10 Ide Upcycling Furnitur untuk Ruang Dapur

0
70
10 Ide Upcycling Furnitur untuk Ruang Dapur
10 Ide Upcycling Furnitur untuk Ruang Dapur

Apakah di rumah Anda terdapat furnitur yang mulai usang dan kusam? Lalu apakah Anda berniat untuk membuangnya? Jika di rumah Anda terdapat perabotan yang seperti itu, akan lebih baik kalau Anda tidak menyingkirkannya terlebih dahulu. Dan mari lakukan sedikit perubahan pada perabot lama Anda dengan upcycling, yaitu mengubah barang-barang lama Anda menjadi barang yang makin berfungsi. Berikut 10 ide upcycling yang dapat Anda lakukan pada furnitur lama agar lebih bermanfaat dan menarik lagi.

10. Ubah Dresser Lama menjadi Meja Dapur

Ubah Dresser Lama Menjadi Meja Dapur
Ubah Dresser Lama Menjadi Meja Dapur

Jika Anda memiliki dresser atau meja rias yang sudah tidak menarik lagi, sedangkan di dapur Anda memerlukan meja multifungsi, mari gabung keduanya. Pertama, oleskan lapisan cat baru di meja tersebut. Anda dapat memilih warna cerah untuk menghidupkan tampilannya. Kemudian, tambahkan beberapa aksesori untuk mendekor ulang perabot lama tersebut. Selanjutnya, pasangkan tarikan baru dan beberapa perangkat keras untuk menggantung handuk dan semacamnya. Untuk sentuhan akhir, tambahkan pernak-pernik di atas meja, seperti semangkok buah, tanaman mini, atau secangkir jus. Kini Anda memiliki meja dapur yang cantik dan ramah anggaran.

9. Percantik Ruang dengan Mason Jars Chandeliers

Percantik Ruang Dengan Mason Jars Chandeliers
Percantik Ruang Dengan Mason Jars Chandeliers

Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menggunakan stoples kue kering dan mengubahnya menjadi lampu gantung ala Mason Jars Chandeliers seperti gambar ini. Lampu gantung ini tidak hanya unik, tapi juga mampu menghahadirkan suasana baru di dapur Anda. Untuk membuatnya, cukup sediakan kabel,  lampu pas, dan tentu saja, stoples dan selotip. Sebelum memasang lampu dalam stoples, pastikan stoples sudah bersih. Lalu, pasanglah lampu pada tutup stoples dan pasanglah kabel dengan benar untuk menghindari kemungkinan terjadinya sengatan listrik. Setelah itu, gantunglah lampu pada ketinggian yang sesuai dengan ruangan Anda.

8. Tampilan Dapur Model Wine Barrel

BACA JUGA:  Rekomendasi Berwisata Murah ala Titanic Sambil Melihat Sunset di Surabaya North Quay
Tampilan Dapur Model Wine Barrel
Tampilan Dapur Model Wine Barrel

Untuk menghadirkan nuansa model Wine Barrel ini, Anda perlu menyediakan tong anggur tua yang biasanya ada di atas kapal. Jika Anda memilikinya, mari angkat dan taruhlah tong tersebut ke dalam dapur Anda. Untuk menghadirkan kesan natural, alangkah lebih baik jika Anda tidak mengecatnya kembali. Jadi cukup bersihkan tong dari kotoran-kotoran yang menempel dan biarkan tong mengering di bawah sinar matahari. Setelah itu, lekakkan tong di dapur dengan menambahkan lembaran kayu di atasnya sebagai alas meja.

7. Rak Tersembunyi dari Daun Jendela Bekas

Rak Tersembunyi Dari Daun Jendela Bekas
Rak Tersembunyi Dari Daun Jendela Bekas

Untuk menyediakan ruang penyimpanan tambahan lain di dapur Anda, sekarang mari kita ubah daun jendela bekas menjadi lemari yang cantik. Sebelumnya mungkin Anda berpikir ini tidak mungkin, tapi memang benar daun jendela usang bisa diubah menjadi lemari multifungsi seperti di gambar ini. Jika Anda memiliki daun jendela bekas di gudang Anda, segera ambil dan bersihkan dari debu-debu yang menempel di sana. Sebagai alas lemari, Anda dapat menggunakan setumpuk kayu dari laci bekas. Setelah itu, gabungkan keduanya dengan paku hingga membentuk lemari penyimpanan yang unik ini. Lalu, catlah lemari dengan warna yang Anda suka. Tambahkan beberapa papan lis lama di bagian depan lemari dan lengkapi bagian atasnya dengan kayu yang sudah diampelas. Anda juga dapat menambahkan pengait di sisi kanan atau kiri lemari dan roda kastor di bagian bawah lemari. Akhirnya, lemari yang kaya fungsi ini pun dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan buku, majalah, sarung, ataupun barang-barang lainnya.

6. Bawa Lemari ke Dapur

Bawa Lemari Ke Dapur
Bawa Lemari Ke Dapur

Anda sudah bosan dengan lemari pakaian Anda? Daripada Anda membuangnya, ada baiknya Anda mengubah lemari menjadi tempat menyimpan bahan-bahan dapur Anda dengan lebih aman dan rapi. Untuk membuat lemari ini cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan lemari bekas, papan tambahan, dan paku. Kemudian, dengan kreativitas, silakan menciptakan lemari cantik untuk furnitur tambahan di dapur Anda.

