10 Ide Furnitur Upcycled untuk Ruang Tamu

0
26
10 Ide Furnitur Upcycled untuk Ruang Tamu
10 Ide Furnitur Upcycled untuk Ruang Tamu

Apakah ruang tamu Anda butuh penyegaran? Iya, kadang kalanya ruang tamu kita memang membutuhkan sentuhan baru untuk menghindari kesan monoton dan membosankan. Tapi, daripada membeli furnitur baru yang justru akan membutuhkan biaya banyak, Anda dapat mengubah furnitur lama untuk mendapatkan yang baru, dengan 10 ide upcycled untuk ruang tamu berikut. Jadi selain menghemat biaya, Anda pun dapat memanfaatkan waktu luang Anda untuk berkreasi. Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.

10. Laci Berubah Menjadi Meja Samping

Laci Berubah Menjadi Meja Samping
Laci Berubah Menjadi Meja Samping

Apa yang akan Anda lakukan pada laci lama dengan ukuran ekstra besar yang mulai usang dimakan zaman? Sebelum Anda mempertimbangkan untuk meletakkannya di gudang atau tempat sampah, cobalah untuk mengubahnya menjadi meja samping. Anda hanya perlu 2 laci besar, 8 kaki furnitur kecil, dan beberapa potongan kayu. Hal pertama yang akan Anda lakukan adalan letakkan bagian depan laci yang disertai pegangannya menjadi sisi atas dan sisi lainnya menjadi bagian bawah. Jika Anda tidak suka dengan pegangannya, silakan dilepaskan. Lalu, pasang empat kaki ke setiap laci dengan sekrup atau paku. Kemudian, pasang kayu bekas di tengah laci dengan lem kayu untuk membentuk rak. Sebagai langkah terakhir, catlah meja sesuai dengan warna yang Anda inginkan.

9. Rak dari Peti Kayu

Rak Dari Peti Kayu
Rak Dari Peti Kayu

Peti kayu atau krat memang seperti kotak-kotak bekas yang tidak ada fungsinya. Tapi, dengan beberapa bahan dan sedikit kreativitas, Anda bisa mengubahnya menjadi rak untuk ruang tamu Anda, seperti gambar ini. Beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk membuat rak peti kayu adalah 6 hingga 8 peti kayu dengan ukuran yang sama, beberapa papan pinus, sekrup kayu dengan mata bor yang sesuai.
Untuk membuat rak peti kayu yang cantik ini, Anda cukup menyusun krat model persegi panjang. Lalu, pasangkan pada papan dibelakang peti, sehingga rak dapat tersusun lebih rapi. Kemudian, kencangkan susunannya dengan sekrup menggunakan bor yang sesuai dengan ukurannya. Sebelum memasang hiasan di dalam rak, Anda dapat mengecatnya terlebih dahulu, atau cukup mengampelas dan memberikan warna kayu pada rak. Setelah itu, letakkan rak di ruang tamu Anda dan aturlah buku, guci, foto, ataupun barang-barang hiasan lainnya untuk membuat kesan baru di ruang tamu Anda.

BACA JUGA:  Wisata Hiking di Gunung Takao Kota Tokyo

8. Ruang Kerja Pojok

Ruang Kerja Pojok
Ruang Kerja Pojok

Melanjutkan pekerjaan di rumah memang lebih baik daripada lembur di tempat kerja Anda sendiri. Lalu jika ada ruang longgar di ruang tamu rumah Anda, Anda dapat mengadopsi gagasan ruang kerja sudut ini. Untuk menerapkan desain praktis ini, Anda membutuhkan bangku piknik. Lalu lipat menjadi dua, fungsikan sebagai meja dan kursi. Kemudian, catlah untuk mendapatkan tampilan baru. Setelah kering, pasanglah di sudut dinding ruang tamu Anda.

7. Laci Ottoman

Laci Ottoman
Laci Ottoman

Jika Anda memiliki laci tua, cobalah mengubahnya menjadi laci ottoman. Ini adalah furnitur cerdas untuk menjaga ruang tamu Anda tetap rapi sekaligus berfungsi menjadi kursi tambahan yang cantik. Di sinilah Anda akan menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan laci tua sebagai bahan utama, papan MDF, 4 kaki meja, busa, dan kain.
Untuk membuat laci ottoman ini, mulailah dari memotong papan MDF dengan ukuran yang sesuai dengan bagian atas laci. Lalu siapkan busa yang juga seukuran dengan papan tersebut. Kemudian, tutupi busa dan papan dengan kain menggunakan staples gun. Untuk menghindari Anda tergelincir saat duduk di atas laci, pasanglah papan berbentuk persegi atau seukuran laci, tepat dibawah papan kain, dengan paku. Pastikan panjang dan posisinya tepat sehingga pas dan aman. Terakhir, pasangkan kaki ke setiap tepi di bagian bawah laci dengan kuat.

6. Ottoman dengan Penyimpanan Ekstra

Ottoman Dengan Penyimpanan Ekstra
Ottoman Dengan Penyimpanan Ekstra

Sedikit berbeda dari ide sebelumnya, kini Anda dapat memanfaatkan peti kayu sebagai tempat penyimpanan ekstra. Anda hanya perlu 4 krat kayu, sekrup kayu 1,25”, 4 roda kastor, dan bantal. Kemudian, untuk membuat ottoman ini mulailah dengan mengampelas peti kayu untuk mendapatkan permukaan yang halus kemudian catlah dengan warna yang senada dengan ruang tamu Anda. Setelah kering, sunsunlah krat dengan krat terbuka menghadap ke luar. Pastikan ujung-ujung peti saling rata. Lalu satukan susunan tersebut menggunakan sekrup.
Setelah meja persegi terbalik siap, pasanglah bingkai kayu. Pastikan bingkai tersebut rata dengan setiap sudut meja. Setelah itu gunakan sekrup untuk menyatukannya dengan aman. Yang terakhir, pasanglah bantal di bagian atas agar dapat dimanfaatkan sebagai kursi tambahan yang nyaman.

