanaman herbal ke dalam gelas tersebut. Setelah itu, tempelkan IKEA Vurm di dinding dan letakkan gelas yang telah diisi tanaman tadi ke dalam IKEA Vurm dengan hati-hati.

3. Dinding Tanaman Model Teralis Kayu

Dinding Tanaman Teralis Kayu
Dinding Tanaman Model Teralis Kayu

Tanaman yang terawat memang akan membuat suasana dalam ruangan menjadi lebih nyaman. Selain itu, Anda pun dapat menerapkan ide tanaman dalam dinding teralis kayu berikut yang juga akan menambah kesan ruang tamu Anda makin terlihat berbeda dibanding yang lain. Anda hanya perlu menempelkan beberapa papan kayu di dinding dan mengaturnya hingga membentuk berlian. Kemudian, gantungkan pot dari botol-botol bekas yang telah diisi dengan tanaman mini favorit Anda di antara papan-papan kayu tadi. Lalu lihatlah perubahan apa yang sudah Anda buat!

BACA JUGA:  Kafe Surga Teddy Bear di Surabaya, One Pose Cafe

2. Lampu Stoples Stroberi

Lampu Stoples Stroberi
Lampu Stoples Stroberi

Ini bukanlah lampu meja biasa. Lampu meja ini pasti akan menarik mata dan mencuri perhataian semua orang yang masuk dalam ruangan Anda karena ide ini mampu menyatukan lampu dengan tanaman yang cantik. Anda pun tidak perlu khawatir tentang masalah yang disebabkan oleh listrik dan air, selama Anda dapat memisahkan fungsi lampu dari dasar stoples. Karena tanaman sangat menyukai matahari, Anda bisa meletakkan lampu ini di dekat jendela sehingga tanaman pun dapat tumbuh dengan baik.

1. Tanaman Herbal dalam Jepitan

Tanaman Herbal Dalam Jepitan
Tanaman Herbal Dalam Jepitan

Bebarapa tanaman herbal dalam jepitan ini tentu akan menambah kesan pedesaan makin kerasa di ruangan Anda. Untuk membuat taman herbal ini sangat mudah dan murah. Anda hanya perlu menyiapkan jepitan kayu lalu lepaskan dari pengaitnya. Kemudian, catlah jepitan dengan warna yang Anda inginkan. Kemudian, siapkan kaleng tuna bekas, bersihkan, dan catlah dengan warna hitam, lalu keringkan.
Setelah jepitan dan kaleng sudah kering, silakan rangkai kembali jepitan diantara kaleng belas beserta pengaitnya. Kemudian, pindahkan tanaman herbal ke kaleng yang telah dihiasi oleh jepitan tadi. Mudah, bukan?

Tamanan memang akan memberikan kesejukan dalam ruangan. Jadi, jangan biarkan keterbatasan ruang menghalangi Anda untuk memiliki taman mini impian Anda. Mari lakukan 10 ide di atas demi terciptanya lingkungan dan sirkulasi udara yang kian sehat di dalam ruangan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here