10 Ide Desain Interior Rumah yang Memukau

0
37
10 Ide Desain Interior Rumah yang Memukau
10 Ide Desain Interior Rumah yang Memukau

Tinggal di rumah yang nyaman adalah dambaan setiap orang. Mereka bahkan bisa menghabiskan waktu sehari penuh di dalam rumah dengan orang-orang tersayang. Maka, banyak upaya yang dilakukan oleh mereka untuk menciptakan rumah yang nyaman, baik pada bagian eksterior maupun interior rumah. Dan bagian dalam rumahlah yang perlu mendapatkan perhatian lebih untuk memberikan kenyamanan bagi Anda dan keluarga. Berikut 10 ide desain interior rumah yang memukau dan dapat diterapkan di rumah Anda.

10. Bermain dengan Warna

Bermain Dengan Warna
Bermain Dengan Warna

Mengaplikasikan satu warna dalam ruangan memang membuat suasana netral dalam ruangan Anda. Namun, jika hal itu dipertahankan dalam jangka waktu yang lama, justru dapat mendatangkan kejenuhan hadir dalam ruangan tersebut. Maka, janganlah takut untuk menerapkan elemen warna lain untuk membuat kesan ruangan makin menarik.
Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk memasukkan semburat warna ke dalam interior rumah Anda. Anda dapat meletakkan kain wol kuning di kursi abu-abu Anda, menggantungkan lukisan abstrak di dinding, meletakkan karpet di lantai, atau memajang pernak-pernik berwarna-warni untuk tambahan interior rumah Anda. Usahakan tetap menyelaraskan kombinasi warna yang cocok dengan kepribadian Anda.

9. Gunakan Furnitur yang Tepat

Pilih Furnitur Yang Tepat
Pilih Furnitur Yang Tepat

Menggunakan mebel yang tepat, memiliki peran penting dalam interior rumah Anda. Oleh karena itu saat memilih furnitur, Anda perlu mempertimbangkan luas ruangan dengan model pengaturan yang tepat untuk memaksimalkan fungsi ruang secara lebih efisien. Jadi, jika ruang tamu Anda sempit, meletakkan sofa sectional besar yang didorong ke dinding adalah ide yang sempurna. Tetapi, jika ruang tamu Anda lebih luas, sisakan ruang kosong beberapa inci di belakang sofa sebagai akses mengantarkan makanan dan minuman ringan untuk tamu Anda atau sebagai alternatif menyimpan kursi tambahan saat Anda menerima tamu dengan jumlah lebih banyak.

BACA JUGA:  Cerita Rakyat di Balik Berdirinya Monumen Suro dan Boyo

8. Masukkan Wall Art

Memasukkan Wall Art
Memasukkan Wall Art

Jika Anda hanya melihat dinding yang kosong, Anda perlu memikirkan seni dinding yang sesuai untuk memperindah ruangan Anda. Anda dapat meletakkan lukisan ataupun wallpaper yang Anda suka. Namun, saat memilih seni dinding, Anda perlu mempertimbangkan ukuran dinding dengan model seni dinding yang akan diletakkan di sana. Yang penting, pilihlah seni dinding yang seimbang dengan ruangan Anda agar terhindar dari kesan mencolok pada dinding ruangan.

7. Percantik Jendela

Percantik Jendela
Percantik Jendela

Jendela mungkin hanya dipandang sebagaimana fungsinya, yaitu untuk mengatur sirkulasi cahaya dan udara yang masuk dalam ruangan. Padalah untuk menambah kesan modern, jendela juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan Anda. Anda dapat menambahkan trim ke jendela dengan warna penuh keceriaan. Sedangkan untuk mengurangi silau dari panas matahari, Anda dapat memasang daun jendela atau gorden yang kainnya lebih tebal. Kemudian, Anda juga dapat memasang beberapa inci gorden melebihi ukuran jendela di bagian atas dan membiarkan bagian bawahnya melayang dari lantai, untuk menimbulkan kesan lebih tinggi dan luasnya ruangan Anda.

