10 Ide Upcycling, Tempat Penyimpanan Murah Meriah

0
68
10 Ide Upcycling, Tempat Penyimpanan Murah Meriah
10 Ide Upcycling, Tempat Penyimpanan Murah Meriah

Jika di rumah Anda sudah mulai banyak barang yang tidak teratur dengan tepat, waktunya Anda bergegas untuk membuat tempat penyimpanan tambahan di sana. Anda pun tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk membelinya karena Anda bisa membuatnya sendiri dari barang lama yang tidak lagi digunakan. Berikut 10 ide upcycling tempat penyimpanan yang murah meriah dan cocok untuk Anda.

10. Tempat Perkakas dari Kaleng Tua

Tempat Perkakas Dari Kaleng Tua
Tempat Perkakas Dari Kaleng Tua

Apakah Anda memiliki banyak kaleng yang tidak digunakan di rumah? Mari ubah limbah itu menjadi lebih berguna seperti gambar ini. Untuk membuatnya, siapkan 6 kaleng bekas yang sudah dibuang tutupnya dan dibersihkan, cat enamel, balok kayu ukuran 15cm x 250cm, ampelas 80 grit, batu gerinda, paku kawat, palu, sekrup 16mm, sekrup cangkir. Setelah itu gunakan ampelas 80 grit dan batu gerinda untuk menyingkirkan bagian-bagian yang tajam pada kaleng. Kemudian, cat kaleng dan balok kayu dengan warna yang Anda sukai. Lalu, buat lubang di setiap kaleng untuk memasukkan sekrup kaleng ke balok kayu. Selanjutnya, pasang tali kulit sebagai pegangan menggunakan lem epoksi. Akhirnya, kaleng bekas pun jadi tempat yang cantik untuk sendok, garpu, dan pisau makan Anda dengan lebih rapi.

9. Pembagi Laci yang Bergaya

Pembagi Laci Yang Bergaya
Pembagi Laci Yang Bergaya

Laci adalah tempat yang paling tepat untuk menyembunyikan barang-barang Anda. Namun, karena tempatnya yang tersembunyi justru membuat laci makin sering berantakan dengan barang-barang Anda yang tidak ditempatkan secara rapi dan teratur. Untuk mengatasi hak tersebut, Anda perlu membuat pembagi laci yang efektif untuk laci Anda. Pertama, siapkan kertas kado, selotip biasa, double tape, pensil, gunting. Anda bisa memanfaatkan kotak bekas sereal atau kaleng bekas makanan. Lalu, sesuaikan ukuran kotak dengan laci dan bungkus kotak dengan kertas kado menggunakan selotip. Setelah itu, Anda pun dapat menggunakan kotak-kotak cantik tersebut di dalam laci Anda untuk menyimpan peralatan tulis dan aksesoris Anda sesuai kelompoknya.

8. Dispenser Kantong Plastik

Dispenser Kantong Plastik
Dispenser Kantong Plastik

Beberapa orang cenderung menyimpan tas plastik di rumah dan menggunakannya sewaktu-waktu. Tapi, semakin banyak kantong plastik yang mereka kumpulkan, semakin banyak pula tempat-tempat tersembunyi untuk menyimpannya. Maka, ide dispenser kantong plastik ini adalah solusi tepat untuk menyimpan kantong-kantong plastik Anda.
Untuk membuat dispenser kantong plastik, Anda perlu menyiapkan botol soda 2 liter, selotip, handuk kertas, pisau X-acto, spidol penghapus kering, lem panas, dua paku payung perak, cat semprot, pemotong kawat, label dan strip perintah. Kini mulailah dari membersihkan botol Anda dan buat garis di sekelilingnya, lalu otong dengan pisau X-Acto. Lepaskan bagian atas, tinggalkan lubang 3”. Setelah itu bungkus bagian bawah botol menggunakan selotip, potong sepanjang bagian bawah selotip dan lepaskan bagian bawahnya. Lalu bersihkan tepi yang kasar, lepaskan selotip dan buatlah label seperti yang Anda inginkan. Kemudian, klip poin dari dua pin push perak menggunakan pemotong kawat, sisihkan bagian atas yang rata dan tempelkan di sekeliling pusat botol. Jangan lupa untuk menutupi bagian bawah dengan tisu dan catlah sesuka hati.
Setelah kering, lepaskan kertas dan selotip. Kemudian, oleskan lem di bagian depan dan belakang pin dorong. Potong dua garis ke belakang dan potong ke dalam botol sekitar 1” dari tepi. Ulangi tetapi 1” turun dari potongan pertama. Ambil alas perak yang dicat dan lepaskan tutupnya.

BACA JUGA:  Rekomendasi Berwisata Murah ala Titanic Sambil Melihat Sunset di Surabaya North Quay

7. Penyimpanan Garasi Serbaguna

Penyimpanan Garasi Serbaguna
Penyimpanan Garasi Serbaguna

Mari kita ubah kabinet file lama Anda menjadi tempat penyimpanan yang menguntungkan. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan kertas pasir, semprotan dan cat, selotip pelukis, kastor (4/6), papan pasak, kit pasak papan gantung, kayu bekas, sekrup, level dan bor listrik.
Adapun cara membuatnya yaitu bersihkan kabinet, lalu semprotkan cat primer. Kemudian, keringkan dan buatlah garis untuk gaya dekoratif yang ingin Anda buat. Setelah itu semprotkan cat dan keringkan. Selanjutnya, potong kayu bekas, pastikan lebih kecil dari dasar kabinet. Lalu potong papan pasak dan tempelkan di bagian samping kabinet, kali ini gunakan pasak papan gantung. Kemudian, masukkan dua sekrup pada kedua ujungnya setelah memasang kabinet untuk membuatnya lebih kuat.

