Inspirasi Taman Cantik di Area Terbatas

0
155
Inspirasi Taman Cantik di Area Terbatas
Inspirasi Taman Cantik di Area Terbatas

Taman yang cantik tidak hanya membuat siapapun tertarik untuk melihatnya, tapi juga akan membuat suasana di halaman rumah kian terlihat sejuk dan asri. Namun, beberapa rumah tidak memiliki halaman, baik halaman depan ataupun belakang, yang cukup untuk menanam tanaman hias atau tanaman hijau lainnya. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena 10 ide berikut akan membantu memaksimalkan rumah kecil Anda untuk taman yang selama ini Anda impikan.

Klik Saja Sepuasnya!

10. Rumah Kaca Mini

Rumah Kaca Mini
Rumah Kaca Mini

Menempatkan tanaman di rumah kaca dapat membantunya tumbuh secara lebih baik. Selain itu, desain rumah kaca yang terbuat dari kaca juga akan meningkatkan tampilan halaman belakang Anda makin baik. Pintu kaca seperti ini juga memungkinkan cahaya masuk ke dalam kabinet dengan sempurna. Selain itu, Anda hanya perlu menaruh beberapa tanaman di dalamnya, jangan lupa untuk menyiraminya secara teratur, dan biarkan cahaya matahari membuatnya tumbuh dengan baik. Jadi, dengan model kabinet kaca seperti ini, Anda masih bisa memiliki rumah kaca sendiri meskipun ruang Anda terbatas.

9. Berkebun di Jendela-Kotak

Berkebun Di Jendela Kotak
Berkebun Di Jendela-Kotak

Jika di halaman belakang tidak memiliki ruang untuk bercocok tanam, Anda dapat mencoba berkebun di dekat jendela, seperti ini. Ini benar-benar menghemat ruang karena tanaman Anda tumbuh tepat di bawah trim jendela.
Anda bisa mendapatkan kotak untuk tanaman Anda ini di toko pertanian terdekat. Jika ingin lebih hemat, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Caranya, Anda hanya perlu membuat kotak kayu dan pastikan kotak memiliki beberapa lubang untuk drainase yang baik. Kemudian, pasanglah kotak ke dinding dan tambahkan besi kurung L di bagian bawah kotak untuk mendukungnya lebih kuat.
Setelah kotak siap, Anda dapat mulai menuangkan kerikil di bagian bawah kotak, lalu tambahkan lapisan kompos berbasis tanah di kerikil. Kemudian, tanamlah bunga ataupun apotek hidup yang Anda suka di sana. Akan lebih baik jika Anda meletakkan kotak di bawah jendela dapur, sehingga Anda dapat mengambil tanaman tersebut dalam waktu singkat dari jendela saat Anda membutuhkannya.

BACA JUGA:  Menu Veitnam Drip Coffee Ala Ijen Cafe Surabaya

8. Taman Vertikal Idaman

Taman Vertikal Idaman
Taman Vertikal Idaman

Ini adalah cara yang bagus untuk merombak kebun Anda tanpa menyita ruang terbatas Anda. Untuk mewujudkan taman vertikal idaman ini, Anda membutuhkan beberapa teralis dan menempelkannya di bagian dinding eksterior rumah Anda. Lalu pilih tanaman panjat untuk mempercantik taman Anda seperti black-eyed susans, clematis, mawar, atau morning glory. Dengan begitu, warna-warna cerah dari bunga-bunga tersebut akan sekaligus menonjolkan eksterior rumah Anda dengan lebih baik.

7. Berkebun Raised-Bed

Berkebun Raised Bed
Berkebun Raised Bed

Ketika datang ke taman kecil, berkebun dengan model seperti ini memungkinkan Anda untuk menanam lebih banyak tanaman. Ini juga dapat memaksimalkan musim tanam karena sinar matahari dapat diterima tanaman dengan lebih cepat dan menawarkan drainase yang lebih baik bagi tanaman, terutama saat datang musim hujan. Tapi, Anda juga perlu cermat mengantisipasi kekurangannya, terutama saat musim panas tiba, yang kadang dapat memicu kekeringan pada tanaman. Nah, untuk mengatasi masalah ini, diperlukan mulsa ekstra dan irigasi tambahan yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

6. Gunakan Wadah untuk Menanam Tanaman

Gunakan Wadah Untuk Menanam Tanaman
Gunakan Wadah Untuk Menanam Tanaman

Jika ingin memperbarui kebun kecil Anda dengan menambahkan lebih banyak tanaman, Anda tidak perlu menunggu untuk memperluas ruang kebun Anda. Dan untuk permasalahan tersebut, Anda dapat memanfaatkan fleksibilitas wadah yang dapat ditemukan di sekitar Anda.
Wadah bekas apapun dapat Anda gunakan untuk menanam tanaman seperti botol, ember, mangkuk, dan bahkan sepatu bot. Anda juga dapat membeli beberapa pot di toko pertanian terdekat. Setelah itu, tamanlah bunga atau jenis tanaman lain yang Anda suka. Akhinya, taman mini Anda pun kini makin beragam dan menawan.

