10 Ide Cemerlang Merenovasi Rumah Tua

0
36
10 Ide Cemerlang Merenovasi Rumah Tua
10 Ide Cemerlang Merenovasi Rumah Tua

Tinggal di rumah tua memang memberikan pengalaman berbeda bagi penghuninya. Selain kental dengan nuansa tradisonal, mereka juga tidak perlu membutuhkan banyak biaya agar bisa mendapatkan rumah tua seperti yang diinginkan. Namun, untuk merenovasi rumah tersebut tentu membutuhkan banyak ide dan kreativitas agar tampilan rumah makin nyaman. Berikut 10 ide cemerlang yang mampu mewujudkan keinginan Anda yang ingin merenovasi rumah tua dengan cara sederhana dan mudah.

10. Tambahkan Warna Lainnya

Tambahkan Warna Lainnya
Tambahkan Warna Lainnya

Salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh sebuah rumah tua adalah warna-warna lapuk dan usang yang membuat interiornya terlihat seperti adegan di film horor. Maka, untuk menghilangkan kesan tersebut, Anda perlu mengecat ulang dinding dan menambahkan lebih banyak pola pada ruangan, seperti kamar ini yang dulunya mengerikan dan menyeramkan. Tapi, kini kamar ini sungguh tampak berbeda karena warna putih pada dinding dan langit-langit telah menghadirkan ketenangan sekaligus kenyamanan. Selain itu, wallpaper putih dengan pola pirus di belakang headboard, juga membuat dinding makin menarik pandangan mata. Kemudian, ditambah dengan lemparan mustard dan permadani yang berwarna-warni makin membuat kamar ini terlihat seperti lapisan gula pada kue.

9. Masukkan Lebih Banyak Tekstur

Memasukkan Lebih Banyak Tekstur
Memasukkan Lebih Banyak Tekstur

Setelah mengecat dinding ulang kamar, Anda dapat mencoba memasukkan elemen tekstur dan karya seni di dalamnya, seperti kamar tidur ini. Tempat tidur putih telah dirancang dengan cermat untuk menambahkan sentuhan kasar dan lembut di tempat tidur Anda. Anda dapat melihat sarung bantal beludru dan berbulu, sehelai kain biru tua dan sarung bantal berbulu yang memberikan kesan lembut kian kerasa. Kemudian, hamparan permadani yang tergelar di lantai juga menawarkan elemen tekstur kasar namun tetap menenangkan kaki Anda dengan baik. Selain itu, dua lampu meja dari kayu makin memberikan tampilan artistik ke kamar tidur Anda dan sebuah lukisan bertema alam yang menggantung di atas kepala ranjang, juga menciptakan titik fokus yang cukup indah.

BACA JUGA:  Kota Surabaya Memang Rajanya Nasi Sambal. Berikut Tempat Makan dan Resep Sego Sambal Surabaya.

8. Sembunyikan Kelemahan

Sembunyikan Kelemahan
Sembunyikan Kelemahan

Wallpaper atau cat yang telah terkelupas adalah apa yang biasanya Anda lihat di rumah tua. Hal itu memang sangat menjengkelkan. Jadi, jika tidak ingin melihatnya, cukup sembunyikan saja kekurangan itu dengan menutupinya dengan panel, seperti kamar tidur ini. Panel hijau dengan aksen garis lambang yang dipasang dengan cara yang tidak biasa ini akan menciptakan estetika gaya modern abad pertengahan di kamar Anda. Selain itu, keberadaan tanaman gantung di salah satu sudut langit-langit kamar ini juga kian membuat suasana kamar makin teduh.

7. Refleksikan Lemari Dapur

Merefleksikan Lemari Dapur
Merefleksikan Lemari Dapur

Saat berada di rumah tua, khususnya di bagian dapur, Anda juga akan menemukan lemari dapur usang yang perlu segera diperbaiki dengan cara instan. Anda dapat memperbaiki tampilannya dengan melampirkan veneer kayu atau mengecatnya kembali. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu melepas pintu dan perangkat keras dari lemari, mengampelasnya jika perlu, dan menerapkan beberapa lapis cat sesuai dengan warna yang Anda inginkan.

6. Pasang kembali Countertop

Pasang Kembali Countertop
Pasang Kembali Countertop

Setelah mengecat lemari untuk mendapatkan tampilan baru, Anda mungkin ingin mencoba mengganti meja di dapur Anda. Seperti dapur ini yang dulunya memiliki meja butcherblock yang menawarkan pesona tampilan tradisional, telah diganti dengan meja granit untuk menghadirkan tampilan yang lebih mewah.

