10 Trik Merenovasi Apartemen dengan Cara Ekonomis

0
35
10 Trik Makeover Apartemen dengan Cara Ekonomis
10 Trik Makeover Apartemen dengan Cara Ekonomis

Tinggal di apartemen kini menjadi pilihan bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Dengan luas ruang yang terbatas, mereka harus cerdas dalam memanfaatkan ruangan dan membuat hunian yang nyaman. Jika Anda adalah salah satu di antara mereka, tentu perlu melakukan sedikit perbaikan agar apartemen Anda sesuai dengan harapan. Banyak ide makeover apartemen yang ternyata justru menguras isi tabungan Anda. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, berikut 10 trik merenovasi apartemen dengan cara ekonomis tanpa membuat isi tabungan Anda menipis dan akan mengubah apartemen Anda makin terlihat fantastis.

10. Percantik Dinding dengan Wall Decals atau Wall Stiker

Percantik Dinding Dengan Wall Decals Atau Wall Stiker
Percantik Dinding dengan Wall Decals Atau Wall Stiker

Jika Anda berpikir untuk mendekorasi ulang dinding, selain melukis atau mengganti wallpaper yang lebih mahal, ide menempelkan wall decals atau stiker dinding DIY ini tentu dapat Anda terapkan di salah satu dinding apartemen Anda. Dengan biaya yang relatif terjangkau, bahan yang ringan, dan mudah diaplikasikan ke dinding Anda, tentu hal ini adalah langkah yang tepat untuk mengubah visual apartemen Anda dengan cara yang sederhana.

9.  Pasang Cermin di Dinding

Pasang Cermin Di Dinding
Pasang Cermin Di Dinding

Ruang apartemen yang kecil dan sempit, tentu membutuhkan pemikiran yang lebih cermat dalam hal pemilihan dekorasi. Maka, ada baiknya Anda tidak menempatkan dekorasi bewarna gelap dan berukuran besar karena itu hanya akan membuat ruangan makin suram dan terkesan kurang luas. Sebagai penggantinya, Anda dapat memasang cermin yang bisa menjadi cara terbaik untuk mengelabui sensasi ruang kecil, mencerahkan ruangan, dan memberikan fitur mewah ke dalam apartemen Anda. Maka, cobalah untuk merefleksikan ruangan yang lebih besar dengan meletakkan cermin kecil yang ditata secara vertikal di dinding seperti ini. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan beberapa hiasan sederhana agar tampilan cermin lebih menarik.

BACA JUGA:  Empat Keunikan Waterpark Kampung Halaman Aquaman di Atlantis Land Surabaya

8. Cat Furnitur Anda

Cat Furnitur
Cat Furnitur

Apakah Anda merasa bosan dengan tampilan furnitur lama Anda? Jika hal pertama yang Anda pikirkan adalah membeli furnitur baru, maka pertimbangkan lagi tentang biaya yang harus dikeluarkan dan ke mana Anda harus membuang furnitur lama Anda. Sebetulnya, ada cara lain yang bisa Anda lakukan dengan lebih bijak untuk mengatasi hal tersebut, yaitu mengecat sendiri furnitur lama dengan warna yang favorit Anda.
Sebelum mengecat, Anda harus membersihkan funitur dengan cermat menggunakan kain yang lembut dan bersih. Setelah itu, gosok permukaan furnitur dengan kertas ampelas untuk menghilangkan bekas cat lama. Lalu catlah mebel Anda dengan hati-hati. Kemudian, biarkan cat mengering, lalu tambahkan pernis berbasis air, poliuretan, atau lilin pasta bening untuk membuat warnanya mengilap dan tahan lama.

7. Hamparkan Karpet Secara Tepat

Hamparkan Karpet
Hamparkan Karpet Secara Tepat

Hamparan permadani atau karpet tentu saja menghadirkan efek tersendiri di kamar Anda. Tapi, tidak semua permadani cocok dengan desain interior apartemen Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti ukuran, tujuan, perawatan, dan – yang lebih penting -harga. Anda juga perlu mempertimbangkan letak karpet. Misalnya, karpet wol yang tipis, paling baik ditempatkan di area yang sering Anda lalui karena lebih mudah dibersihkan daripada karpet berbulu tebal yang super mewah. Sementara itu, Anda dapat menggunakan mohair shag lembut atau karpet sutra di kamar karena terlihat menakjubkan dan terasa nyaman di kaki saat diinjak.

