5 Resep Minuman Buatan Sendiri untuk Penawar Diabetes

0
109
Penawar Diabetes
Penawar Diabetes

SPESIAL.NET – Hingga saat ini memang belum ada obat untuk penyakit gula darah. Namun penawar diabetes mungkin bisa menjadi solusi agar kondisi pnyakit tidak semakin memburuk. Baik dengan cara memilih atau merencanakan menu makanan rendah gula, melakukan olah raga sacara rutin, ataupun dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

Kasus penyakit diabetes sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat yang dijalaninya. Amat sedikit penyakit ini yang disebabkan faktor keturunan ataupun karena faktor penyebab lainnya. Menu makanan yang banyak mengandung gula, kurangnya olah raga, hingga kebiasaan kerja yang tidak memperhatikan gerakan tubuh ditengarai sebagai faktor yang mempengaruhi terjangkitnya penyakit berbahaya ini.

Menumpuknya kadar glukosa dalam darah yang berlebihan inilah yang kemudian menyebabkan tubuh tak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Pada kondisi demikian, maka kita pun harus pandai-pandai memilih makanana yang dikonsumsi agar kondisi tubuh tidak semakin memburuk.

Penawar Diabetes dengan Resep Minuman Buatan Sendiri

Saat seseorang terkena diabetes, maka kondisi ini bisa menjadi faktor genetik yang akan menurun pada anak-anak dan keturunan anda. Nah, berikut ini ada beberapa resep minuman yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk mengendalikan dan sebagai penawar diabetes yang cukup efektif.

1. Daging Buah Kaktus

Daging buah kaktus atau kaktus pir berduri (Prickly pear cactus) ternyata merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tanaman yang banyak tumbuh di padang pasir ini sudah popular untuk makanan diet bagi orang Amerika dan Meksiko. Selain itu tanaman ini juga banyak digunakan untuk mengataasi sejumlah penyakit seperti obesitas, kolesterol tinggi, diare, radang usus, hipertrofi prostat jinak, penderita diabetes, dan melawan infeksi virus.

Kaktus pir berduri ini kaya dengan serat dan pectin yang mampu membunuh virus dalam tubuh dan menekan penyerapan gula dalam lambung dan usus, serta menurunkan kadar kolesterol.

BACA JUGA:  Cara Menguruskan Badan dengan Olah Raga Pilihan

Untuk dijadikan minuman, campurkan daging buah kaktus dengan gel lidah buaya dan didihkan dalam air. Setelah disaring minum sebelum makan segelas setiap hari untuk menurunkan kadar gula darah.

2. Kayu Manis

Kayu manis juga mengandung bahan aktif yang sangat baik untuk menurunkan glukosa dalam darah. Untuk membuat resep minuman ini anda tinggal masak kayu manis dalam beberapa gelas air hingga mendidih. Setelah disaring, minuman kayu manis baik dikonsumsi segelas setiap hari.

3. Resep Ginseng

Ginseng merupakan salah satu herbal yang banyak dimanfaatkan untuk mengurangi stres, meningkatkan stamina fisik dan daya tahan tubuh, serta meningkatkan konsentrasi. Ginseng memiliki kandungan zat aktif yang diyakini baik untuk menurunkan glukosa darah. Untuk membuat ramuan minuman ginseng anda bisa memasaknya dengan menambahkan air hingga mendidih. Setelah disaring, airnya bisa diminum sehari sekali.

4. Jus Pare

Pare yang rasanya pahit namun disukai ibu-ibu ternyata jugasangatbaik untuk mengendalikan gula darah. Sejumlah penelitian menemukan bahwa pare bersifat antidiabetes yang mampu menurunkan kadar gula darah pederita diabetes tipe 2.

Bahan aktif dalam buah pare seperti peptide, alkaloid, charantin, dan vicine juga berperan penting dalam melawan resistensi insulin maupun mendorong pelepasan insulin yang lebih baik. Resep yang bisa dilakukan selain dibuat sayuran seperti selama ini banyak dilakukan juga bisa dibuat jus pare.

5. Jus Seledri dan Bayam

Sayuran seledri dan bayam juga diketahui sangat baik dikonsumsi sebagai penawar diabetes. Anda bisa membuat resep sendiri dengan menjadikannya jus seledri dan bayam. Untuk menambah rasa agar lebih nikmat, anda bisa menambahkan apel, mentimun, atau wortel.

Itulah beberaapa resep minuman buatan sendiri yang bisa anda buat di rumah untuk penawar diabetes dan menurunkan gula darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here