Kenali Penyebab Jantung Berdebar dan Tips Mengatasinya

0
348
Penyebab Jantung Berdebar
Penyebab Jantung Berdebar

SPESIAL.NET – Sebenarnya adda banyak hal yang menjadi penyebab jantung berdebar dan tidak serta merta berhubungan dengan adanya gangguan jantung. Namun jika anda mengalami kondisi semacam ini secara berulang sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikannya.

Dalam kondisi normal, umumnya denyut jantung rata-rata setiap orang adalah sekitar 70 denyutan per menit. Jumlah ini bisa turun hingga 60 atau naik hingga 100 denyutan per menit yang masih dianggap wajar. Jumlah denyutan ini bisa jauh menit dalam kondisi tertentu, seperti sedang gugup, berada dalam tekanan atau stress, saat berolah raga, maupun karena adanya gangguan pada jantung.

Beragam Penyebab Jantung Berdebar Yang Perlu Dikenali

Meskipun banyak hal yang bisa menyebabkan jantung berdegup kencang, namun sebaiknya anda mengetahui faktor tersebut. Hal ini tentunya akan bermanfaat agar kita bisa melakukan tindakan yang dianggap pelru untuk mengatasinya.

Tekanan Stress

Perasaan gugup, cemas, ataupun stress bisa menyebabkan jantung berdebar dengan kencang. Kondisi ini terjadi karena terjadinya penyempitan pembuluh darah dan syaraf di otak sehingga jantung kesulitan untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan membuatnya berdegup kencang.

Rokok dan Radikal Bebas

Bahaya rokok bukan saja pada perokok namun juga orang yang ada di sekitarnya. Kandungan nikotin dalam rokok yang terhisap akan memberatkan kerja jantung. Begitu juga asap rokok, polusi, asap pabrik yang mengandung radikal bebas juga bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Bila penyumbatan terjadi di jantung akan menyebabkan kesulitan memompa darah yang membuatnya berdeggup kencang.

BACA JUGA:  Jamur, Makanan Pengganti Daging Untuk Diet Sehat Anda

Makanan dan Minuman Tidak Sehat

Makanan dan minuman tidak sehat, seperti junk food, alcohol, ataupun kopi juga bisa menyebabkan jantung berdebar. Junk food maupun alcohol yang banyak mengandung zat kimia yang berbahaya bisa memberatkan kerja jantung. Begitu juga dengan terlalu sering minum obat-obatan ataupun kafein dari seringnya minum kopi juga dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga jantung berdegup untuk memompa darah.

Obesitas dan Kolesterol

Obesitas atau berat badan berlebih juga bisa membuat jantung sering berdebar. Hal ini terjadi karena penumpukan lemak dalam tubuh membuat pembuluh darah tersumbat. Penyempitan pembuluh darah juga bisa terjadi karena kolesterol tinggi. Kondisi inilah yang akan membuat jantung berdebar-debar dan bekerja ekstra keras untuk memompa darah.

Karena Penyakit

Jantung berdebar juga bisa disebabkan karena penyakit. Diabetes, asam urat, ataupun tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan jantung berdebar lebh kencang. Diabetes maupun tekanan darah tinggi dapat memicu terjadinya asteoklorosis ataupun penyempitan pembuluh darah. Begitu juga zat purin pada penderita asam urat juga dapat menyababkan pembuluh darah mengalami penyembitan. Kondisi inilah yang akan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Tips Cepat Mengatasi Jantung Berdebar

Jika anda mengalami atau merasakan jantung yang tiba-tiba berdebar kencang sebaiknya segera diatasi agar tidak memnimbulkan komplikasi yang lebih serius. Di bawah ini beberapa tips cara mengatasi jantung berdebar.

  • Angkat kaki anda lebih tinggi dari posisi jantung sambil menarik nafas dalam-dalam untuk mengembalikan dan melancarkan aliran darah.
  • Minum air putih yang banyak juga bisa mengendalikan jantung yang berdebar. Untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya rutin minum air putih yang cukup setiap hari.
  • Selain itu mengelola stres agar tidak makin parah juga bisa dilakukan untuk mengendalikan jantung berdebar.
  • Cara lain lagi adalah dengan teknik yang di kalangann medis disebut manuver valsalva, yaitu dengan memencet kedua hidung dan menutup mulut rapat-rapat sambil menahan nafas lalu hembuskan nafas secara perlahan-lahan.
BACA JUGA:  Roti Gandum, Pilihan Makanan Sehat Untuk Diet Anda

Itulah informasi tentang penyebab jantung berdebar dan tips mengatasinya yang semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here