BACA JUGA:  10 Ide Furnitur Praktis untuk Kamar Tidur Sempit

5. Tambahkan Lebih Banyak Area Penyimpanan

Tambahkan Lebih Banyak Penyimpanan
Tambahkan Lebih Banyak Area Penyimpanan

Apakah Anda ingin memiliki pegboard untuk menggantung perabot dapur yang mulai berantakan? Nah, untuk menghilangkan ketidakrapian tersebut, mari membuat pegboard dari daun pintu kayu bekas. Pertama, siapkan daun pintu bekas, bersihkan, kemudian catlah dengan warna yang Anda suka, lalu keringkan. Selanjutnya, siapkan beberapa strip pisau magnetik dan pengait. Kemudian, pasanglah pisau dan pengait tersebut di daun pintu dengan kuat. Anda pun dapat menambahkan hiasan dinding tambahan di sana untuk mempercantik pegboard baru Anda.

4. Ubah Box Bayi Bekas menjadi Rak Panci

Ubah Box Bayi Bekas Menjadi Rak Panci
Ubah Box Bayi Bekas Menjadi Rak Panci

Kini Anda pun dapat menggunakan tepi ranjang bayi bekas sebagai tempat menggantungkan perkakas dapur Anda. Selain menghemat ruangan, Anda dapat membuat rak ini dengan cara yang mudah. Langkah pertama, siapkan tepi ranjang bayi bekas dari gudang Anda atau membelinya di pasar loak. Kemudian, bersihkan. Jika ingin menghemat biaya, Anda pun tidak perlu mengecatnya kembali. Setelah itu sesuaikan ukurannya dengan area yang ada. Lalu gantunglah di atas langit-langit dapur Anda dengan menggunakan rantai dan pengait yang kokoh. Pastikan ikatannya terpasang dengan kuat. Jangan lupa pula menambahkan beberapa pengait S untuk menahan panci dan penggorengan Anda dengan sempurna.

3. Stasiun Kopi yang Keren

Stasiun Kopi Yang Keren
Stasiun Kopi Yang Keren

Beberapa orang menyukai ide furnitur yang telah dirancang ulang seperti ini. Anda juga bisa memperbaiki meja dan menggantinya menjadi stasiun kopi yang keren dan murah ini. Selain itu, furnitur ini sangatlah cocok untuk Anda, sang pecinta kopi atau penggemar minuman lainnya. Untuk mendapatkan tempat penyimpanan ini, Anda hanya membutuhkan meja sederhana, lapisan cat, beberapa pengait, dan kayu lapis untuk membuat rak di bagian bawah. Setelah itu, mulailah berkreasi untuk menciptakan tempat penyimpanan baru yang caranya juga tidak jauh berbeda dari ide-ide sebelumnya.

BACA JUGA:  Menikmati Nasi Goreng Cinta Khas Pastakangen Coffee Roaster Surabaya

2. Meja Dapur dari Mesin Jahit Lama

Meja Dapur Dari Mesin Jahit Lama
Meja Dapur Dari Mesin Jahit Lama

Mungkin Anda mendapatkan warisan mesin jahit tua dari leluhur dan menyimpannya di gudang? Ada baiknya Anda segera memanfaatkannya sebagai meja tambahan yang cantik di dapur Anda. Pertama, Anda harus melepaskan semua perlengkapan di mesin jahit lama dan cukup pertahankan bingkai utamanya saja. Kemudian, bersihkan dengan air dan sabun. Setelah itu, olesilah dengan minyak dan bensin. Jika Anda merasa perlu dicat ulang, aplikasikan warna gelap atau natural. Setelah itu, tambahkan kayu persegi atau keramik di bagian atas. Dengan begitu, Anda telah mengubah basis mesin jahit tua menjadi meja yang unik dan klasik di dapur idaman Anda.

1. Berikan Kehidupan Kedua pada Tangga Lama Anda

Berikan Kehidupan Kedua pada Tangga Lama Anda
Berikan Kehidupan Kedua pada Tangga Lama Anda

Gunakan kembali, kurangi, dan daur ulang merupakan tagline Go-Green yang terkenal. Dalam hal lain, ide tersebut dapat Anda terapkan di ruang dapur Anda, khususnya untuk menambah ruang penyimpanan yang sederhana. Ya, Anda dapat mengubah tangga bekas menjadi rak sederhana yang hemat daripada harus membeli furnitur baru. Sebagai catatan penting, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa tangga bekas tersebut masih kuat dan tidak dimakan rayap. Kemudian, Anda dapat memasang tangga di langit-langit dapur Anda, seperti gambar ini.

Dari 10 ide di atas Anda dapat menyimpulkan bahwa dengan kreativitas dan keterampilan DIY, Anda dapat mengubah sesuatu yang tidak bermanfaat menjadi lebih berguna. Selain mudah, Anda juga tidak membutuhkan banyak biaya untuk mendapatkan tempat penyimpanan tambahan di dapur Anda. Dengan begitu, dapur Anda pun makin terlihat rapi dan terhindar dari kesan berantakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here