10 Ide Cerdas Makeover Kabinet yang Ada di Dalam Kamar

0
90
10 Ide Cerdas Makeover Kabinet yang Ada di Dalam Kamar
10 Ide Cerdas Makeover Kabinet yang Ada di Dalam Kamar

Tidur di kamar yang sempit membuat kebanyakan orang kurang merasa nyaman karena ruangannya yang terbatas. Apalagi jika ditambah dengan furnitur yang mulai membuat Anda merasa bosan. Jika Anda juga mengalaminya, mulailah mencari cara untuk mengubah suasana dalam kamar Anda dengan mengubah beberapa tampilan perabot kamar Anda. Salah satunya adalah me-makeover kabinet di kamar Anda. Berikut 10 ide cerdas mengubah tempat penyimpanan di ruang istirahat Anda.

10. Refresh Kabinet Anda

Refresh Kabinet Anda
Refresh Kabinet Anda

Memberi tampilan baru pada lemari Anda, tentu dapat memberikan efek yang baik di kamar Anda. Untuk mendapatkan suasana yang lebih menyegarkan, Anda dapat memulainya dari mengganti pintu kabinet dengan yang lebih modern dan mengecatnya kembali dengan warna yang berbeda dari sebelumnya. Anda dapat menerapkan warna putih untuk lemari Anda dan memberikan sentuhan warna yang sama pada meja yang berada di kanan dan kiri ranjang. Dengan begitu, kamar Anda akan terlihat lebih syahdu, bersih, dan lapang.

9. Tambahkan Cermin dan Corkboard di Pintu

Tambahkan Cermin Dan Corkboard Di Pintu
Tambahkan Cermin Dan Corkboard Di Pintu

Jika bosan dengan kabinet lama Anda, jangan membuangnya terlebih dalulu. Dengan sedikit dari kreativitas, Anda dapat melakukan perubahan pada pintu kabinet Anda seperti di gambar ini. Yang perlu Anda lakukan adalah memasangkan cermin dan corkboard atau papan yang terbuat dari gabus di sisi yang lain. Kini Anda dapat menggunakan pintu kabinet Anda untuk berhias atau sekadar menempelkan slogan, kata-kata motivasi, jadwal pelajaran, ataupun gambar-gambar lucu hasil dari imajinasi anak-anak Anda.

8. Tukar Pintu Lama dengan Pintu Geser 

Tukar Pintu Lama Dengan Pintu Geser
Tukar Pintu Lama Dengan Pintu Geser

Apakah pintu lemari Anda menggunakan model tarik yang ketika dibuka justru akan membuat area kamar Anda menjadi lebih sempit? Jika iya, ada baiknya Anda mengganti model pintu lemari dengan pintu geser yang lebih praktis. Pintu geser seperti ini akan membuat kamar Anda lebih luas. Selain itu, tampilan lemari Anda pun juga makin terlihat ramping dan bergaya.

BACA JUGA:  10 Model Rak Upcycling di Dinding Kamar Tidur

7. Lepaskan Pintu Kabinet

Lepaskan Pintu Kabinet
Lepaskan Pintu Kabinet

Jika Anda berpikir mengganti pintu kabinet lama dengan pintu geser adalah cara yang rumit dan membutuhkan banyak biaya, Anda dapat mencoba ide yang lebih sederhana ini. Anda cukup melepaskan pintu kabinet tanpa mengeluarkan uang. Kemudian, Anda pun dapat melihat bahwa kabinet itu sekarang telah berubah menjadi model rak terbuka seperti ini. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan rak tersebut sebagai tempat memajang foto-foto Anda bersama keluarga, kacamata, buku-buku bacaan, ataupun guci kesayangan Anda. cukup mudah, bukan?

6. Ubah Kabinet IKEA Anda

Ubah Kabinet IKEA Anda
Ubah Kabinet IKEA Anda

Lemari IKEA terkenal karena daya tahannya yang cukup bagus dan modelnya yang sederhana, sehingga sangat cocok diletakkan di mana pun. Tapi, jika Anda melihat lemari Anda warnanya sudah mulai pudar dan membosankan, Anda perlu mengubahnya agar lebih modis dan tidak ketinggalan zaman. Caranya sangatlah mudah. Anda dapat menambahkan empat kaki kecil lemari dari kayu dan melapisinya dengan kertas emas. Kemudian, pasangkan kaki-kaki itu di bawah lemari Anda. Lalu, lepaskan pintu lemari dan mulailah mengecatnya dengan warna putih dan keringkan. Setelah itu, pasang kembali pintu lemari. Untuk memberikan tampilan yang lebih fantastis, Anda dapat menempelkan stiker monstera daun di pintu kabinet.

