10 Ide DIY Menjaga Kebersihan Kamar Tidur Sempit

0
67
10 Ide DIY Menjaga Kebersihan Kamar Tidur Sempit
10 Ide DIY Menjaga Kebersihan Kamar Tidur Sempit

Memiliki kamar tidur yang indah dan rapi adalah impian semua orang. Tetapi, mungkin sulit mendapatkan kamar seperti itu jika untuk membersihkannya saja sudah membuat Anda stress. Apalagi jika ditambah dengan ukuran kamar yang sempit. Anda pasti makin tidak nyaman untuk beristirahat di sana. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu melipat lengan baju Anda dan melakukan trik yang tepat untuk memperoleh kamar yang Anda dambakan. Berikut 10 ide DIY manjaga kebersihan di kamar tidur sempit yang mudah Anda coba.

10. Jadikan Floating Nightstand dengan Storage

Jadikan Floating Nightstand Dengan Storage
Jadikan Floating Nightstand Dengan Storage

Meja samping tempat tidur yang menggantung adalah ide praktis dan tepat untuk kamar tidur kecil Anda. Anda juga tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya. Selain menjaga lantai tetap bersih, itu juga dapat membuat kamar Anda terlihat lebih luas. Untuk menghindari tumpukan barang di sana, buatlah meja dengan ruang penyimpanan atau laci. Dengan begitu, bagian atas nakas akan tetap bersih dan rapi hanya dengan dua atau tiga item barang saja, seperti lampu duduk atau jam alarm. Sedangkan di dalamnya, Anda bisa meletakkan ponsel, catatan, tisu, dan buku dengan lebih rapi.

9. Memanfaatkan Ruang di Balik Pintu

Memanfaatkan Ruang Di Balik Pintu
Memanfaatkan Ruang di Balik Pintu

Trik cerdas berikutnya yang bisa Anda terapkan di kamar tidur adalah memanfaatkan ruang di balik pintu kamar. Sebelum itu, Anda perlu menyiapkan pengait, kawat, batang besi, dan sekrup. Kemudian, pasanglah pengait, kawat, dan besi tersebut dengan ide kreatif yang Anda miliki atau seperti gambar ini. Untuk memaksimalkan fungsinya, Anda bisa menambahkan gantungan pakaian, sehingga Anda bisa menggantung pakaian lengkap yang akan Anda kenakan esok hari. Dengan demikian, pintu kamar Anda pun makin bernilai dibandingkan sebelumnya.

8. Maksimalkan Headboard

Maksimalkan Headboard
Maksimalkan Headboard

Salah satu furnitur multifungsi untuk kamar tidur kecil Anda adalah headboard khusus dengan tempat penyimpanan serbaguna, seperti meja samping tempat tidur, rak buku, dan meja nakas built-in. Ini akan menawarkan ruang tambahan untuk lampu, buku, atau bahkan pakaian Anda. Untuk mendapatkan furnitur ini Anda memerlukan bantuan ahli kayu. Namun, jika ingin menghemat biaya dan waktu, Anda bisa membuatnya sendiri dari peti kayu bekas. Lalu menggabungkan peti kayu tersebut hingga membentuk rak yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk membuatnya lebih fungsional, ubah rak tengah menjadi meja dengan menambahkan kantilever atau balok besar dari kayu. Kemudian gabungkan dengan dua rak yang sudah Anda buat sebelumnya di sisi kanan dan kiri balok menggunakan sekrup atau paku. Terakhir, cat headboard dengan warna yang senada dengan ranjang Anda. Kini headboard pun menjadi lebih banyak manfaatnya di kamar Anda.

BACA JUGA:  Serba Serbi Taman Mundu Surabaya, Menikmati Malam Sambil Melihat Air Mancur Pelangi

7. Percantik Pencahayaan

Percantik Pencahayaan
Percantik Pencahayaan

Hiasi kamar tidur dengan cahaya bola salju seperti anyelir ini. Anda tidak akan percaya bahwa kerutan halus itu terbuat dari filter kopi yang sebetulnya sangat mudah Anda buat. Jika tertarik untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan filter kopi gaya keranjang, kain perangkat keras 1/2-inch, dan serangkaian lampu LED. Langkah berikutnya, kencangkan string LED dengan ikatan kabel ke rangka kawat setiap beberapa inci. Mulailah dari tepi luar lingkaran dan lanjutkan ke lubang-lubang lain dengan pola spiral. Kemudian, bungkus filter kopi untuk membuat bentuk bunga dan masukkan ujungnya ke lubang tadi. Anda dapat pula memasukkan ide lain dengan membuat pola persegi, silangkan ujungnya dan kencangkan dengan staples. Terus lakukan sampai seluruh lingkaran diisi dengan filter kopi. Kemudian, gantungkan bola salju di dinding kamar Anda. Saat Anda menyalakannya, lihatlah warna yang memukau dari berkas cahaya yang dihasilkan dari lampu cantik ini.

