Makin Rapi dengan 10 Ide Tempat Penyimpanan Praktis

0
47
Makin Rapi dengan 10 Ide Tempat Penyimpanan Praktis
Makin Rapi dengan 10 Ide Tempat Penyimpanan Praktis

Lemari memang Anda gunakan untuk menyimpan pakaian atau aksesoris penting lainnya. Tapi, banyak lemari yang makin berantakan hingga Anda susah menemukan barang-barang yang diinginkan. Untuk menjaganya tetap rapi, tidak ada salahnya Anda mulai melakukan beberapa ide agar penataan lemari Anda terhindari dari kesan kacau. Berikut 10 ide tempat penyimpanan praktis yang akan membuat lemari Anda makin rapi.

10. Atur Laci Tetap Teratur

Atur Laci Anda Tetap Teratur
Atur Laci Anda Tetap Teratur

Bagian pertama lemari yang sering terkesan kacau adalah laci. Karena tempatnya yang tertutup, Anda sering meletakkan berbagai macam aksesoris begitu saja. Padahal, hal itu akan menimbulkan masalah lain, saat Anda ingin menggunakan aksesoris lainnya jika bercampur dengan barang-barang lain. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membuat laci organizer. Anda dapat membuatnya dari potongan kayu atau hanya menggunakan kotak hadiah untuk menempatkan barang-barang kecil seperti perhiasan atau aksesori lainya di dalam laci sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah.

9. Kotak-kotak Pintar

Berinvestasi Dalam Cubes
Berinvestasi dalam Kotak

Meletakkan sepatu dengan barang-barang lain secara tidak teratur, tentu akan membuat lemari makin terlihat tidak rapi. Oleh karena itu, Anda bisa membuat lemari dengan beberapa kotak pintar seperti ini. Lemari ini memungkinkan Anda untuk menyimpan sepasang sepatu di satu kompartemen yang terpisah dari yang lain, hingga membuat lemari pakaian Anda terlihat lebih teratur dan rapi sesuai dengan kelompok barang. Anda juga bisa menempatkan beberapa kotak yang lebih besar untuk menyimpan koleksi tas Anda di sana agar terlihat makin menarik.

BACA JUGA:  10 Ide Makeover Kabinet Dapur dengan Biaya Murah

8. Lemari Linen yang Sempurna

Lemari Linen Yang Sempurna
Lemari Linen yang Sempurna

Apakah Anda suka menjejalkan semua barang ke dalam lemari linen hanya untuk membuat rumah Anda terlihat rapi? Alangkah lebih baiknya jika Anda mulai menghentikan kebiasaan itu dari sekarang dan mulai berniat untuk memiliki lemari linen yang sempurna, yang tidak hanya rapi tetapi juga menarik secara visual.
Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan lemari linen yang sempurna adalah nyatakan apa yang Anda perlu simpan. Lihatlah tanggal kadaluarsa pada masing-masing barang, terutama obat-obatan. Kemudian, urutkan dan kelompokkan barang-barang itu ke dalam beberapa wadah, keranjang, atau kaleng. Terakhir, letakkan label pada setiap wadah sehingga Anda dapat menemukan apa yang Anda butuhkan dalam waktu singkat.

7. Rak Sepatu Gantung

Rak Sepatu Gantung
Rak Sepatu Gantung

Menjaga lantai tetap bersih sangat penting, jika Anda tinggal di rumah dengan ruang terbatas. Ini akan membuat rumah Anda tampak lebih besar. Dan itu juga dapat diterapkan pada lemari kecil Anda. Jadi, coba gantung sepatu Anda di rak yang terpasang di dinding seperti rak alas tiang ini. Dengan begitu, sepatu-sepatu Anda makin terlihat rapi dan lantai ruangannya pun tetap dapat terjaga kebersihannya.

6. Gunakan Every Nook dan Cranny

Gunakan Every Nook Dan Cranny
Gunakan Every Nook Dan Cranny

Gunakan lemari secara efektif dan efisien. Jadi, Anda pun dapat memanfaatkan ruang di daun pintu lemari. Untuk menggunakan pintu secara efisien, Anda dapat membeli rak kawat atau rak sepatu saku, kemudian memasangnya di luar pintu untuk menyimpan sepatu dan barang yang lebih kecil. Cara ini tentu akan membantu Anda untuk menyimpan lebih banyak barang tanpa membuat lemari terlihat lebih penuh.

