Trik Ampuh Cara Mencegah Bau Mulut dengan Cepat

0
94
Cara Mencegah Bau Mulut 1
Cara Mencegah Bau Mulut 1

SPESIAL.NET – Meski bukan suatu yang mengkhawatirkan, tips cara mencegah bau mulut banyak dibutuhkan orang. Bahkan tak jarang gangguan ini bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri ataupun stress. Terlebih jika anda sedang mencoba melakukan negosiasi bisnis ataupun melakukan pendekatan dengan orang yang anda cintai.

Dalam banyak kasus, bau mulut dirasakan sebagai masalah saat seseorang sedang berkomunikasi atau berintereaksi dengan orang lain. Namun jika anda sedang sibuk bekerja di depan computer atau bersantai saat hari libur di rumah, masalah bau mulut tidak begitu menjadi persoalan.

Untuk anda yang banyak atau sering berinteraksi dengan orang lain, masalah bau mulut bisa jadi bukan hal yang bisa dianggap sepele. Karena itulah untuk mengatasi aau mengendalikan masalah bau mulut ada baiknya anda mengenali faktor penyebabnya sehingga pemecahan masalahnya akan bisa dilakukan secara lebih efektif.

Penyebab Timbulnya Bau Mulut

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya mulut tidak sedap atau halitosis. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya bau mulut yang sebaiknya anda tahu.

  • Bau mulut tidak sedap diantaranya terjadi akibat terganggunya kesehatan gigi dan mulut. Bahkaan ada penelitian yang menemukan bahwa tak kurang dari 80 % masalah bau mulut disebabkan karena gigi yang berlubang, masalah gusi, ataupun gangguan kesehatan pada gigi dan mulut lainnya.
  • Terganggunya produksi air liur akibat bakteri yang menumpuk di rongga mulut yang menyebabkan mulut menjadi kering yang disebut Xerostomia.
  • Infeksi bakteri H.pylori yang menimbulkan angguan pada saluran pencernaan yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Sejumlah penyakit juga bisa menyebabkan terjadinya bau mulut tidak sedap, seperti infeksi saluran pernapasan, gangguan hati, ataupun penyakit diabetes.
  • Kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, atau kurangnya kebersihan mulut juga bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.
  • Diet yang berlebihan ataupun kondisi perut yang kosong juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedeap, seperti dialami saat kita berpuasa.
  • Bau mulut tak sedap juga bisa disebabkan karena anda baru saja mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu yang berbau menyengat.
BACA JUGA:  Atur Menu Diet Ini Untuk Hasil yang Efektif

5 Tips Mudah Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, kini anda memiliki pengetahuan yang lebih baik untuk menempukan cara menghilangkan bau mulut tak sedap dengan lebih efektif. Nah, di bawah ini berbagai langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah bau mulut tersebut.

  1. Jaga kebersihan mulut dan gigi secara teratur,  setidaknya dengan menyikat gigi dua kali sehari. Jika perlu, ganti sikat gigi anda setiap sebulan sekali. Akan lebih baik jika setiap 6 bulan sekali anda melakukan cek kesehatan gigi.
  2. Biasakan minum air putih setiap bangun tidur maupun saat perut kosong untuk mencegah maupun mengatasi timbulnya bau mulut. Minum cukup air putih juga baik untuk membersihkan bakteri dan kotoran lain yang ada dalam mulut.
  3. Mengunyah kulit jeruk, lemon, atau peterseli juga bisa menetralisir ataupun menghilangkan bau mulut tak sedap.
  4. Mengunyah permen karet rendah gula atau berkumur dengan cairan penghilang bau mulut juga merupakan jalan pintas untuk mengatasi bau tak sedap dari mulut.
  5. Hindari kebiasaan yang menyebabkan terjadinya bau mulut, seperti merokok, minuman beralkohol, ataupun makan makanan yang berbau menyengat, seperti jengkol, bawang putih, atau yang lainnya.

Itulah beragam cara yang bisa anda lakukan untuk mengendalikan maupun mengatasi problem bau mulut. Jika berbagai cara mencegah bau mulut tersebut tidak membuahkan hasil sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter untuk memastikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here