BACA JUGA:  3 Spot Selfie di Sekitar Taman Bersejarah Apsari Surabaya

6. Hiasi Ruang dengan Tanaman

Hiasi Ruang Dengan Tanaman
Hiasi Ruang dengan Tanaman

Tanaman memang akan memberikan kesejukan alami dalam ruangan. Tanaman dapat membuat sirkulasi udara yang baik dan bahkan membawa aroma segar dalam ruangan. Selain itu, pada siang hari tanaman akan menyerap karbon dioksida yang kita keluarkan dan melepaskan oksigen untuk kita hirup. Maka, ide memasukkan tanaman ke dalam dekorasi ruangan Anda tentu adalah pilihan yang bijak. Anda dapat meletakkan tanaman besar yang bagus di sudut ruangan tamu untuk membuat ruangan terlihat segar. Selain itu, Anda juga dapat meletakkan bunga kecil di atas meja kopi agar timbul kesan ruangan yang makin syahdu.

5. Pertimbangkan Furnitur Multiguna

Pertimbangkan Furnitur Multiguna
Pertimbangkan Furnitur Multiguna

Masalah paling umum saat memiliki apartemen kecil adalah keterbatasan ruang untuk mengatur furnitur dan barang-barang Anda. Maka, Anda perlu mendapatkan meja kopi ottoman seperti ini yang dapat berfungsi sebagai meja, kursi, sekaligus tempat penyimpanan tambahan. Untuk mendapatkan model meja seperti ini, Anda bisa membuatnya sendiri dari pemanfaatan kayu-kayu bekas yang ada di gudang penyimpanan Anda.

4. Gunakan Rak Sekaligus Pembatas Ruangan

Gunakan Rak Sekaligus Pembatas Ruangan
Gunakan Rak Sekaligus Pembatas Ruangan

Apartemen tipe studio memang cenderung mungil. Oleh karena itu, Anda perlu menyingirkan dinding-dinding pemisah ruang dan menggantinya dengan pembatas ruang seperti ini. Rak ini dapat berfungsi sebagai pembagi ruang yang lebih baik sekaligus tempat penyimpan tambahan yang fungsional dan juga menarik untuk dilihat.

3. Tambahkan Pops of Colors

Tambahkan Pops Of Colors
Tambahkan Pops Of Colors

Jika Anda tidak tahu cara memulai makeover, cobalah memasang warna-warna yang sengaja muncul di seluruh ruangan dan maksimalkan rona yang ada di sana. Anda bisa mulai dengan barang yang lebih kecil, seperti bantal, permadani, vas di meja kopi, dan bahkan kain sofa dengan warna yang serasi di ruangan Anda.

BACA JUGA:  Keindahan Klenteng Tertua di Surabaya, Hong Tiek Hian

2. Ganti Tirai

Ganti Tirai
Ganti Tirai

Mengganti tirai juga dapat memperbarui tampilan apartemen Anda. Maka, gantilah tirai Anda dengan warna-warna yang tetap memberikan kehangatan dalam ruangan Anda, seperti unggu, biru laut, atau abu-abu. Selain itu, untuk jendela apartemen yang biasanya sempit dan pendek, Anda dapat menggunakan tirai yang lebih tinggi. Perubahan cara tersebut akan memberikan kesan bahwa ruangan Anda makin terlihat lebih tinggi, luas, dan elegan.

1. Coba DIY-Lamp Shade atau Ide Lampu Malam Es Loli

Pencahayaan yang monoton dan begitu-begitu saja, tentu sangat membosankan. Jika tidak mau menggantinya, Anda dapat membuat lampu meja DIY yang mampu memberikan nuansa halus dan cahaya yang sempurna di dalam ruangan Anda dengan bahan murah.

Coba DIY Shade Lamp Atau Lampu Malam Es Loli
Coba DIY-Shade Lamp

Pertama, siapkan kerangka kap lampu, penyaring kopi baru, dan lem panas. Lipat setiap filter menjadi empat bagian, tekuk ujungnya, tempelkan lem panas ke ujungnya, dan tempelkan ke bingkai kap lampu. Bagian atas dan bawah naungan harus memiliki tepi bunga yang menunjuk jauh dari tepi naungan. Hasilnya, Anda pun dapat memiliki lampu cantik yang membuat suasana ruangan makin menarik.

Lampu Malam Es Loli
Lampu Malam Es Loli

Apartemen yang nyaman adalah dambaan bagi tiap penghuninya. Anda pun dapat melakukan ide-ide di atas untuk merenovasi apartemen Anda demi menciptakan kenyamanan yang sesuai dengan harapan Anda. Selain murah, Anda pun dapat membuat tempat tinggal yang lebih menyenangkan bagi diri Anda dan keluarga. Jadi, selamat mencoba dan segera wujudkan keinginan Anda dengan cara yang mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here