10 Trik Tepat Makeover Eksterior Rumah

0
100
10 Trik Tepat Makeover Eksterior Rumah
10 Trik Tepat Makeover Eksterior Rumah

Rumah merupakan tempat yang paling nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, Anda perlu merawat dan menjaganya agar tetap bersih dan terhindari dari kesan kumuh. Untuk itu banyak orang yang me-makeover bagian interior rumah untuk menyegarkan tampilan huniannya. Padahal, memberikan daya tarik yang lebih pada bagian eksterior rumah, baik memperindah tamah, jalan setapak, atau pun teras juga perlu Anda pertimbangkan. Mungkin Anda belum mendapatkan inspirasi untuk mengubah eksterior rumah Anda? Berikut 10 ide makeover tepat yang dapat Anda adopsi dan diaplikasikan di rumah Anda.

Klik Saja Sepuasnya!

10. Bunga Roda Sepeda-DIY

Bunga Roda Sepeda DIY
Bunga Roda Sepeda-DIY

Menyajikan daya tarik visual ke taman Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Jadi, Anda dapat melakukan makeover taman dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang Anda simpan di gudang. Jika ingin mendapatkan tampilan baru ini, Anda perlu menyiapkan roda sepeda bekas dan tongkat logam atau kayu. Kemudian, catlah roda dengan warna pilihan Anda sebagai bunga. Setelah itu catlah tongkat dengan warna hijau sebagai batang yang menopang bunga tersebut. Lalu, perkaya kreasi Anda dengan menempatkan bunga roda di antara semak atau pot bunga untuk memvariasikan ketinggian dan memperkaya tampilan taman Anda. Akhirnya, taman Anda pun makin cantik dengan ide ini.

9. Pengawal Spesial Tamu Anda

Pengawal Spesial Tamu Anda
Pengawal Spesial Tamu Anda

Jalan setapak itu ibarat karpet merah dari setiap acara yang berkelas. Jadi, ini akan memandu tamu Anda untuk melakukan perjalanan dari depan rumah hingga ke pintu depan. Karena ini adalah jalur yang digunakan oleh banyak pengguna, percantik jalan setapak Anda agar perjalanan tamu-tamu Anda menjadi makin menyenangkan.
Salah satu cara terbaik untuk mempercantik jalan setapak ini adalah dengan menanam beberapa tanaman kecil atau meletakkan benda-benda dekoratif lainnya untuk mengapitnya, seperti dekorasi binatang berwarna-warni yang terbuat dari beton yang mengapit jalan setapak di kedua sisi ini. Beberapa lampu juga dipasang di antara semak-semak untuk menerangi jalan setapak di malam hari.

BACA JUGA:  Museum Rokok Bersejarah House of Sampoerna Surabaya

8. Nyalakan Pathway

Nyalakan Pathway
Nyalakan Pathway

Memberikan cahaya yang cukup untuk kebun Anda adalah ide yang sangat tepat. Selain itu, Anda juga perlu memasang beberapa lampu di sepanjang jalur menuju pintu rumah Anda. Ada banyak ide pencahayaan taman yang bisa Anda pilih, tetapi Anda juga dapat menggunakan tas-tas seperti ini untuk menerangi jalan setapak sekaligus menghadirkan suasana romantis ke taman Anda.
Untuk membuat tas pencahayaan ini sangatlah mudah. Anda bahkan dapat meminta bantuan anak Anda untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang menyenangkan ini. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat tas dari kantong kertas. Kemudian, guntinglah bagian atas tas. Lalu masukkan lilin baterai ke dalamnya. Anda juga dapat menambahkan sentuhan dekorasi lain pada bagian kanan dan kiri tas. Setelah itu, letakkan tas di sepanjang jalan menuju pintu rumah Anda. Pada malam hari, coba nyalakan lamu-lampu tersebut dan lihatlah pesona cahaya yang telah dihasilkan dari tas, karya Anda bersama anak-anak. Sungguh cantik, bukan?

7. Ubah Warna Cat

Ubah Warna Cat
Ubah Warna Cat

Cara termudah untuk membuat perubahan besar pada eksterior Anda adalah dengan mengecat ulang dinding rumah Anda. Jika bosan dengan warna lama rumah Anda, Anda dapat mengaplikasikan warna lain di sana. Dengan ide tersebut, tidak hanya Anda saja yang terkesan melihat hasilnya, tetangga Anda pun akan memberikan pujian atas perubahan ini.
Seperti rumah ini yang tampak seperti rumah baru setelah sang pemilik rumah melakukan beberapa perubahan besar untuk memberikan facelift, termasuk mengubah dinding yang bewarna merah menjadi abu-abu. Dia juga mengganti penutup teras untuk melengkapi trim dengan baik. Selain itu, halaman depan yang kosong dan kusam juga telah diisi dengan beberapa bunga dalam pot dan hydrangea untuk menambah daya tarik eksterior di rumah ini.