5. Ganti Perlengkapannya

Ganti Perlengkapannya
Ganti Perlengkapannya

Periksa kembali wastafel dapur, kompor, dan oven di dapur Anda! Selain usang, terkadang perabot itu sudah aus dimakan usia. Ini berarti saatnya Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Anda dapat menerapkan ide seperti di dapur ini. Sang pemilik rumah telah melepas kabinet atas, mengecatnya dengan warna biru laut, dan meletakkan rak dinding terbuka di sana. Dia juga menyingkirkan meja bar untuk membuat ruang ke dapur makin luas. Dan yang lebih penting lagi, dia juga mengganti kompor dan oven dengan yang baru. Selain itu, dia juga mengganti wastafel lama dengan wastafel apron putih untuk mendapatkan tampilan yang lebih vintage.

4. Berikan Sentuhan Rumah-Pertanian Modern ke Kamar Mandi Tua Anda

BACA JUGA:  10 Ide Taman Indoor yang Memesona
Berikan Sedikit Sentuhan Rumah Pertanian Modern Ke Kamar Mandi Tua Anda
Berikan Sedikit Sentuhan Rumah Pertanian Modern Ke Kamar Mandi Tua Anda

Setelah dapur, mungkin Anda perlu mengubah gaya kamar mandi Anda seperti kamar mandi ini. Untuk menyegarkan tampilan, sang pemilik rumah memutuskan untuk mengecat dinding dengan warna hijau lembut yang cocok dengan lemari putih dan ubin, dan meja rias abu-abu. Dia juga telah mengecat lemari dengan warna abu-abu dan mengganti tarikan laci dengan tarikan perunggu untuk menonjolkan gaya rumah pertanian-modern. Selain itu, dia juga berhasil memperindah cermin dengan memasang bingkai kayu. Kemudian, Anda juga dapat melihat tambahan dua rak kayu yang menempel di dinding sebagai ruang penyimpanan tambahan dan tidak lupa memasang tirai shower yang menyembunyikan kekacauan di bak mandi dengan sempurna.

3. Ganti Ubin Kamar Mandi

Ganti Ubin Kamar Mandi Anda
Ganti Ubin Kamar Mandi Anda

Jika anggaran terbatas, Anda dapat sedikit mengubah kamar mandi Anda dengan cara mengecat ulang, mengganti kenop dan tarikan. Dan jika kamar mandi Anda berukuran terlalu kecil, cobalah cat dinding dengan warna putih bersih dan pasanglah ubin dalam pola herringbone seperti di kamar mandi ini. Selain menghadirkan tampilan makin natural, model ini juga sekaligus membuat kamar mandi tampak lebih luas.

2.  Perbaiki Atap dan Cat Ulang Bagian Eksterior 

Cat Ulang Eksterior Dan Perbaiki Atap
Perbaiki Atap dan Cat Ulang Bagian Eksterior

Seringkali sebuah rumah tua terlihat menakutkan dari luar yang membuat tetangga dan teman Anda merasa enggan untuk singgah. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengubah rumah lama Anda dengan mengecat bagian eksterior rumah agar lebih menarik. Namun, itu tidaklah cukup karena Anda juga perlu memperbaiki atap dan teras yang rapuh. Dengan begitu, rumah Anda makin terlihat bagus dibanding sebelumnya.

BACA JUGA:  Angad Arts Hotel, Hotel yang Menyediakan Kamar Sesuai Emosi Pengunjung

1. Beri Perhatian Lebih pada Pintu Masuk

Beri Perhatian Lebih Pada Pintu Masuk
Beri Perhatian Lebih Pada Pintu Masuk

Eksterior adalah hal pertama yang dilihat orang ketika melewati rumah Anda. Oleh karena itu, berikan daya tarik lebih pada jalan masuk menuju rumah untuk menghilangkan kesan horor pada rumah tua Anda sebelumnya. Untuk mewujudkan efek tersebut, Anda dapat memangkas rumput dan semak-semak di sepanjang jalan yang mengarah ke pintu depan. Selain itu, untuk mempercantik pintu masuk, Anda bisa mengapit pintu depan dengan tanaman dalam pot dan gantungan karangan bunga yang Anda sukai.

Melakukan makeover rumah lama memang membutuhkan waktu dan energi. Tetapi tidak ada salahnya melakukan ide-ide di atas untuk menciptakan sisi keindahan yang tersembunyi di balik rumah tua Anda. Anda pun akan mengakui bahwa rumah lama Anda pun memiliki sinar yang akan menghipnotis siapa pun yang melihatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here