Tips Kesehatan Mata yang Wajib Anda Tahu

0
292
Tips Kesehatan Mata
Tips Kesehatan Mata

SPESIAL.NET – Ada banyak sekali tips kesehatan mata yang bisa anda temukan di internet. Terlebih mata merupakan panca indra paling penting yang tentunya harus dijaga dengan baik. Mata, menurut sejumlah filosof, juga identik dengan proses pembentukan pandangan hidup seseorang terhadap keyakinannya.

Karena itu menjaga, memelihara, dan menggunakan mata dengan sebaik-baiknya dan semestinya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Seperti ungkapan bijak, lebih baik mencegah dibandingkan mengobati, begitu juga peliharalah mata anda dari pandangaan yang tidak semestinya sebelum berbalik menjadi petaka yang akan membutakan anda.

3 Tips Kesehatan Mata yang Paling Mendasar

Salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memeriksakan mata secara rutin. Hal ini penting untuk mengantisipasi dan mencegah jika ada gangguan yang bisa menyebabkan penyakit mata. Terlebih jika usia anda sudah makin beranjak tua, maka frekuensi pemeriksaan mata juga perlu dilakukan dengan lebih sering.

Berikut ini 3 tips kesehatan mata paling mendasar yang wajib anda tahu.

1. Makan Makanan untuk Mata

Seperti halnya bagian tubuh lainnya, mata juga membutuhkan asupan nutrisi untuk mendukung optimalisasi fungsi pandangan mata. Karena itu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang banyak mengandung vitamin A sangatlah penting.

Begitu juga dengan vitamin C dan E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3 juga diperlukan untuk mencegah dan mengatasi gangguan mata terkait usia, seperti degenerasi macula ataupun katarak.

BACA JUGA:  Inilah Beberapa Alasan Mengapa Tidur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Sumber utama vitamin A dan nutrisi penting untuk mata bisa anda peroleh dari buah dan sayuran berwarna, seperti wortel, jeruk, tomat, kacang-kacangan, sayuran hijau, salmon, tuna, dan telur. Rajin mengkonsumsi makanan ini akan bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata.

2. Gunakan Proteksi Mata

Banyak jenis pekerjaan saat ini yang menuntut kita berhubungan dengan alat elektronik, seperti laptop, komputer, hingga smartphone. Menatap berbagai peralatan elektronik secara terus menerus dan dalam waktu lama bisa membuat mata lelah dan menyebabkan sejumlah penyakit.

Mata terasa kering, pandangan kabur, mata berair, hingga sakit kepala atau nyeri pada leher merupakan gejala yang sering timbul akibat paparan sinar ultraviolet dari alat elektronik pada mata. Salah satu trik paling mudah untuk mencegahnya adalah dengan kerap mengalihkan pandangan mata ke arah lain setiap 15 atau 20 menit. Anda juga perlu bangkit dari tempat duduk dan sekedar menggerakkan badan untuk melemaskan otot tubuh.

Selain itu anda bisa menggunakan proteksi terhadap paparan sinar ultraviolet dari peralatan elektronik dengan menggunakan kaca mata agak gelap atau computer screen. Anda juga bisa meredupkan cahaya computer atau laptop agar tidak silau.

3. Kenakan Kacamata saat Berkendara

Jika anda sering melakukan perjalanan dengan motor atau mobil terbuka, sebaiknya kenakan kaca mata. Terlebih jika anda bepergiaan saat petang atau malam dimana banyak binatang kecil yang beterbangan di udara.

BACA JUGA:  7 Manfaat Buah Bit, Meningkatkan Stamina Hingga Menurunkan Berat Badan

Jika mata anda terkena aatau dimasuki binatang kecil yang menyebabkan mata merah daa membengkak, ada beberapa tips yang efektif untuk mengatasinya.

  • Cobalah untuk mengarahkan mata yang sakit ke arah matahari pagi. Lakukan hal ini beberapa menit saja saat matahari terbit hingga sekitar pukul 07.00 pagi. Biarkan sinar matahari merayapi mata anda yang sakit dan andapun akan merasakan nyeri karena reaksi ini. Setelah itu teteskaan obat mata agar mata terasa adem. Dalam beberapa jam biasanya mata akan segera membaik.
  • Rendam mata yang sakit dengan merkurochrom sebagai tindakan pertama saat mata membengkak. Setelah teteskan obat mata untuk menyembuhkannya. Jika kondisi tidak cepat membaik, segera periksakan ke dokter mata.

Itulah beberapa tips kesehatan mata yang wajib anda tahu yang semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here