Ciri-Ciri Diabetes yang Membedakan Jenis Kering dan Basah

0
106
Ciri Ciri Diabetes
Ciri Ciri Diabetes

SPESIAL.NET – Mengenali gejala ataupun ciri-ciri diabetes sejak dini merupakan sebagian langkah tepat dalam menangani penyakit yang berbahaya ini. Tak sedikit kasus penanganan penyakit diabetes yang sulit atau bahkan tak berhasil karena sudah terlambat dalam pengobataannya.

Selama ini kita mengenal adanya dua jenis diabetes, yaitu diabetes basah dan diabetes kering. Namun tahukah anda apa yang membedakan kedua jenis penyakit ini? Apa pula hubungan kedua jenis diabetes tersebut dengan jenis lainnya yang dikenal dengan istilah diabetes tipe 1 dan tipe 2?

Perbedaan Jenis Penyakit Diabetes

Istilah diabetes basah ataupun kering ternyata bukanlah istilah medis. Sebutan itu muncul dari sebutan masyarakat dalam membedakan penyakit ini dari gejala yang tampak. Sebutan diabetes kering ditujukan untuk penderita tanpa adanya infeksi maupun luka. Sedangkan diabetes basah merupakan istilah untuk penderita diabetes yang mengalami luka, infeksi, atau komplikasi namun proses sembuhnya membutuhkan waktu yang lama.

Kalangan medis sendiri membedakan diabetes menjadi diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Untuk diabetes tipe 1 merupakan jenis penyakit gula daarah yang disebabkan rusaknya pankreas yang emnghasilkan insulin. Penyakit jenis ini lebih sering terjadi pada anak-anak dan orang dengan umur dibawah 40 tahun namun jenis ini sangat jarang terjadi di Indonesia.

Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan terjadinya resistensi sel-sel tubuh terhadap insulin akibat kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Diabetes jenis inilah yang paling sering terjadi dan dialami masyarakat khususnya yang berumur di atas 40 tahun meskipun belakangan banyak juga kasus anak muda yang terserang diabetes tipe 2 ini.

Ciri-Ciri Diabetes Kering dan Basah yang Perlu Diwaspadai

Tidak mudah membedakan ciri-ciri diabetes jenis kering dan basah karena keduanya tidak terlalu berbeda. Namun dengan mengenali ciri yang ada tentunya sangat berguna untuk mengantisipasi tindakan preventif yang diperlukan.

Ciri-Ciri Diabetes Kering yang Sering Terjadi

  • Jika anda mengalami sering buang air kecil secara berulang terutama saat tidur malam sebaiknya diwaspadai. Apalagi jika ciri-ciri ini anda alami hingga lebih dari lima kali harus ke kamar kecil atau hingga menggaggu waktu tidur anda.
  • Rasa haus merupakan hal yang wajar namun jika anda sering mengalaminya hingga tenggorokan kering padahal sudah minum banyak air putih sebaiknya perlu anda waspadai.
  • Kesemuatan wajar terjadi saat tubuh lama dalam posisi duduk atau terlipat. Namunn jika anda mengalami kesemutaan tanpa sebab, teriutama di bagian tangan atau kaki tanpa sebab sebaiknya juga perlu diwaspadai.
  • Kondisi cepat lelah banyak dialami penderita sejumlah jenis penyakit. Namun jika anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera periksakan ke dokter pribadi untuk memastikan jenis penyakit yang menyerang anda.
  • Jika rasa lapar hilang setelah makan bukanlah gejala penyakit. Namun jika rasa lapar berulang anda rasakan meskipun usai makan, sebaiknya anda perlu waspadai jika itu merupakan ciri penyakit diabetes kering.
BACA JUGA:  Cobalah 9 Cara Mengecilkan Lengan untuk Tampil Cantik

Ciri-ciri Diabetes Basah Yang Perlu Diketahui

  • Sering mengantuk dan menguap terutama karena terganggunnya waktu tidur malam akibat sering buang air kecil.
  • Jika anda mengalami kulit yang gatal akibat iritasi atau kekeringan bisa jadi merupakan ciri diabetes kering. Jika digaruk bisa berlanjut menjadi luka.
  • Penderita diabetes basah lebih berisiko terkena infeksi jamur akibat luka yang dialaminya. Hal ini terutama terjadi akibat menurunnya sistem daya tahan tubuh.
  • Luka yang terjadi umumnya akan sulit sembuhnya. Bahkan dalam banyak kasus, luka yang dialami pendeirta diabetes basah tidak dapat sembuh
  • Meskipun nafsu makan terlihat normal dan perut bisa kenyang usai makan namun jika berat badan justru turun secara drastis maka sebaiknya anda segera periksa ke dokter.

Demikian sejumlah ciri-ciri diabetes, baik yang jenis kering maupun basah yang sebaiknya dikenali dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here