10 Ide Mudah Merenovasi Rumah

0
44
10 Ide Mudah Merenovasi Rumah
10 Ide Mudah Merenovasi Rumah

Rumahku adalah surgaku merupakan slogan yang selalu memotivasi tiap orang untuk mewujudkan rumah impiannya. Sehingga, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan rumah seperti itu, mulai dari memilih tinggal di lingkungan perkotaan maupun di desa. Bahkan, ada pula yang merenovasi rumahnya dengan anggaran yang fantastis. Padahal, ada beberapa ide yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki rumah dengan cara yang sangat mudah. Berikut 10 gagasan mudah melakukan perubahan di rumah Anda.

10. Tambahkan Aksen ke Pintu dengan Wallpaper

Tambahkan Aksen Ke Pintu Dengan Wallpaper
Tambahkan Aksen Ke Pintu Dengan Wallpaper

Salah satu cara terbaik untuk memberi kesan perubahan pada tampilan rumah Anda adalah dengan mengecat ulang dinding atau menggantinya dengan wallpaper. Ada banyak jenis dan ukuran wallpaper yang dapat Anda terapkan di dinding rumah. Dari pada menghabiskan banyak pengeluaran, Anda cukup menambahkan wallpaper pada pintu kamar tidur ataupun pintu lemari Anda. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memotong wallpaper sesuai ukuran, dan menempelkannya di pintu, laci, atau tempat-tempat yang Anda inginkan dengan sesuka hati.

9. Atur Lemari Lebih Rapi

Atur Lemari Lebih Rapi
Atur Lemari Lebih Rapi

Mengatur kembali lemari Anda adalah cara mudah untuk merombak ruang di rumah Anda. Kegiatan ini mungkin tampak sepele, tetapi Anda akan merasa manfaatnya jika melakukannya secara teratur. Anda pun dapat menyesuaikan isi lemari dengan musim yang akan datang. Jika musim dingin tiba, Anda dapat mengemas pakaian musim dingin dan menyimpannya dalam beberapa wadah plastik bening. Kemudian siapkan syal, sarung tangan, dan mantel panjang, sehingga Anda dapat mengambilnya dalam waktu singkat saat membutuhkannya.

8. Ganti Tempat Tidur

BACA JUGA:  10 Potret Patung Ikon Singapura Kini Ada di Surabaya, Patung Citra Raya
Ganti Tempat Tidur
Ganti Tempat Tidur

Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan tampilan baru ke kamar tidur adalah dengan mengganti tempat tidur. Beddings menyediakan berbagai bahan, tekstur, warna, dan pola, yang memudahkan terwujudnya ide lain di kamar Anda. Saat mengganti tempat tidur, perhatikan dekorasi kamar agar tercipta keselarasan dan keserasian dalam ruangan Anda. Anda juga dapat memilih warna dan desain interior pilihan Anda sesuai dengan keinginan.
Selain desain dan warna, Anda juga perlu memperhatikan bahan yang dibuat untuk dari tempat tidur Anda. Apakah kapas, terutama kapas Mesir, yang terkenal karena kenyamanan dan daya tahannya atau flannel yang dapat memerangkap panas tubuh, yang menjadikannya pilihan yang sempurna untuk malam musim dingin? Pilihlah bahan yang tepat demi kenyamanan yang ingin Anda rasakan!

7. Tambahkan Warna Lainnya

Tambahkan Warna Lainnya
Tambahkan Warna Lainnya

Kamar tidur dengan nuansa serba putih dapat membuat kamar Anda terlihat lebih besar. Namun, justru bisa terlihat terlalu kaku dan menimbulkan kesan bosan jika hanya mempertahankan satu warna saja. Jadi, jangan takut untuk memasukkan warna lain dengan sewajarnya ke dalam kamar Anda. Anda bisa memilih warna kuning, orange, biru, atau warna cerah lain yang Anda suka. Langkah ini dapat menyegarkan tampilan kamar Anda dengan lebih baik.

