Pilihan Buah Untuk Menurunkan Kolesterol yang Ampuh

0
322
Buah Untuk Menurunkan Kolesterol
Buah Untuk Menurunkan Kolesterol

SPESIAL.NET – Makanan maupun buah untuk menurunkan kolesterol dapat menjadi solusi terbaik dan alami untuk mencegah terjangkitnya penyakit berbahaya. Seperti diketahui kolesterol tinggi dapat menyebabkan terjadinya sejumlah penyakit yang berbahaya dan mematikan, seperti penyakit jantung, stroke, ataupun diabetes.

8 Buah untuk Menurunkan Kolesterol yang Direkomendasikan

Salah satu unsure penting yang perlu terdapat dalam makanan untuk menangkal kolesterol adalah yang mengandung serat. Makin baanyaak kadungan seratnya, maka akan semakin baik untuk menurunkan kolesterol.

Nah, berikut ini beragam buah untuk menurunkan kolesterol yang sangat direkomendasikan agar dikonsumsi secara rutin setiap hari.

1. Buah dan Kulit Manggis

Buah manggis rasanya manis dan kaya dengan kandungan serat dan nutrrisi untuk kesehatan tubuh. Selain buahnya, bagian kulitnya yang tebal ternyata juga banyak mengandung zat yang penting untuk mengendalikan dan menurukan kolesterol. Bahkan kandungan xanthone dalam kulit manggis adalah bahan aktif anti-kanker dan anti-oksidan yang sangat ampuh. Untuk mengkonsumsinya bisa dengan membeli ektrak kulit manggis yang banyak dijual di pasaran ataupun dengan dibuat jus dengan menambahkan air dan meminumnya secara rutin.

2. Buah Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang kaya dengan kandungan flavonoid. Flavonoid aaddalah anti-oksidan penting yang berperan dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh yang sehat. Buah ini bisa dikonsumsi dengan dibuat minuman dari air perasannya. Lebih enak tambahkan sedikit madu.

BACA JUGA:  7 Manfaat Luar Biasa dari Rutin Mengonsumsi Labu Kuning

3. Buah Apel

Buah apel dikenal kaya dengan pektinnya, yaitu jenis serat larut air yang diketahui cukup ampuh dalam menurunkan kolesterol. Buah ini juga kaya vitamin dan antioksidan polifenol untuk mengatasi peradangan. Namun pectin banyak terdapat dalam bagian kulit buah apel. Karena itu saat mengkonsumsi buah ini sebaiknya kulitnnya jangan dikupas tapi langsung dimakan.

4. Buah Anggur

Buah yang sangat popular ini juga dikenal kaya dengan kandungan flavonoid, piceatannol, dan resveratrol yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Buah ini juga mengandung fitonutrien sebagai zat anti mikroba. Buah ini enak dimakan langsung ataupun dibuat jus. Konsumsi secara rutin baik untuk mengendalikan dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Buah Jambu Merah

Buah yang kaya air dan serat ini juga diketahui kaya dengan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, fitonutrein, dan lainnya. Buah ini juga ennak dimakan langsung ataupun dibuat jus. Lakukan secara rutin untuk hasil yang efektif.

6. Buah Alpukat

Alpukat juga popular sebagai penangkal kolesterol jahat. Buah ini kaya dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Buah ini juga dikenal kaya dengan kandunggan vitamin, glutathione, dan mineral penting lainnya yang berguna untuk menstabilkan kadar gula darah, sebagai antioksidan, maupun menurunkan kolesterol dalam tubuh.

BACA JUGA:  9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Menghabiskan Banyak Biaya

7. Buah Pepaya

Buah yang popular sebagai makanan penutup ini diketahui kaya dengan vitamin C, vitamin E, likopen, dan nutrisi penting lainnya. Selain bermanfaat sebagai antioksidan, buah ini juga cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat. Kandungan enzim papaya yang bernama paraxonase juga berperan penting dalam menghalangi proses oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah sehingga bisa menceggah terjadinya penyakit jantung akibat kolesterol.

8. Buah Pir

Buah pir juga dikenal kaya serat alami yang bernama pectin. Bahkan serat dalam pir jauh lebih tinggi dibandingkan pada buah apel. Tak kurang dari 16% kebutuhan serat harian Anda bisa tercukupi dari satu buah pir. Pektin dalam buah ini berperan dalam mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh.

Itulah 8 pilihan buah untuk menurunkan kolesterol yang ampuh dan sangat direkomendasikan untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here