6. Beri Sentuhan Alam

Beri Sentuhan Alami
Beri Sentuhan Alami

Apa yang Anda lihat pada gambar di atas? Tentu sejuk, bukan? Tanaman memang tidak pernah gagal menambah kesan alami ke ruangan mana pun dengan model interior apapun. Selain itu, beberapa tanaman seperti spider plant, fig, aloe vera, snake plant, peace lily, dan devil’s ivy tidak hanya menyejukkan secara visual, tetapi juga dapat membantu memberikan udara baik untuk Anda dan keluarga.
Anda dapat menjelajahi imajinasi dan kreativitas Anda dalam menggabungkan tanaman ke dalam ruangan. Sebagai contohnya, Anda dapat menempatkan tanaman besar, yaitu kentia palm atau hilodendron di sudut ruang tamu Anda untuk membuat kesan ruangan lebih tinggi. Selain itu, Anda juga dapat menempatkan beberapa tanaman bambu di dekat jendela di dapur Anda agar terlihat lebih menarik. Untuk menciptakan tampilan lebih dramatis, Anda juga dapat meletakkan tanaman ivy di atas kepala tempat tidur di kamar Anda.

BACA JUGA:  Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

5. Buat Rak Dinding

Menjadi Terorganisir Lebih Baik
jadikan Rak Dinding Menjadi Makin Bermakna

Rumah yang rapi akan membuat siapapun betah tinggal di sana. Selain melalui pemilihan interior yang tepat, rak dinding yang sekaligus menjadi tempat penyimpanan menarik ini juga dapat Anda terapkan di rumah Anda. Untuk membuat rak seperti ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuat beberapa kotak dari potongan-potongan lembaran kayu atau dari kardus bekas. Dengan ukuran yang berbeda-beda, lekatkan kubus yang satu dengan kubus yang lain sesuai dengan keinginan Anda hingga berbentuk rak yang cantik. Lalu tempelkan rak di dinding dan pastikan tidak goyang. Setelah itu, Anda juga dapat menambahkan beberapa pengait untuk menggantung kunci dan kaca mata favorit Anda di sana.

4. Atur Pencahayaan

Atur Kembali Pencahayaan
Atur Kembali Pencahayaan

Lampu bukan hanya sekadar menerangi ruangan, tapi juga menjadi elemen dekoratif yang mempercantik ruangan Anda. Maka, Anda perlu memilih lampu yang tepat dan sesuai dengan dekorasi rumah Anda. Untuk rumah modern yang cenderung minimalis, lampu LED yang tersembunyi akan menjadi penerang yang harmonis. Sedangkan lampu gantung kawat akan cocok untuk gaya rumah vintage atau modern.

3. Pasang Wallpaper

Gantung Wallpaper
Pasang Wallpaper

Mengubah warna dinding adalah cara instan untuk mendapatkan tampilan baru dalam ruangan Anda. Anda dapat mengecat ulang dinding dengan estimasi biaya yang lebih mahal atau memilih menggunakan wallpaper dengan pertimbangan yang lebih murah. Kini banyak model wallpaper yang bisa Anda pilih, baik dari segi warna, tekstur, dan pola yang dapat memperkaya tampilan interior rumah. Bahkan Anda dapat memilih wallpaper 3D yang dapat membuat latar belakang ruangan akan tampak lebih nyata.

BACA JUGA:  All New Honda PCX Hybrid, Spesifikasi Dan Harga Terbaru (part 1)

2. Tambahkan Cermin

Tambahkan Cermin
Tambahkan Cermin

Cermin rias akan menambah kesan bersih dan lebih luas dalam ruangan Anda, baik di kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu. Apakah itu kecil atau besar, cermin tetap bisa menjadi titik fokus pandangan yang cukup bagus di dalam ruang mana pun. Anda bisa menambahkan bingkai kayu atau ranting seperti ini untuk menambahkan kesan natural.

1. Pertimbangkan Karpet

Pilih Karpet
Pilih Karpet sesuai Gaya Ruang

Mengganti ubin dengan yang baru pasti dapat meningkatkan tampilan rumah Anda. Namun, itu juga bisa menghabiskan banyak waktu, energi, bahkan menguras uang Anda. Dengan biaya yang lebih terjangkau, Anda bisa memilih untuk meletakkan karpet di ruangan Anda.
Seperti wallpaper yang kini banyak pilihan yang beragam, karpet permadani juga hadir dalam beragam tekstur, warna, dan pola yang lebih variatif. Pertimbangkan untuk memilih karpet yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan Anda.

Upaya memperbaiki rumah memang membutuhkan tenaga, waktu, dan biaya. Tapi percayalah bahwa dengan melakukan beberapa ide perbaikan interior rumah di atas, Anda mampu meningkatkan kenyamanan dalam rumah Anda dengan cara yang paling mudah. Rumah pun akan makin indah dan kententraman pun makin tercipta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here