4 Tanda Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Disepelekan

0
89
Gejala Penyakit Jantung
Gejala Penyakit Jantung

SPESIAL.NET – Tak sedikit orang yang menganggap sepele sejumlah gejala penyakit jantung yang mungkin justru cukup berbahaya dan perlu diwaspadai. Hal ini pula yang menyebabkan banyak kasus serangan jantung yang terlambat ditangani karena rendahnya pengetahuan kita tentang penyakit mematikan ini.

Penyakit jantung masih menduduki peringkat atas dari jenis penyakit mematikan yang menakutkan. Padahal gangguan jantung sebenarnya bisa dikenali sejak dini. Tanda-tanda yang diberikan pun cukup banyak yang bisa mengindikasikan adanya gejala penyakit jantung.

Beberapa tanda yang umumnya menyertai gejala penyakit jantung antara lain nyeri dada, sesak napas, jantung berdebar, irama jantung berubah, nyeri di leher, nyeri rahang, tenggorokan kering, nyeri di punggung dan lengan, mudah lelah, demam, pusing, ataupun ingin pingsan. Selain itu kerap juga terjadi pembengkakan pada sejumlah bagian tubuh seperti di tungkai, perut, lengan, atau di sekitar mata.

4 Gejala Penyakit Jantung Yang Perlu Diwaspadai

Penanganan penyakit jantung bisa lebih mudah dilakukan jika gejalanya terdeteksi sejak awal. Berikut ini sejumlah gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai dan perlu dikonsultasikan dengan dokter pribadi anda untuk memastikannya.

1. Munculnya Gumpalan Lemak Tubuh

Munculnya gumpalan lemak pada sejumlah bagian tubuh juga dapat menjadi gejala penyakit jantung yang cukup popular. Gumpalan lemak atau sering disebut xanthomas ini biasanya muncul atau terjadi di bagian lutut, siku, pantat, ataupun di kelopak mata. Banyak orang yang menganggap sepele gejala ini padahal harus diwaspadai terutama anda yang memiliki kolesterol tinggi.

Sedangkan gumpalan lemak di kelopak ini terlihat seperti benang yang terdapat di lapisan mata terluar. Guratan benang ini akan terlihat saat mata anda focus melihat di satu titik. Tanda ini umumnya dialami mereka yang telah berusia di atas 40 tahun dan sebaiknya diwaspadai karena berkaitan dengan penyakit jantung.

BACA JUGA:  Cara Menguruskan Badan dengan 4 Saran dan 3 Larangan

2. Kuku Terasa Tebal

Jika kuku tangan anda mengalami perubahan menjadi terasa tebal atau lebar juga abisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung. Meskipun kondisi89 ini tidak terasa sakit namun perubahan ini bisa terjadi karena darah yang membawa oksigen dari jantung ke jari tangan tidak berjalan semestinya.

3. Peradangan Gusi dan Gigi

Jika anda mengalami radang pada gusi yang disertasi dengan tanggalnya beberapa gigi sebaiknya segera periksakan ke dokter. Kesehatan gigi dan mulut sangat berkaitan dengan kesehatan jantung. Bahkan kondisi jantung bisa makin buruk akibat bakteri yang ada dal;am mulut yang masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan penyakit kardiovaskular.

4. Bibir yang Membiru

Perubahan pada warna bibir bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti karena kedinginan. Namun jika bibir yang biasanya merah kecoklatan berubah menjadi biru sementaraa anda tidak kedinginan atau berada di ketinggian sebaiknya anda segera konsultasikan ke dokter. Kondisi ini bisa terjadi akibat darah yang mengandung oksigen juga gagal sampai ke bagian bibir karena adanya gangguan pada jantung.

Itulah sejumlah gejala penyakit jantung yang sebaiknya diwaspadai dan segera dikonsultasikan ke dokter jika anda mengalaminya agar penanganannya bisa lebih efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here