5. Beri Sentuhan Stensil

Beri Sentuhan Stensil
Beri Sentuhan Stensil

Kabinet ini mungkin terlihat seperti kabinet IKEA yang telah diubah sebelumnya, tetapi untuk model ini, Anda dapat melakukan perubahan dengan cara yang jauh lebih mudah yaitu dengan menggunakan teknik stensil. Untuk menerapkan teknik ini, cukup siapkan cetakan dengan desain dan pola gambar yang Anda inginkan. Lalu, lepaskan pintu kabinet dan tempatkan di lantai. Setelah itu taruhlah cetakan pola tadi di atas pintu kabinet dan mulailah mengecat nya menggunakan sikat rol busa. Untuk hasil lebih baik, Anda dapat mengaplikasikan dua lapis cat di atas cetakan. Ketika sudah cukup kering, pasang kembali pintu kabinet dan lihatlah perubahan yang telah Anda lakukan pada kabinet lama Anda. Sungguh menakjubkan!

BACA JUGA:  Spesifikasi Kapal Selam Bersejarah KRI Pasopati 410 Perebut Irian Barat

4. Cat Ulang Kabinet

Cat Ulang Kabinet
Cat Ulang Kabinet

Memberikan warna yang berbeda pada kabinet, dapat membawa perubahan yang luar biasa di kamar Anda. Selain murah, Anda pun dapat melakukan ide ini sendiri di rumah. Sebelum menerapkan warna baru di kabinet lama Anda, tutupilah kaca atau cermin dengan kertas untuk menghindari tumpahan cat. Lalu, mulailah mengecat kabinet dengan rata. Sebagai pertimbangan, pilihlah warna-warna yang selaras dengan suasana di kamar Anda. Dengan demikian, kabinet lama Anda dapat tampil dengan membawa kesan baru di ruangan Anda.

3. Tambahkan Rak Lagi ke Kabinet Anda

Tambahkan Rak Lagi Ke Kabinet Anda
Tambahkan Rak Lagi Ke Kabinet Anda

Jika lemari Anda berantakan, silakan menambahkan rak gantung di antara rak-rak dalam kabinet Anda. Selain menambah ruang penyimpanan ekstra di sana, Anda juga dapat mengatur pakaian Anda dengan lebih baik. Selain itu, Anda bisa menggunakan ruang tambahan ini untuk menyimpan barang-barang fashion yang lebih kecil seperti syal, sapu tangan, atau kaos kaki sehingga tidak akan tercampur dengan pakaian lainnya. Jadi, Anda tidak lagi bingung mencari barang-barang tersebut saat Anda membutuhkannya dalam waktu singkat.

2. Menghapus Kabinet

Menghapus Kabinet
Menghapus Kabinet

Ini adalah hack lemari pakaian IKEA lain yang perlu Anda coba. Lemari pakaian ini sangatlah polos. Anda hanya akan menemukan batang gantungan lemari di dalam lemari pakaian ini, yang tidak menawarkan solusi penyimpanan yang lebih maksimal. Jika memiliki lemari model ini, Anda dapat mengubahnya untuk menyempurnakan ruang penyimpanan pakaian-pakaian Anda. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan beberapa rak dengan bentuk U di dalam lemari pakaian dan menurunkan batang gantungannya. Dengan begitu, Anda dapat memasukkan lebih banyak pakaian tanpa membuatnya terlihat berantakan. Anda juga dapat memasang lampu LED string di dalam kabinet sebagai pencahayaan tambahan, yang sangat membantu ketika Anda mencari pakaian tertentu.

BACA JUGA:  10 Hal Yang Tidak Bisa Anda Temukan Selain di Ciputra Waterpark Surabaya

1. Tutupi Lemari dengan Gorden

Tutupi Lemari Dengan Gorden
Tutupi Lemari Dengan Gorden

Jika Anda menginginkan tampilan lemari dengan cara yang sangat mudah, Anda dapat mencoba menggantinya dengan gorden, seperti di kamar ini. Dengan gorden ini, Anda dapat menyimpan barang-barang yang lebih besar. Selain itu, gorden juga sangat aman bagi anak-anak Anda. Sebagai catatan, pilihlah warna-waran gorden yang lembut sehingga membuat kamar Anda makin terlihat makin nyaman.

Itulah 10 ide cerdas makeover kabinet yang cerdas dan mudah yang dapat Anda coba lakukan di akhir pekan ini. Dengan memberi tampilan baru di kamar Anda, istirahat Anda pun makin lebih baik. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here