BACA JUGA:  10 Fakta Mengenai Taman Bungkul Sebagai Taman Terbaik di Asia Tahun 2013

5. Taman di Beranda

Buat Taman Di Beranda
Buat Taman Di Beranda

Banyak rumah di kota-kota besar yang tidak memiliki halaman depan. Tetapi itu tidak akan menghalangi Anda untuk memiliki kebun yang cantik. Ada banyak cara untuk membuat taman rumah yang sekaligus meningkatkan tampilan eksterior rumah Anda. Salah satunya adalah menanam tanaman hias secara menggantung di teras. Untuk menggantung tanaman ini, Anda harus memasang pengait mata ke langit-langit, sehingga pot dapat digantungkan dengan baik. Dengan melakukan ini, Anda dapat menanam lebih banyak tanaman tanpa menggunakan lantai teras.

4. Buat Pintu Masuk Makin Dramatis

Buat Pintu Masuk Makin Dramatis
Buat Pintu Masuk Makin Dramatis

Jangan mengabaikan pentingnya pintu masuk. Maka, Anda bisa menerapkan ide dengan baik dan membuat pintu masuk dramatis yang dapat mencuri perhatian siapa pun yang akan masuk ke rumah Anda. Caranya, Anda hanya perlu membuat gerbang kayu atau besi tempa dengan teralis. Kemudian, gunakan gerbang untuk menopang tanaman panjat, seperti mawar, grape vine, dan wisteria. Sungguh cantik’kan?

3. Rapikan Boxwood Anda

Rapikan Boxwood Anda
Rapikan Boxwood Anda

Me-makeover kebun Anda adalah kegiatan yang sangat mudah dan menyenangkan. Apalagi jika di taman Anda sudah terdapat boxwood. Anda tidak perlu menambahkan lebih banyak tanaman atau furnitur untuk mempercantik bentuk luar ruangan karena Anda hanya perlu merapikan kebun kecil itu dengan merapikan area tersebut.
Jika kayu box dan semak-semak lainnya sudah mulai terlihat rimbun, sekarang adalah saat yang tepat untuk memangkasnya. Bahkan akan lebih baik, jika Anda dapat memotongnya ke dalam bentuk yang diinginkan dan melihat referensinya di internet.

BACA JUGA:  10 Ide Tempat Penyimpanan DIY di Kamar Tidur

2. Atur Pencahayaan

Atur Pencahayaan
Atur Pencahayaan

Taman kecil Anda mungkin terlihat menggemaskan pada siang hari. Jadi, jangan biarkan keindahannya memudar saat malam tiba. Anda dapat mempertahankan keindahan taman dengan menambah pencahayaan yang tepat di sana.
Sebelum memasang lampu, Anda harus bertanya pada diri sendiri seperti apa taman Anda. Jika Anda ingin membawa suasana romantis ke taman Anda, beberapa stoples tukang peri cahaya DIY atau lampu LED string akan membuatnya makin sempurna. Jangan lupa untuk mengarahkan lampu sorot tepat seperti ide di kolam ini, untuk membuat titik fokus pandangan makin terjaga.

1. Percantik dengan Sepeda Lama

Percantik Dengan Sepeda Lama
Percantik Dengan Sepeda Lama

Menanam tanaman di sepeda tua memang bukan hal baru dan itu dapat memberikan tampilan yang memukau di taman Anda. Selain tidak membutuhkan banyak ruang, sepeda ini sangat efektif untuk mempercantik taman Anda. Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan sepeda tua dari ruang penyimpanan atau membelinya di pasar loak. Kemudian, cat sepeda dengan warna kesukaan Anda. Lalu, tambahkan pot di beberapa bagian sepeda dan mulailah menanam bunga-bunga indah di situ. Akhirnya, taman Anda pun makin menarik dengan sepeda baru ini.

Itulah 10 ide makeover taman yang akan membuat taman Anda terlihat luar biasa. Meskipun ruangan Anda terbatas, taman kecil pun tetap bisa Anda wujudkan. Jadi, mari ubah taman Anda agar makin cantik dan menawan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here