6. Pilih Seni Dinding dengan Tugas Ganda

Pilih Seni Dinding Dengan Tugas Ganda
Pilih Seni Dinding Dengan Tugas Ganda

Seni dinding memang tepat untuk mengubah dinding yang sebelumnya sangat membosankan. Anda dapat memanfaatkan kotak kayu bekas yang murah dan sederhana kemudian ubahlah menjadi seni dinding dengan rak terbuka. Untuk membuat seni ini, siapkan berbagai ukuran kotak kayu, lalu catlah dengan berbagai warna yang Anda suka. Setelah kering, hiasi sisi dalam kotak dengan menempelkan kertas cantik. Setelah itu, Anda dapat memasukkan barang-barang dekoratif seperti guci, vas bunga kecil, boneka porselen, atau buku di dalamnya. Sekarang dinding kamar Anda makin cantik dan menarik dengan seni dinding ini.

BACA JUGA:  Zangrandi Ice Cream, Kedai Es Krim Legenda di Surabaya

5. Stensil di Dinding

Stensil di Dinding
Stensil di Dinding

Bergembiralah jika dinding Anda dengan pola DIY gaya Maroko. Untuk membuatnya makin sempurna, Anda cukup menyiapkan kardus dan cat sisa. Lalu, temukan bentuk Maroko-ish di Google dan cetak dengan ukuran apa pun yang Anda inginkan. Kemudian, rekatkan pada kardus dan potonglah sesuai bentuknya. Kini Anda perlu memindahkan bentuk dari potongan tadi ke dalam kertas karton dengan ukuran yang lebih besar. Lalu terapkan ke dinding Anda dengan pensil hingga membentuk pola yang harmonis. Setelah itu tindihkan cat di atas pola tadi secara perlahan-lahan dan hati-hati.

4. Dapatkan Tirai Baru dengan Harga Murah

Dapatkan Tirai Baru Dengan Harga Murah
Dapatkan Tirai Baru Dengan Harga Murah

Ada baiknya Anda bijak dalam menggunakan uang Anda untuk membeli dekorasi kamar Anda. Jadi, sebetulnya Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk memperindah kamar jika Anda bisa membuat sendiri di rumah. Selain hemat, Anda juga dapat mengisi waktu luang Anda dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Ya, salah satu dekorasi tambahan yang bisa Anda buat sendiri adalah gorden seperti di gambar ini. Yang Anda butuhkan adalah tirai untuk dicat, cat kain, dan selotip. Lalu, mulailah dari menempelkan pembatas tirai. Kemudian, tandai baris chevron pertama Anda dengan penggaris. Putuskan pola apa yang Anda inginkan, lalu tempelkan selotip pada baris pertama tadi hingga membentuk pola yang sesuai, dan mulailah mengecat gorden. Jangan lupa untuk menggelar plastik di bawah tirai untuk tetesan cat saat melukis. Kupas selotip dan biarkan mengering. Kini tirai polos Anda pun makin cantik dan ceria, bukan?

3. Ceria dengan Pops of Colors

Ceria Dengan Pops Of Colors
Ceria Dengan Pops Of Colors

Jika Anda mulai bosan dengan kesan ruangan yang hanya dominan dengan satu warna saja, maka Anda perlu melakukan perubahan dengan menambahkan warna lain di sana. Ya, Anda bisa mencampurkan dua atau tiga warna berbeda di dinding kamar Anda. Jadi, Anda bisa mengecat dinding dengan warna tersebut, baik secara horizontal atau vertikal untuk menghadirkan warna yang menyenangkan, seperti warna kuning pisang pada bagian bawah dinding dan putih di bagian atas dinding.

BACA JUGA:  10 Ide Penyempurnaan Kamar Tidur

2. Jangan Abaikan Ruang di Bawah Tempat Tidur

Jangan Abaikan Ruang Di Bawah Tempat Tidur Anda
Jangan Abaikan Ruang Di Bawah Tempat Tidur Anda

Tempat tidur memang membutuhkan ruang besar di dalam kamar, baik di kamar tidur utama atau kamar anak-anak. Jadi mengapa Anda tidak memanfaatkan ruang di bawahnya dengan menambahkan laci pakaian tidur seperti ini? Pertama, ukur lebar dan tinggi ruang di bawah tempat tidur Anda untuk membuat tempat penyimpanan atau kotak yang sesuai. Setelah itu, Anda dapat menggunakan laci lama atau peti kayu, dan menambahkan empat roda kastor di setiap laci yang memudahkan Anda saat menarik atau mendorong laci.

1. Atur Laci Anda

Atur Laci Anda
Atur Laci Anda

Laci meja bisa menjadi tempat yang paling berantakan. Segala sesuatu yang Anda gunakan di meja biasanya akan dimasukkan ke dalam laci dengan begitu saja. Oleh karena itu, pembagi laci seperti ini dapat membuat isi laci Anda lebih rapi. Dan Anda bisa membuatnya sendiri dari kotak bekas atau dari kardus.
Untuk membuat pembatas laci, siapkan kotak bekas dari kemasan sereal, kertas cantik, selotip biasa, dan double tape. Lalu, potonglah kotak sesuai dengan tinggi laci. Setelah itu bungkus kotak dengan kertas cantik menggunakan selotip dan aturlah agar pas di laci. Kemudian, letakkan barang-barang Anda di pembagi laci yang sudah Anda buat dengan sangat cantik.

Itulah 10 ide DIY untuk membuat kamar kecil Anda makin terlihat teratur. Cukup murah dan mudah, bukan? Kini kamar yang nyaman pun dapat Anda wujudkan dan bukan sekadar impian belaka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here