6. Rak Kayu Pedesaan

Rak Kayu Pedesaan
Rak Kayu Pedesaan

Sekarang, saatnya Anda memanfaatkan kotak alat kayu tua yang makin berfungsi seperti di gambar ini. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan kotak alat tua, sekrup, bor listrik, air, dan handuk tua. Setelah itu, ambil kotak Anda dan bersihkan dengan air dan handuk tua. Kemudian, tunggu sampai benar-benar kering. Lalu, gunakan bor listrik dan sekrup untuk memasang kotak di dinding kamar mandi Anda. Akhirnya, kotak alat pun kini menjadi rak gantung yang sangat praktis.

5. Meja Dapur dengan Penyimpanan

Meja Dapur Dengan Penyimpanan
Meja Dapur Dengan Penyimpanan

Jika dapur Anda membutuhkan ruang tambahan untuk menyiapkan makanan dengan efektik, tentu meja berikut akan menyempurnakan keinginan Anda. Caranya, siapkan lemari arsip yang sudah tidak lagi digunakan, semprotan logam primer, 2 kaleng cat semprot, dua kastor bergulir, dua kastor pengunci, talenan dan dua rak handuk horizontal.
Berikut langkah-langkah pembuatannya, Pertama, lepaskan laci, oleskan penghapus stiker untuk membersihkan label atau kotoran, dan lap hingga bersih. Kemudian, lepas dan buanglah semua perangkat keras yang tidak perlu, rekatkan sisa perangkat keras yang masih bisa digunakan lalu semprot. Sedangkan di bagian bawah meja, tandai lokasi untuk kastor dan bor 1/8” untuk membuat lubang di sana. Lalu sekrupkan kastor (baut 1/8”, mur). Setelah itu, pasanglah rak handuk dan kencangkan dengan baut dan mur pendek. Kemudian, gantung peralatan Anda menggunakan S-hooks. Jangan lupa untuk mengebor 1/16″ lubang pilot, dan pasang sekrup 1″ dari bagian bawah. Sekarang, masukkan kembali laci ke kasing. Cukup mudah, bukan?

BACA JUGA:  10 Ide Cerdas Makeover Kabinet yang Ada di Dalam Kamar

4. Rak dari Gitar

Rak Dari Gitar
Rak Dari Gitar

Apakah Anda pernah belajar bermain gitar? Ya, daripada gitar lama Anda tidak digunakan lagi, mari ubah gitar itu menjadi rak baru yang klasik. Caranya, lepaskan satu sisi penutup gitar, kemudian bersihkan. Lalu ukur papan kayu dengan benar, gunakan sekrup dan bor listrik untuk memasang rak di dinding. Letakkan beberapa lampu untuk membuat rak makin terlihat lebih terang. Kini gitar lama Anda pun makin menarik di dinding Anda, bukan?

3. Laci menjadi Rak Dinding

Laci Menjadi Rak Dinding
Laci Menjadi Rak Dinding

Rak yang dipasang di dinding adalah ide yang tepat untuk ruang terbatas Anda. Untuk membuat rak ini, Anda perlu laci tua. Anda dapat membuang atau menyimpan perangkat keras yang sebelumnya terpasang di sana. Kemudian, ampelas laci agar Anda mudah mengaplikasikan cat. Setelah itu, catlah menggunakan warna yang Anda suka atau tetap mempertahankan warna aslinya. Saat cat sudah benar-benar kering, Anda dapat menambahkan rak menggunakan lapisan alas pelindung. Setelah itu, pasanglah rak di dinding Anda menggunakan sekrup dengan kuat.

2. Laci Botol Plastik

Laci Botol Plastik
Laci Botol Plastik

Ini adalah tempat penyimpanan dari 40 botol plastik besar yang ramah lingkungan. Anda pun dapat menyesuaikan ukuran dan jumlahnya berdasarkan kebutuhan Anda. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan beberapa papan, sekrup, bor listrik, pita pengukur dan, tentu saja, beberapa botol plastik. Kemudian, bersihkan dan potonglah botol seperti pada gambar. Lalu, buatlah rak dari papan dan menyesuaikan ukurannya dengan panjang dan lebar botol. Setelah itu, pasangkan botol pada rak dengan rapi.

BACA JUGA:  23 Varian Hewan Yang Bisa Anda Lihat di Kebun Binatang Surabaya

1. Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur

Penyimpanan Di Bawah Tempat Tidur
Penyimpanan Di Bawah Tempat Tidur

Tempat penyimpanan tersembunyi ini tentu akan menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk ruangan sempit Anda. Dengan memanfaatkan boks atau laci bekas yang sudah dimodifikasi, Anda akan mendapatkan tempat untuk mengatur tas, seprei, ataupun barang lainnya di bawah ranjang. Selain itu, jangan lupa memasangkan roda kastor di bagian bawah laci untuk membuatnya lebih mudah saat digunakan.  Sungguh cara yang sangat gampang, bukan?

Ya, itulah 10 ide membuat tempat penyimpanan dari barang-barang bekas yang ada di sekitar Anda. Mulai dari lemari, tempat perkakas, dan laci lama Anda, dapat diubah menjadi furnitur yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Jadi, mari peduli lingkungan secara bijak dengan mengubah barang bekas menjadi perabot berkelas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here