10 Ide Renovasi Kamar Tidur Kecil, Makin Terlihat Luas

0
41
10 Ide Renovasi Kamar Tidur Kecil, Makin Terlihat Luas
10 Ide Renovasi Kamar Tidur Kecil, Makin Terlihat Luas

Tidur di kamar kecil memang membuat Anda lebih banyak bersabar. Dengan ruang yang terbatas itu, Anda tidak memiliki pilihan lain selain tetap bertahan di sana. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa upaya agar kamar tersebut tetap memberikan kenyamanan saat Anda beristirahat. Inilah 10 ide renovasi kamar tidur kecil yang dapat mengubah visual kamar makin terasa luas yang patut diadaptasikan ke dalam kamar Anda.

10. Upayakan Lantai Tetap Bersih

Upayakan Lantai Tetap Bersih
Upayakan Lantai Tetap Bersih

Salah satu cara untuk mengelabui sebuah ruangan kecil adalah dengan memiliki lantai yang bersih. Anda bisa memilikinya dengan membuat rak gantung yang bisa difungsikan sebagai barang dekoratif dan pajangan aksesoris Anda. Trik ini telah terbukti bermanfaat terutama jika kamar tidur Anda memiliki langit-langit yang tinggi.
Proses pembuatan rak gantung ini cukup mudah. Pertama, siapkan beberapa kotak kayu atau peti murah dengan ukuran berbeda. Berikan warna latar belakang yang berbeda untuk setiap kotak seperti merah, kuning, dan hijau menggunakan cat atau kertas berwarna. Kemudian, gantung kotak-kotak itu di dinding sesuai dengan pola yang Anda inginkan. Sebagai saran tambahan, gunakan gantungan gigi gergaji seperti di gambar, jika Anda berencana untuk mengubah pengaturan rak suatu hari nanti.

9. Sesuaikan Warna Jendela dan Tirai dengan Dinding

Sesuaikan Rona Jendela Dan Tirai Dengan Dinding
Sesuaikan Rona Jendela Dan Tirai Dengan Dinding

Penggunaan tirai yang kontras dengan dinding, tentu makin memperkaya pesona apabila digunakan di kamar tidur besar. Namun, ide itu tidak cocok apabila diterapkan di kamar tidur Anda yang kecil. Jadi, Anda justru perlu menciptakan kesatuan di kamar Anda melalui jendela, batang gorden, dan tirai yang memiliki warna yang sama dengan dinding kamar. Dengan begitu, kamar Anda makin terlihat lapang dan luas daripada kenyataannya.

8. Coba Warna Ringan

Coba Warna Ringan
Coba Warna Ringan

Warna memiliki peran penting dalam kamar kecil Anda. Pilihlah warna-warna yang lembut untuk kamar sempit Anda. Anda dapat mengecat dinding kamar tidur Anda dengan warna putih atau biru muda yang akan membuatnya terlihat lebih besar dan lebih segar. Apalagi jika dikombinasikan dengan jendela besar yang membiarkan cahaya alami masuk, tentu kamar tidur Anda makin terlihat sempurna. Tapi, jika Anda ragu-ragu dengan tampilan yang terlalu bersih, Anda dapat menambahkan sentuhan warna kuning atau warna cerah lainnya di sana. Tapi, akan lebih baik jika warna tersebut tidak mendominasi dalam ruangan kamar Anda.

BACA JUGA:  Top 6 Rekomendasi Nasi Goreng di Surabaya

7. Tambahkan Cermin Besar

Tambahkan Cermin Besar
Tambahkan Cermin Besar

Cermin besar bisa memantulkan cahaya dan memberi kesan mendalam di kamar Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memasukkan cermin besar di kamar tidur kecil Anda. Anda bisa menggantungnya di dinding, atau menyandarkannya ke dinding seperti ini. Selain itu, akan lebih baik jika Anda meletakkan cermin di depan jendela. Sebagai alternatif lain, Anda juga dapat berkreasi di lemari kamar Anda dengan pintu cermin yang dapat menonjolkan persepsi ruang.

6. Pilih Perabot Secara Bijak

Amankan Kekacauan
Usahakan Perabot Berfungsi Maksimal

Daripada melengkapi dan mendekorasi kamar Anda dengan banyak benda kecil, cobalah berinvestasi dalam furnitur dan dekorasi yang simpel seperti di kamar ini. Vas besar yang digantungkan di sudut kamar ini lebih baik daripada banyak vas kecil. Anda dapat pula menghemat lebih banyak ruang dengan tidak membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Anda juga dapat menggunakan furnitur multifungsi, seperti tempat tidur dengan laci atau ottoman dengan ruang penyimpanan tersembunyi. Atau Anda perlu mengatur ulang lemari Anda secara teratur. Jadi, kuncinya adalah Anda mengetahui perabot apa yang Anda butuhkan di kamar tidur Anda secara lebih bijak.