6. Percantik Pagar

Percantik Pagar
Percantik Pagar

Pagar adalah bagian pertama yang terlihat oleh para pejalan kaki saat mereka melintasi rumah Anda. Jadi menambahkan nuansa hidup dan alami padanya adalah ide yang sangat cerdas. Selain cantik, pagar Anda juga makin memesona. Anda dapat menanam beberapa tanaman seperti bunga lavender di sepanjang pagar putih rumag Anda agar terlihat lebih bewarna. Anda juga bisa menambahkan tanaman merambat yang indah seperti mawar, bougainville, atau jasmine yang akan menjalar ke pagar Anda untuk tampilan yang lebih dramatis. Dengan melakukan ide ini, pagar rumah Anda pun akan terlihat seperti hidup kembali.

BACA JUGA:  10 Gaya Dekorasi Rumah Pertanian yang Luar Biasa

5. Jalan Setapak Cantik

Jalan Setapak Cantik
Jalan Setapak Cantik

Melakukan makeover pada jalan setapak tidak hanya akan meningkatkan daya pikat eksterior rumah Anda, tetapi juga membantu Anda dan tamu Anda untuk mencapai tempat tertentu di halaman belakang atau halaman depan dengan aman, tanpa menginjak rumput ataupun lumpur di kala hujan. Jika ingin membuatnya, Anda tidak perlu bingung karena banyak ide bahan yang bisa Anda pilih untuk membuat jalur untuk jalan setapak ini. Anda dapat menggunakan batu bata untuk mengangkat tema tradisional, beton untuk tampilan minimalis, atau kombinasi kerikil dan kayu – seperti taman ini – yang memberikan sentuhan gaya Asia ke rumah Anda. Jadi, silakan tentukan pilihan untuk jalan setapak baru di rumah Anda!

4. Desain Simetris yang Dinamis

Desain Simetris Yang Dinamis
Desain Simetris yang Dinamis

Menerapkan desain simetris di halaman depan adalah salah satu cara paling umum dan klasik untuk menghadirkan kesan mewah pada eksterior Anda. Penggunaan elemen lansekap yang sama dan seimbang seperti pagar, rumput, tumbuh-tumbuhan, dan pencahayaan yang sejajar akan berhasil menawarkan tampilan yang tertata dengan apik menuju ke pintu masuk yang megah.

3. Pintu Masuk Keren

Pintu Masuk Keren
Pintu Masuk Keren

Pintu depan adalah elemen terpenting dalam eksterior rumah Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan kreativitas Anda untuk mendekorasi pintu depan, sehingga tampak luar biasa. Anda dapat meletakkan karangan bunga dan dua pot bunga vertikal di depan pintu. Lalu, tidak ada salahnya pula jika Anda menambahkan pekebun kecil yang mengapit pintu atau tanaman gantung di teras. Apapun dapat Anda lakukan, selama itu akan menambah pesona natural dan cantiknya rumah Anda.

BACA JUGA:  10 Ide Mudah Merenovasi Rumah

2. Sentuhan Fitur Air

Sentuhan Fitur Air
Sentuhan Fitur Air

Suara gemericik air memang terbukti dapat membawa ketenangan dalam hati dan pikiran. Selain menambah kesejukan, air juga dapat membuat ekterior rumah Anda makin terlihat alami. Jadi saat Anda memasukkan fitur air seperti kolam, air mancur, atau aliran air ke halaman depan tentu dapat berpengaruh pada tampilan rumah Anda yang makin luar biasa. Apa pun fitur air yang Anda pilih untuk memperkuat eksterior rumah Anda, itu sangat berhasil dalam menciptakan ketenangan karena efek relaksasi yang dihasilkan dari suara air tersebut.

1. Tambahkan Pergola yang Mewah

Tambahkan Pergola Yang Mewah
Tambahkan Pergola Yang Mewah

Pergola adalah dekorasi penting untuk memperbarui halaman depan atau belakang rumah Anda. Ini bisa menjadi tempat mewah di mana Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga di area hiburan luar ruangan. Dan yang paling menarik perhatian di sini adalah pemberian dekorasi pergola, yaitu instalasi kayu atau metal yang pada dasarnya digunakan untuk tanaman merambat. Jadi selain Anda dapat menambahkan atap polikarbonat yang mencegah Anda dari basah karena hujan, adanya tanaman menjalar seperti tanaman merambat, anggur, atau wisteria juga membuat area ini makin terlihat menawan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan lampu string LED sebagai pencahayaan di sana, untuk menawarkan suasana makin romantis. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya?

Me-makeover taman dan eksterior rumah Anda dapat melegakan pikiran dan menghilangkan kejenuhan Anda. Dengan 10 ide di atas, Anda juga telah memiliki ide yang tepat untuk rumah Anda. Kini, tunggu apalagi? Pilihlah yang sesuai dengan keinginan Anda dan segera wujudkan di halaman Anda! Setiap orang yang melewati rumah Anda pun tentu akan menyukai eksterior baru rumah Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here