5 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Diego Passadori 1265563 Unsplash

SPESIAL.NET – 5 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan. Saat Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, Anda harus menjaga keseimbangan antara energi yang dikeluarkan dan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, hal yang perlu diingat saat sedang melakukan diet, adalah bahwa Anda tidak mungkin menurunkan berat badan dalam waktu semalam. Kunci keberhasilan diet yang Anda lakukan adalah kesabaran dan ketekunan.

Faktor keberhasilan penurunan berat badan berbeda-beda antara setiap individu, seperti metode diet yang dijalankan, hormon, usia, makanan yang dikonsumsi, dan sebagainya. Tiga nutrisi penting yang diperlukan untuk menurunkan berat badan adalah protein, serat, dan lemak baik. Berikut ini 5 makanan yang memiliki nutrisi baik untuk menurunkan berat badan.

  1. Telur

Telur bisa menjadi salah satu penyebab utama kolesterol tinggi. Namun, telur ternyata memiliki kualitas protein terbaik yang dapat diserap oleh tubuh. Terlepas dari kandungan proteinnya, kuning telur ternyata menyimpan kandungan vitamin yang tinggi. Selain itu, telur juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Telur dapat dijadikan menu pilihan untuk sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa menurunkan berat badan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity, para peneliti menemukan bahwa para pelaku diet yang mengonsumsi dua telur untuk sarapan selama lima hari dalam seminggu, kehilangan 65 persen lebih banyak berat badan daripada para pelaku diet yang mengonsumsi bagel.

  1. Sayuran

Alasan utama berat badan bertambah adalah karena kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang dibakar. Sayuran dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak akan membuat Anda makan secara berlebihan. Hanya saja, Anda harus memutuskan dengan bijak cara memasak sayuran tersebut. Memasak sayuran dengan tambahan minyak mungkin tidak akan memberikan hasil yang optimal untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi salad yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan yang segar. Anda juga bisa mengolah sayuran dengan cara dipanggang atau dikukus.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber energi, protein, dan lemak baik untuk tubuh. Beberapa jenis kacang mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa studi menemukan bahwa makan kacang secara teratur tidak berhubungan dengan penambahan berat badan dan bahkan dapat mencegahnya. Sebuah studi mengamati diet antara 8.865 pria dan wanita selama 28 bulan. Ditemukan bahwa mereka yang makan dua atau lebih porsi kacang dalam seminggu memiliki risiko 31% lebih rendah mengalami kenaikan berat badan, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang memakannya.

  1. Air

Konsumsi air yang cukup mencegah Anda makan berlebihan dan mengurangi nafsu makan. Kekurangan air dalam sistem dapat memperlambat metabolisme, sehingga memperlambat proses penurunan lemak. Selain itu, air juga memiliki peran penting untuk proses detoksifikasi tubuh.

  1. Legum

Legum mengandung banyak pati yang menghasilkan rasa kenyang dan dapat menjaga tubuh tanpa merasa lapar untuk waktu yang lama, karena karbohidrat ini dilepaskan secara bertahap dan dapat menstabilkan kadar gula dalam darah.

Lima makanan di atas merupakan makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun, perlu diingat bahwa kunci kesuksesan dalam menurunkan berat badan adalah perpaduan antara menjalankan diet yang seimbang dan olahraga yang teratur. Sebelum menjalankan program diet, ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Leave a Comment