6. Ganti Ubin Kamar Mandi atau Cukup Bersihkan Nat

Pasang Ubin Kamar Mandi Atau Cukup Bersihkan Nat
Pasang Ubin Kamar Mandi Atau Cukup Bersihkan Nat

Berikan tampilan baru dengan memperbaiki ubin yang rusak atau -bahkan lebih baik- menggantinya dengan yang baru di kamar mandi Anda. Tetapi jika Anda berpikir justru akan menghabiskan waktu dan mengeluarkan lebih banyak biaya, Anda cukup membersihkan nat di antara celah-celah ubin untuk mempercantik toilet Anda. Membersihkan nat juga akan membuat kamar mandi Anda sangat bersih dan higienis. Anda hanya perlu mencampur ½ cangkir soda kue, ¼ cangkir hidrogen peroksida, dan 1 sendok makan sabun cuci piring untuk membuat campuran pembersih. Kemudian, gosoklah nat dengan cairan tersebut dengan hati-hati dan teliti.

BACA JUGA:  20 Rekomendasi Menu Yang Bisa Kamu Pesan di OTW Street Food Surabaya

5. Lakukan Sesuatu Pada Bingkai Cermin

Lakukan Sesuatu Pada Bingkai Cermin
Lakukan Sesuatu Pada Bingkai Cermin

Area ini adalah tempat yang paling sering dikunjungi di kamar mandi Anda. Anda biasa mengeringkan rambut, menyikat gigi, dan bahkan merias wajah di sini. Maka tidak heran, jika Anda bisa merasa bosan dengan tampilan cermin besar di hadapan Anda. Jadi, untuk memberi tampilan modern di kamar mandi dengan cara yang mudah, Anda dapat menambahkan bingkai di cermin atau sekedar menambahkan cermin di bagian sisi yang lain.

4. Tambahkan Pola dengan Stensil

Tambahkan Pola Dengan Stensil
Tambahkan Pola Dengan Stensil

Seperti wallpaper, stensil juga memiliki beragam pola yang akan mempercantik ruang, termasuk kamar mandi Anda. Anda dapat mengubah dinding di kamar mandi Anda menggunakan stensil karena mudah dan murah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan pola stensil yang Anda sukai. Kemudian, cat dinding base coat, pasang stensil menggunakan selotip pelukis, dan mulailah mengaplikasikan beberapa lapis cat pada stensil menggunakan roller busa kecil.

3. Coba Backsplash Ubin-Timah

Coba Backsplash Timah Ubin
Coba Backsplash Ubin-Timah

Langkah berikutnya untuk merenovasi rumah dengan cara yang mudah yaitu mengubah ruang dapur Anda, terutama bagian backsplash. Backsplash adalah elemen penting di dapur yang sering kali bernoda karena minyak, air, ataupun bahan-bahan masakan yang lain. Untuk memberikan kesan berbeda dalam dapur, Anda dapat memasang backsplash ubin-timah. Ini tidak hanya mudah dipasang, tetapi juga murah karena harganya yang sangat terjangkau. Selain cantik dilihat, backsplash ubin-timah juga akan memantulkan cahaya yang membuat dapur kecil Anda terlihat lebih luas.

BACA JUGA:  Serba-serbi Info Mengenai Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

2. Gunakan Backsplash yang Praktis

Gunakan Backsplash Yang Simpel
Gunakan Backsplash yang Simpel

Ide lain yang dapat dilakukan untuk mengganti backsplash lama dengan yang baru adalah memasang backsplash yang praktis dan mudah dilepas. Bahan yang mirip dengan stiker ini dapat Anda peroleh di master DIY. Anda dapat memilih motif yang sesuai dengan selera dan memasangnya sendiri di dapur rumah Anda. Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna, pasanglah mulai dari sudut dengan ditekan secara perlahan-lahan dan hati-hati.

1. Manfaatkan Box menjadi Rak

Manfaatkan Boks Menjadi Rak
Manfaatkan Boks Menjadi Rak

Jangan menyimpan panci dan penggorengan di lemari dapur Anda karena hal itu akan membuat lemari makin sesak dan tidak rapi. Maka, coba gantungkan perabot dapur Anda di atas lagit-langit namun tetap mudah dijangkau. Untuk membuat rak gantung seperti ini, Anda hanya perlu menemukan pagar tempat tidur bayi atau box bayi. Kemudian, ikatlah dan gantunglah pagar itu menggunakan rantai atau kawat di kedua sisi. Setelah itu tambahkan beberapa pengait S untuk menggantungkan perabot dapur Anda.

Rumah memang selayaknya memberi kenyamanan bagi tiap penghuninya. Rumah pun perlu di-makeover untuk menjaganya bersih, rapi, dan cantik. Dan dengan mencoba ide-ide di atas, Anda pasti dapat melakukan makeover rumah sendiri tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here