5. Angkat Furnitur dengan Kaki

Angkat Furnitur Dengan Kaki
Angkat Furnitur Dengan Kaki

Ada orang yang tidak akan membeli furnitur berkaki untuk kamar tidur kecil mereka karena hal itu dinilai membutuhkan lebih banyak ruang. Padahal sebenarnya, menggunakan furnitur berkaki akan memberikan ruang yang lebih besar untuk kamar sempit Anda. Tapi itu tidak berarti Anda harus menaikkan semua perabotan di kamar Anda. Mungkin Anda cukup menggunakan tempat tidur dan meja yang berkaki. Intinya adalah Anda dapat memberikan ruang di bawah furnitur tersebut untuk membuat kamar tidur Anda terlihat lebih besar. Setelah itu, Anda dapat menggunakannya sebagai ruang penyimpanan tambahan yang efektif.

BACA JUGA:  10 Ide Cerdas Makeover Kabinet yang Ada di Dalam Kamar

4. Gantung Tirai Setinggi Mungkin

Gantung Tirai Setinggi Mungkin
Gantung Tirai Setinggi Mungkin

Beberapa rumah memiliki jendela dari lantai ke langit-langit. Tapi sementara yang lain harus bertahan dengan jendela rumah yang lebih kecil. Jika Anda salah satunya, jangan khawatir! Anda dapat melakukan perubahan fantastis untuk membuat jendela kecil terlihat lebih besar, yang pada akhirnya akan membuat kamar tidur Anda terlihat lebih luas. Jadi, cobalah gantung tirai di atas bingkai jendela dan sedekat mungkin dengan langit-langit. Ini akan menciptakan efek ruangan terlihat lebih besar.

3. Pilihlah Furnitur Serbaguna

Pilihlah Furnitur Serbaguna
Pilihlah Furnitur Serbaguna

Menggunakan furnitur multiguna adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan ruang yang tersedia di kamar tidur sempit Anda. Seperti kotak perhiasan ini yang dapat membantu Anda mengatur perhiasan Anda serta menghemat lebih banyak ruang.
Pertama-tama, siapkan cermin besar, sepasang papan kayu yang memiliki panjang yang sama dengan cermin, sekrup, lem kayu, cat, 2 gantungan D-Ring, kabinet tangkapan, 4 engsel kuningan, kait, wallpaper yang dapat dilepas, dan sebuah pemotong. Inti dari proyek ini adalah membuat bingkai yang memiliki ukuran yang sama dengan cermin Anda. Cermin yang digunakan di sini juga bertindak sebagai pintu untuk kabinet yang Anda buat.
Untuk membuat kabinet serbaguna ini mulailah dari memotong papan ke ukuran yang diharapkan, tempatkan sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan, kemudian sekrup menggunakan bor listrik dan sekrup kayu. Setelah potongan kayu dirangkai menjadi bingkai, catlah kabinet dengan warna sesuka Anda. Lalu untuk menggantungnya, pasang gantungan D-Ring di belakang bingkai sekitar 10cm dari atas. Sebelum Anda menggantung bingkai tersebut, pasang engsel kuningan ke satu sisi bingkai kayu dan pasang di bagian belakang cermin. Kemudian, pasanglah wallpaper di belakang cermin dengan ukuran yang sesuai. Sekarang Anda dapat memasang beberapa kait untuk menggantung aksesori Anda. Jangan lupa untuk memasang pengaman kabinet agar tetap terkunci saat tidak digunakan.

BACA JUGA:  Empat Keunikan Waterpark Kampung Halaman Aquaman di Atlantis Land Surabaya

2. Percantik dengan Karpet Garis

Percantik Dengan Karpet Garis
Percantik Dengan Karpet Garis

Sama seperti penggunaan bahan pakaian dengan garis vertikal dan horizontal, yang membuat orang terlihat lebih tinggi atau lebih ramping, pola garis juga dapat membuat ruangan terlihat lebih lapang. Jadi, penerapkan pola bergaris pada dinding ruangan Anda atau menghamparkan karpet bergaris di lantai, akan berhasil memberikan efek ruangan Anda juga terlihat lebih luas.

1. Berikan Pencahayaan yang Memadai

Berikan Pencahayaan Yang Memadai
Berikan Pencahayaan Yang Memadai

Kamar kecil bisa terlihat lebih luas dan lebih besar dengan bantuan dinding putih, jendela besar, dan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan juga merupakan elemen lain yang dapat membuat kamar Anda terlihat lebih besar. Jika kamar tidur kecil Anda memiliki banyak jendela, tarik kembali tirai atau gorden di sana, sehingga Anda dapat membiarkan cahaya alami masuk ke kamar tidur Anda.
Tetapi jika kamar Anda tidak memiliki banyak jendela, Anda masih dapat menggunakan cahaya buatan dengan lampu. Pastikan lampu-lampu tersebut dapat memberikan cahaya yang cukup di kamar Anda. Jadi, munculnya warna di sana-sini akan mencegah ruangan Anda dari kesan membosankan.

Itulah 10 ide cerdas yang dapat Anda terapkan di kamar tidur mungil Anda. Selain membuat kesan ruangan makin terlihat luas, Anda pun makin nyaman untuk beristirahat di sana. Jadi, luangkan akhir pekan Anda untuk mengaplikasikan ide-ide yang cukup mudah ini dan raihlah manfaat yang lebih baik untuk ruangan Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here