BACA JUGA:  10 Trik Tempat Penyimpanan Fungsional untuk Dapur Kecil

5. Meja Kopi Model Bagasi

Meja Kopi Model Bagasi
Meja Kopi Model Bagasi

Anda mungkin menganggap tempat penyimpanan kotak lama Anda sudah tidak bagus lagi. Tapi, dengan gagasan ini, Anda dapat membuatnya makin berguna. Dengan kotak atau bagasi lama Anda, 4 roda kastor besar, sekrup kayu, dan sedikit usaha, Anda akan mendapatkan meja kopi klasik dengan penyimpanan besar ini. Proses pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, catlah dengan warna yang Anda suka. Setelah kering, balikkan posisi kotak. Kemudian, pasang roda kastor di tiap sudutnya dengan sekrup. Akhirnya, meja kopi bagasi baru ini pun dapat mengubah suasana di ruang tamu Anda.

4. Kursi Kayu dari Peti Kayu

Kursi Kayu Dari Peti Kayu
Kursi Kayu Dari Peti Kayu

Daripada membuang peti-peti kayu, mengapa Anda tidak mencoba mengubahnya menjadi kursi kayu seperti ini? Mari kita ubah peti kayu itu menjadi furnitur baru di ruang tamu Anda. Pertama-tama, siapkan beberapa peti kayu dan paku, lalu ampelas peti itu agar permukaannya halus. Selanjutnya, catlah dengan warna yang sesuai dengan keinginan Anda atau Anda tetap mempertahankan keaslian dari warna kayu peti itu, kemudian keringkan. Setelah kering, susunlah peti kayu satu sama lain dengan menghadapkan bagian peti yang terbuka di bagian bawah, seperti di gambar. Lalu pakulah tiap susunannya agar kuat dan aman. Setelah itu, furnitur baru ini pun dapat menjadi tempat duduk baru untuk menerima tamu-tamu Anda.

3. Meja Kopi dari Kayu Barel

Meja Kopi Dari Kayu Barel
Meja Kopi Dari Kayu Barel

Apakah Anda menginginkan sesuatu yang mengesankan di ruang tamu Anda? Jika iya, Anda patut mempertimbangkan ide meja kopi dari tong ini. Untuk membuat meja ini, Anda perlu menyiapkan tong kayu, papan, dan sekrup. Setelah itu mulailah membuat meja dari memotong satu tong kayu menjadi dua bagian, kemudian gunakan ampelas untuk menghaluskan permukaannya. Setelah itu, bersihkan dan catlah dengan warna yang Anda inginkan. Setelah cat kering, ukur lengkung dan buatlah papan menjadi kaki meja lengkung, seperti gambar. Lalu satukan tong yang sudah dicat dengan kaki meja menggunakan sekrup. Yang terakhir, buat penutup tong sebagai meja, dengan meletakkan beberapa potongan papan dengan sekrup. Anda dapat memasangkan engsel dan tutup, sehingga Anda dapat membuka bagian atas dan menggunakan tong sebagai tempat penyimpanan tambahan di ruang tamu Anda.

BACA JUGA:  10 Ide DIY, Makeover Kamar Mandi Modern Makin Terlihat Menawan

2. Meja Kopi dari Koper Tua

Meja Kopi Dari Koper Tua
Meja Kopi Dari Koper Tua

Ada banyak hal yang bisa Anda ubah menjadi meja kopi yang luar biasa. Salah satunya adalah koper kulit tua yang mungkin Anda miliki di gudang. Jadi, cukup keluarkan dan bersihkan koper dengan saksama, lalu Anda bisa meletakkannya di ruang tamu. Jika tidak cukup tinggi, buat struktur meja kecil yang terbuat dari kayu. Setelah itu susunlah koper di dalamnya dengan rapi. Dengan begitu, kini Anda memiliki meja kopi yang unik, seperti di gambar ini.

1. Partisi dari Vinyln

Partisi Dari Vinyln
Partisi Dari Vinyln

Jika Anda memiliki banyak vinyln yang tidak lagi digunakan, mari buatlah menjadi partisi untuk pemisah ruangan tamu Anda. Untuk membuat pembatas ruangan ini, Anda perlu mengukur ruang untuk menggantung vinyln dengan jumlah vinyln yang dibutuhkan. Lalu rangkailah vinyln menjadi partisi yang sangat unik ini. Caranya, buatlah lobang pada vinyln menggunakan bor kecil pada posisi jam 3, 6, 9, dan 12, kecuali yang untuk dipasang di bagian tepi dan bawah partisi, cukup beri tiga lobang saja. Setelah itu, hubungkan semua vinyln dengan cincin pengikat atau kawat ikat. Setelah selesai, pasang pengait gantung di langit-langit, tempat Anda akan menggantungkan partisi vinyln ini, lalu gantunglah karya Anda ini sebagai pembatas ruang tamu Anda yang memukau.

Itulah 10 ide furnitur ruang tamu yang sederhana dan murah karena terbuat dari perabot lama yang mungkin sudah usang dan dipandang sebelah mata. Sekarang Anda pun telah mendapat inspirasi untuk menggunakan kembali beberapa barang bekas di rumah Anda menjadi furnitur yang apik. Selain hemat, Anda juga dapat mengajak anggota keluarga Anda yang lain untuk berkreasi menciptakan sentuhan baru di ruang tamu Anda. Tentu sangat mengasyikkan, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here