10 Cara Cerdas Mengatur Laci Dapur Makin Rapi

0
26
10 Cara Cerdas Mengatur Laci Dapur
10 Cara Cerdas Mengatur Laci Dapur

Kebanyakan orang kurang menghargai dapur yang mereka gunakan setiap hari. Mungkin, Anda tahu beberapa ide cara mengatur dapur yang baik. Namun demikian, bagaimana cara mengatur ruang dapur yang berbeda untuk mempermudah kegiatan memasak Anda?
Pengaturan dapur yang baik bukan hanya tentang lengkapnya perabot dapur Anda. Tapi juga tentang upaya menciptakan sistem yang lebih baik agar Anda rileks dan senang ketika beraktivitas di dapur tercinta Anda. Tapi, salah satu bagian dapur yang rentan mengganggu kegiatan memasak Anda adalah laci dapur yang tidak rapi dan berantakan. Dan jika Anda belum memiliki referensi tepat mengatasi hal tersebut, berikut 10 cara cerdas mengatur laci dapur yang akan menciptakan perubahan yang luar biasa di dapur Anda.

10. Masukkan Pembagi Laci

Masukkan Pembagi Laci
Masukkan Pembagi Laci

Mari kita mulai dengan cara yang bagus untuk menjaga laci Anda tetap rapi. Anda dapat menambahkan sisipan atau pembagi laci ke dalamnya, seperti ini. Dengan begitu, Anda akan mudah menemukan sesuatu yang dibutuhkan dalam hitungan detik.
Caranya, Anda dapat menggunakan beberapa wadah plastik, lalu memanfaatkannya sebagai tempat mengatur barang-barang dapur Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuatnya sendiri dari kertas karton yang tebal. Lalu, buatlah kotak-kotak kecil menggunakan lem kertas dan penuhi laci Anda dengan kotak-kotak tersebut. Setelah itu, aturlah bahan-bahan masakan atau perlengkapan kecil memasak Anda di sana dengan rapi.

9. Peti Kayu Kecil

Peti Kayu Kecil
Peti Kayu Kecil

Ketika Anda memiliki laci yang cukup lebar dan dalam, ide pembatas laci ini tentu sangat cocok untuk Anda. Caranya, siapkan beberapa peti kayu, lalu ampelas dan bersihkan dengan kain. Pertimbangkan ukuran peti dengan cermat, sehingga tidak meninggalkan ruang yang tersisa di saat Anda menatanya di dalam laci. Jika Anda tidak dapat menemukan peti bekas, Anda dapat membuatnya dari papan kayu, potong papan dengan ukuran yang Anda inginkan, dan buatlah kotak persegi dari potongan kayu papan tersebut hingga mencukupi ukuran laci Anda. Mudah, bukan?

8. Atur dengan Wadah Plastik

Wadah Plastik Praktis
Wadah Plastik Praktis

Memiliki makanan dalam beberapa wadah tertutup tentu sangat higienis, bebas dari debu dan juga semut. Anda pun bisa mendapatkan wadah semacam ini di toko terdekat atau toko online. Meskipun demikian, Anda perlu memperhitungkan ukurannya agar cocok dengan laci dapur Anda.
Selain wadah-wadah itu, kemungkinan besar masih saja ada ruang sisa di dalam laci. Jadi Anda perlu menggunakan pipa kecil tambahan untuk melindunginya agar tidak jatuh. Untuk membuatnya, siapkan pipa kecil aluminium, siku konektor plastik, dan lem yang kuat. Setelah itu, potong pipa dengan ukuran yang sesuai, rakit dan hubungkan antarpotongan dengan siku konektor, dan tempelkan ke sisi laci dengan lem yang kuat. Sekarang, wadah-wadah Anda pun tidak goyang dan makin aman berada di sana.

BACA JUGA:  Museum Rokok Bersejarah House of Sampoerna Surabaya
Wadah Plastik Praktis B
Wadah Plastik Praktis B

7. Pemegang CD untuk Mengatur Tutup Wadah

Pemegang CD Untuk Mengatur Tutup Wadah
Pemegang CD Untuk Mengatur Tutup Wadah

Waktu berlalu, teknologi pun telah berkembang pesat. Kini kita tidak lagi menyimpan film dan lagu favorit dalam CD. Tapi, jika Anda memiliki CD bekas di rumah dan tidak menggunakannya lagi, mari manfaatkan barang tersebut sebagai tempat untuk mengatur tutup wadah dan piring, seperti di gambar. Anda hanya perlu memberisihkan CD kemudian menatanya hingga membentuk tempat pengering yang fungsional.

6. Gunakan Dowel Kayu

Gunakan Dowel Kayu
Gunakan Dowel Kayu

Tutup panci dan penggorengan adalah perabot yang sering memenuhi laci dapur dan cenderung berantakan. Untuk menghindari permasalahan tersebut, pasanglah beberapa pasak kayu di laci, kemudian tatalah perabot Anda dengan rapi. Jika ingin tampilan yang berbeda, Anda dapat mengecatnya terlebih dahulu dengan warna favorit Anda.

5. Organizer Bumbu IKEA

Organizer Bumbu IKEA
Organizer Bumbu IKEA

Untuk mempermudah Anda ketika memasak, storage dan stoples rempah-rempah dari IKEA ini tentu sangat cocok untuk Anda. Tampilan yang bagus, sederhana, dan mudah digunakan, tentu akan membuat kegiatan memasak Anda menjadi menyenangkan. Selain itu, tempat bumbu ini juga mudah dibersihkan, yaitu cukup gunakan kain lembab untuk membersihkan wadah ini, lalu keringkan di ruang terbuka. Tapi untuk mendapatnya, Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu antara ukuran dan harga yang ditawarkan. Jika Anda merasa cocok, tidak ada salahnya membeli dan buatlah laci dapur Anda makin praktis.

