8 Tips Penting Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

0
91
Kesehatan Ibu Dan Anak
Kesehatan Ibu Dan Anak

SPESIAL.NET – Memperhatikan masalah kesehatan ibu dan anak bukan saja bermanfaat untuk keduanya namun juga merupakan pilar penting untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang lebih berkualitas. Melalui pola asuhan yang baik, sehat, dan mendidik tentunya akan membuat anak akan tumbuh kembang menjadi sosok yang baik dan berkualitas.

Jika kita bicara tentang kondisi kesehatan ibu dan anak di Indonesia memang seringkali muncul kasus-kasus yang membuat miris. Tingkat pendapatan yang masih timpang tak jarang menjadi pemicu munculnya kasus-kasus anak kurang gizi, tingginya tingkat kematian bayi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagai makhluk yang belum mampu untuk mengurus dirinya sendiri, perkembangan anak sangat tergantung dari ibu dan lingkungan keluarganya. Baik menyangkut pola asuh, asupan gizi, hingga pengaruh lingkungan terdekat dari keluarga. Jika ibu dan lingkungankeluarganya baik, sehat dan berkualitaas, diharapkan anak pun akan tumbuh menjadi manusia yang lebih berkualitas.

Tips Penting Membangun Kesehatan Ibu Dan Anak

Secara alami, anak terlahir dengan sistem kekebalan tubuh yang menakjubkan sebagai anugerah dari Tuhan. Namun perkembangan sistem imun ini juga akan mengalami naik menjadi lebih baik atau turun makin terpuruk sangat tergantung dari pola asuh dan asupan yang diberikan orang tuanya.

Berikut ini beberapa tips penting yang harus diperhatikan dalam membangun kesehatan ibu dan anak yang berkualitas.

  1. Sebagai orang tua yang bertugas dan mendidik anak-anaknya, seorang ibu juga perlu terus meningkatkan wawasan pengetahuannya. Dengan wawasan yang luas, anda bisa menjadi ibu yang cerdas, kreatif, dan bisa menjadi pengasuh sekaligus sahabat bagi tumbuh kembang anak.
  2. Agar ibu mampu mendidik dan membesarkan anak-anaknnya, maka ibu juga harus pandai mengelola dan menjaga kesehatan dirinya. Sebagai ibu Anda perlu mengelola stress dengan baik. Mengasuh anak bukan hal yang mudah. Namun akan menyenangkan jika psikologis anda juga baik.
  3. Kalaupun anda berkarir di luar rumah, bagi waku secara efektif antara pekerjaan dan anak. Ada hak anak yang harus anda penuhi, baik hak asupan (makanan), hak asuh (pendidikan), maupun hak asih (kasih sayang).
  4. Saat kelahiran anak, usahakan untuk memberikan hak bayi anda dengan susu ASI setidaknya hingga anak berumur seetahun, dan akan lebih baik sampai 2 tahun. Pemberian ASI akan memberikan banyak manfata untuk anak, baik munitas tubuh anak, perkembangan fisik, maupun kecerdasan otaknya.
  5. Usahakan menerapan pola asupan dengan konsep gizi yang seimbang untuk semua anak-anak anda. Pemberian dan pemilihan lauk makan sehari-hari sebaiknya dilakukan secara bergantian antara menu daging, sayuran, kacang-kacangan, serta buah-buahan.
  6. Sebaiknya hindari memberikann susu formula buatan pabrik untuk pertumbuhan annak-anak karena berdampak tidak baik untuk kesehatan anak saat dewasa. Berikan susu alami, seperti susu hewani asli dari sapi, kambing, ataupun susu nabati, seperti susu kedelai.
  7. Berikan dan biasakan anak-anak untuk mengkonsumsi buah-buahan yang cukup. Ibu bisa menjadikan buah sebagai menu harian yang enak, lezat, dann variatif baik dengan memakan dalam bentuk buah segar, dibuat jus buah, atau menu cemilan yang sehat.
  8. Didik dan biasakan anak-anak untuk senang minum air putih yang cukup. Minum air putih yang cukup sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan maupun fungsi metabolisme tubuh. Selain itu sebaiknya berikan juga anak agar minum madu secara berkala, dua atau tiga hari sekali untuk menjaga kesehatannya.
BACA JUGA:  5 Alasan Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Tubuh

Itulah beberapa tips penting yang sebaiknya anda perhatikan dalam menjaga kesehatan ibu dan anak untuk menciptakan keluarga yang sehat, sejahtera, dan berguna bagi bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here