BACA JUGA:  Mengintip Tempat Kos Bapak Proklamasi di Museum Tjokroaminoto

5. Lepaskan Pintu Lemari

Lepaskan Pintu
Lepaskan Pintu Lemari

Pernahkah Anda berpikir bahwa melepas pintu lemari dapat memberikan ide lain pada lemari Anda? Jika Anda tidur di kamar yang mungil, memiliki lemari dengan desain pintu tarik bukanlah pilihan yang bagus karena saat Anda membukanya justru akan mempersempit ruangan Anda. Pintu lemari itu juga bisa berbahaya bagi anak-anak Anda karena dapat membuat jari-jarinya terjepit. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti pintu lemari dengan tirai yang lebih aman bagi mereka. Anak-anak pun dapat mengambil dan meletakkan barang di sana dengan mudah. Selain itu, beberapa tirai juga menampilkan pola-pola lucu yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan Anda.

4. Cantumkan Label

Cantumkan Label
Cantumkan Label

Tujuan utama mengatur ulang lemari pakaian Anda adalah membuatnya lebih rapi dan memudahkan Anda untuk menemukan barang-barang yang diinginkan. Jadi, akan tidak ada gunanya jika Anda masih tidak menemukan kaus kaki dan sarung tangan dengan waktu singkat. Oleh karena itu, pencantuman label pada kotak-kotak lemari Anda akan memberikan kemudahan saat Anda ingin menemukan sesuatu dengan lebih cepat. Selain itu, tampilan lemari Anda pun akan lebih menarik untuk dilihat melalui cara ini.

3. Gantungan Aksesori

Gantung Aksesori Anda
Gantung Aksesori Anda

Beberapa orang suka menyimpan aksesorinya di laci lemari. Tapi, mengapa Anda tidak memilih untuk menggantung aksesoris itu di dinding kamar Anda? Jadi, Anda juga tidak memerlukan rak untuk aksesoris-aksesoris tersebut. Caranya, Anda hanya perlu menempelkan papan kayu atau strip di dinding dan menambahkan beberapa pengait di sepanjang kayu untuk menjaga aksesori tetap di tempatnya. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan laci lemari untuk menyimpan barang-barang Anda yang lain.

BACA JUGA:  Belajar Melukis Batik di Rumah Batik Jawa Timur

2. Pemisah yang Bermanfaat

Sortir Berdasarkan Kategori Tertentu
Sortir Berdasarkan Kategori Tertentu

Penyortiran dan pengelompokan adalah hal umum yang akan Anda lakukan ketika mengatur ulang lemari Anda. Jika lemari pakaian makin berantakan, cobalah untuk mengisi akhir pekan Anda dengan “membedah” isi lemari. Simpan item yang tidak digunakan dalam kotak. Kemudian Anda dapat mengelompokkan pakaian Anda sesuai fungsinya dan memisahkannya menggunakan disk ini. Anda juga dapat membuat pembatas disc ini dari beberapa compact disc yang sudah tidak dipakai lagi.

1.  Gantungan Tas di Satu Tempat

Gantung Tas Di Satu Tempat
Gantung Tas di Satu Tempat

Meletakkan tas di rak lemari dapat membuat lemari makin terlihat sesak. Jadi, Anda dapat menggantungnya di satu tempat saja dengan organizer gantung ini. Dengan gantungan model seperti ini memungkinkan Anda untuk menyimpan dompet dan tas hanya di satu tempat sehingga Anda dapat menggunakan ruang di lemari Anda secara lebih efisien.

Itulah 10 ide organisasi lemari yang bisa diterapkan dalam lemari Anda. Dengan menerapkan salah satu dari ide-ide itu, Anda tentu dapat menggunakan lemari pakaian secara efektif dan efisien. Mari tinggalkan kesan kacau dalam lemari Anda sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here