BACA JUGA:  10 Tempat Kuliner Terbaik Yang Ada di G Walk Citraland Surabaya

4. Penyimpanan Pisau yang Aman

Penyimpanan Pisau Yang Aman A
Penyimpanan Pisau yang Aman

Pisau adalah salah satu benda tajam yang dapat mendatangkan bahaya, apalagi untuk anak Anda di rumah. Jadi, Anda perlu meletakkan pisau di tempat yang aman. Caranya, ambil papan kayu lapis dan potong berdasarkan ukuran laci Anda. Lalu aturlah hingga memenuhi setengah dari laci tersebut. Pastikan Anda menempatkan papan yang cukup agar tetap rapat. Setelah itu, selipkan mata pisau pada tiap papan, seperti pada gambar. Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak pengaman agar tidak dapat dijangkau oleh anak-anak Anda, cukup kunci laci setelah Anda menggunakannya.

Penyimpanan Pisau Yang Aman B
Penyimpanan Pisau yang Aman

3. Laci Pegboard

Laci Pegboard
Laci Pegboard

Untuk membuat laci dengan model yang satu ini, Anda membutuhkan pegboard dengan 1/4 lubang, 1/4 dowel kayu berdiameter, 3/4 kayu untuk pembagi (plywood/kayu). Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut. Pertama, potong pegboard agar sesuai dengan ukuran bagian dalam laci. Setelah pas, bor lubang di satu sisi. Kemudian, letakkan potongan 1/4 di sebelah pegboard. Selanjutnya, potong 1/4 alur di kayu pembagi. Kemudian, potong dowel kayu dengan panjang sekitar 3/4. Atur ke dalam pegboard dan tempelkan ke dalam alur pada pembagi laci. Setelah itu potong kayu pembagi dan masukkan potongan dowel ke dalam pegboard. Gunakan pembagi panjang untuk memisahkan laci menjadi dua, sedangkan setengahnya lagi untuk bit sekop dan satu untuk bit forstner.

2. Laci DIY untuk Piring

Laci DIY Untuk Piring
Laci DIY Untuk Piring

Setelah beberapa ide ringan untuk membuat laci dapur Anda rapi, bersiaplah untuk ide yang menantang berikut. Untuk membuatnya, siapkan ½” plywood grade kabinet dipotong ke dimensi laci, 7/8″ batang dowel dipotong hingga 6″-7″ panjang, 5/8 “batang dowel dipotong hingga 6” -7 “panjang (untuk piring), pegboard bagian yang akan digunakan sebagai templat, ukuran baut gantungan 8-32 × 1, ukuran 8-32 x 1/4mur, bor, ampelas, klem, sealer Polycrylic.
Mulailah dengan menempatkan panel menghadap ke atas di meja kerja Anda. Tempelkan pasak ke kayu lapis dengan kuat, ambil bor ukuran 3/16, lalu bor lubang melalui masing-masing pasak. Setelah selesai, lepaskan pegboard dan balikkan. Gunakan ampelas untuk menghaluskan beberapa tepi kecil yang bergerigi. Oleskan lapisan tipis poliakrilik ke sisi atas papan panel dan biarkan hingga benar-benar kering. Ampelas lapisan akhir untuk menghilangkan bagian yang kasar. Gunakan kotak mitra untuk menyiapkan pena (apa pun yang Anda pikir aman). Jaga agar bit dan ujung sekrup kayu dari baut gantung pada kedalaman yang sama, menggunakan selotip.
Dengan menggunakan bor 9/64, bor lubang ke tengah salah satu ujung pena. Pasang baut gantung ke dalam lubang. Masukkan mur T di sisi bawah panel sehingga Anda dapat memasang pasak di tempatnya. Masukkan panel di laci menghadap ke atas dan sekrup pasak ke dalam lubang di mana Anda menempatkan Kacang-T. Tambahkan piring Anda!
Tip: Alih-alih menggantung baut, gunakan pin dowel (sekrup sisi ganda). Sepertinya, ini adalah ide yang cukup rumit, jadi akan lebih baik jika Anda meminta bantuan seseorang yang ahli di bidang tersebut.

BACA JUGA:  10 Ide Taman Indoor yang Memesona
Laci DIY Untuk Piring B
Laci DIY Untuk Piring

1. Penyekat Laci DIY

Penyekat Laci DIY
Penyekat Laci DIY

Dengan sedikit kreativitas, Anda akan mudah menerapkan ide penyekat laci ini. Jadi, cukup siapkan beberapa papan kayu lapis, lem dan gergaji. Sama seperti ide lain, Anda perlu mengukur laci dan kedalamannya terlebih dahulu dengan cermat. Setelah itu, potonglah papan dengan hati-hati. Setelah itu, rekatkan dua potongan papan dengan menggunakan lem. Sedangkan untuk modelnya, Anda bisa menerapakan seperti pada gambar. Setelah itu, silakan letakkan penyekat laci hasil dari kreasi Anda ke dalam laci dan gunakan untuk mengatur bahan-bahan dapur Anda dengan lebih rapi. Cukup mudah, bukan?

Laci adalah tempat yang strategis untuk menyimpan barang-barang dapur Anda. Dan dengan menggunakan ide-ide tersebut di atas, laci dapur Anda akan terlihat lebih rapi dan bersih. Selain itu, memasak Anda juga jadi lebih mudah dan menyenangkan. Jadi, silakan transfer ide tersebut untuk mengubah dapur tercinta Anda agar lebih cantik dan menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here