8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Efektif

0
321
Sayuran Penurun Kolesterol
Sayuran Penurun Kolesterol

SPESIAL.NET – Mengkonsumsi makanan dan sayuran penurun kolesterol merupakan salah satu cara terbaik untuk menggendalikan dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kadra kolesterol yang terlampau tinggi sangat berpotensi untuk membuat anda terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya.

Secara alami kolesterol terdapat dan dibutuhkan tubuh manusia sebagai penghasil vitamin D, hormon, ataupun sel-sel bagi tubuh. Kolesterol ini diproduksi oleh hati maupun dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi. Namun agar manfaat dan fungsi kolestrol optimal, maka kadarnya haruslah normal dan tidak berlebihan.

Kolesterol terbagi dua, yaitu kolesterol atau lemak baik yang disebut HDL dan lemak jahat atau LDL. Kalangan dokter umumnya menyarankan kadar koleterol yang normal adalah di bawah 200 mg/dl. Sedangkan untuk kadar LDL yang aman berada di bawah 100 mg/dl, dan kadar HDL yang baik adalah minimal 60 mg/dl.

8 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol yang Sangat Direkomendasikan

Mengkonsumsi makanan seha merupakan cara yang cukup efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Berikut ini 8 jenis sayuran penurun kolesterol yang sangat direkomendasikan untuk anda.

1. Bayam

Bayam dikenal kaya akan serat dan juga mengandung luthein yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Kandungan serat untuk mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari bayam sebaiknya saturan ini dikonsumsi dengan dibuat jus.

BACA JUGA:  Detoksifikasi Tubuh dengan Buah Pepaya dan Nanas

2. Wortel

Wortel diketahui kaya dengan kandungan vitamin A, vitamin C, K, magnesium, asam folat, serat, dan lainnya. Selain sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol, kandungan nutrisi tinggi dalam sayuran ini juga ampuh dalam mencegah proses oksidasi kolesterol jahat (LDL). Sayuran ini sebaiknya dikonsumsi dengan dimakan langsung, dibuat jus, atau diparut dan diminum air perasannya.

3. Labu Kuning

Sayuran yang satu ini juga kaya dengan vitamin A, C, E, zat besi, kalium, beta karotine, serat, dan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Labu kuning juga kaya dengan kandungan nutrisi lain yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini juga diketahui kaya dengan kandungan serat, potassium, dan kromium yang cukup efektif dalam menurunnkan kolesterrol dan menangkal kolesterol jahat dalam darah. Cara mengkonsumsinya bisa dibuat sayur yang lezat.

5. Lobak

Sayuran lobak ternyata kaya dengan potassium yang penting dalam mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam darah. Sayuran ini juga sangat baik untuk mengatasi asam urat.

6. Kangkung

Sayuran kangkung juga banyak mengaandung serat yang berguna untuk mencegah penyempitan arteri dan penyumbatan pembuluh darah dengan cara mengendalikan dan mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

7. Seledri

Seledri juga termasuk jenis sayuran hijau yang kaya vitamin C, bahkan lebih tinggi dari buah jeruk. Nutrisi inilah yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain dibuat sayuran, sayuran ini juga enak dan bagus direbus dalam air dan diminum air saringannya.

BACA JUGA:  Inilah Beberapa Alasan Mengapa Tidur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

8. Mentimun

Sayuran buah yang segar ini ternyata banyak juga manfaatnya. Selain baik untuk mecegahh darah tinggi, buah mentimun juga cukup efektif untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini karena kandungan senyawa sterol dalam sayuran ini. Selain dimakan mentah untuk lalapan, sayuran ini juga enak dibuat jus.

Itulah beragam jenis sayuran penurun kolesterol yang sangat direkomendasikan karena efektif dalam mengendalikan kadar kolesterol darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here