10 Ide Tempat Penyimpanan DIY untuk Dapur dan Ruang Makan yang Terbatas

0
25
10 Ide Tempat Penyimpanan DIY untuk Dapur dan Ruang Makan yang Terbatas
10 Ide Tempat Penyimpanan DIY untuk Dapur dan Ruang Makan yang Terbatas

Dapur dan ruang makan merupakan salah satu ruang yang hangat dan penuh kebersamanaan bersama keluarga. Banyak di antara kita yang melakukan aktivitas memasak bersama, kemudian menikmati hidangannya dengan anggota keluarga yang lain. Sungguh pemandangan yang akan selalu dirindukan.
Kegiatan memasak dan menyajikan makanan akan terasa leluasa jika didukung dengan ruangan yang kondusif pula. Tapi pada kenyataannya, tidak semua dari Anda memiliki ruangan yang seperti itu. Akhirnya, Anda harus bertahan dengan kondisi ruangan yang sempit. Meski sering muncul rasa bosan dan jenuh, tapi Anda harus menerimanya. Akan tetapi, ruangan yang tidak mengenakkan itu, kini dapat Anda ubah dengan gagasan berikut. Selain membantu dapur Anda lebih rapi, 10 ide DIY untuk dapur dan ruang makan terbatas ini, akan menjadi solusi tepat demi terciptanya ruangan yang Anda harapkan.

10. Gunakan Rak Kawat Cerdas untuk Memperluas Ruang Penyimpanan

Gunakan Rak Kawat Cerdas Untuk Memperluas Ruang Penyimpanan
Gunakan Rak Kawat Cerdas Untuk Memperluas Ruang Penyimpanan

Rak kawat cerdas ini berbeda dari rak pada umumnya. Dan Anda dapat membuatnya dengan kreativitas dan beberapa alat pendukung lainnya, antara lain: selotip, besi, lem, cat, dan, kawat. Setelah itu, ukurlah kedalaman kabinet, lalu potong kawat sesuai dengan hasil pengukurannya. Kemudian, pasangkan ke besi yang sudah Anda bentuk seperti tempat setrika mini. Untuk mempercantik tampilannya, catlah dengan warna putih, atau Anda dapat menyinkronkannya dengan warna kabinet.
Dengan menerapkan rak kawat itu, Anda memiliki ruang penyimpanan di dalam kabinet tanpa mengubah ruangan yang ada. Jadi, ide ini akan memberi lebih banyak tempat untuk menyimpan peralatan makan Anda terlihat lebih rapi.

9. Memanfaatkan Fleksibilitas Pegboards

Manfaatkan Fleksibilitas Pegboards
Manfaatkan Fleksibilitas Pegboards

Ide berikut sangat tepat jika diterapkan di dapur sempit Anda yang tidak menyediakan lemari atau kabinet. Maka, Anda dapat menggunakan papan pegboard seperti ini. Selain praktis, papan ini juga akan menambah seni di dinding dapur Anda. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan pegboard, gergaji, bor, alat pengukur, dan beberapa sekrup kayu.
Setelah semua peralatan sudah tersedia, ukurlah lebar dinding yang akan Anda pasangi dengan pegboard. Setelah itu, pasanglah pegboard di dinding dengan mengebor di tiap sudutnya, lalu pasang sekrup dengan kuat. Selanjutnya, Anda dapat memasangkan beberapa pengait untuk menggantung perlengkapan dapur Anda. Kini kegiatan memasak Anda dapat lebih menyenangkan karena Anda mudah menemukan berbagai keperluan di papan pegboard tersebut. Praktis, bukan?

BACA JUGA:  Wisata ke Jepang: Belajar Membuat Bonsai, Kaligrafi Jepang dan Replika Makanan

8. Sembunyikan Gelas Ukur

Sembunyikan Gelas Ukur
Sembunyikan Gelas Ukur

Ketika Anda sangat tertarik dengan akurasi, ide ini tentu patut untuk Anda terapkan. Dengan menggunakan cara ini, Anda akan mudah menemukan gelas ukur yang akan Anda gunakan.
Sebelumnya, Anda perlu memutuskan apakah akan menggunakan pintu lemari dapur, seperti ini atau akan membuat media atau papan yang lain? Jika Anda memilih opsi yang kedua, siapkan kertas hitam, alat ukur, gunting, spidol putih (atau kapur tulis) dan sekrup. Setelah itu, potong kertas sesuai dengan papan. Kemudian, dengan spidol putih atau kapur tulis, tuliskan ukuran gelas ukur bersama dengan konversi, dan gambarlah posisi sekrup di atas kertas. Pertimbangkan jumlah cangkirnya. Setelah selesai, pasang kertas di papan dengan hati-hati. Selanjutnya, bor dan sekrup di atasnya. Jika memiliki plat alumunium, Anda juga dapat menggunakannya untuk memperkuat kertas, sebelum mengebor dan memasang sekrup. Ide ini juga bisa Anda terapkan di pintu lemari dapur Anda.

7. Buat Rak di Atas Jendela

Buat Rak Di Atas Jendela
Buat Rak Di Atas Jendela

Anda harus pintar untuk mengeksploitasi setiap celah ruang di dapur terbatas Anda, termasuk ruang di atas jendela. Daripada kosong, pasanglah rak terbuka untuk membuatnya lebih efektif. Anda hanya membutuhkan papan, gergaji, alat pengukur, sekrup, cat dan beberapa kayu berbentuk L yang tepat. Setelah itu rangkailah hingga membentuk rak gantung yang menarik untuk barang-barang dekoratif Anda.
Cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama, ukurlah ruang di atas jendela, lalu jumlah papan yang dibutuhkan dan potong papan sesuai dengan kebutuhan untuk membuat rak. Selanjutnya, dengan menggunakan sekrup kayu, pasang kayu berbentuk L dan letakkan papan di atasnya. Sebagai sentuhan akhir, Anda bisa mengecatnya dengan warna putih atau warna lain yang senda dengan dapur dan ruang makan Anda.

6. Cart Espresso Bergaya

Cart Espresso Bergaya
Cart Espresso Bergaya

Dengan sentuhan lembut, Anda dapat mengubah gerobak dapur kayu tua menjadi ruang penyimpanan yang berguna untuk mesin espresso baru Anda. Pertama, siapkan gerobak kayu dan lepaskan perlengkapan yang tidak dibutuhkan. Selanjutnya, cat gerobak dan tambahkan lapisan poliuretan untuk melindunginya. Itu tidak wajib, tapi kami yakin Anda ingin catnya tahan lama, bukan? Dan untuk sentuhan terakhir, Anda dapat menambahkan beberapa roda kastor baru dan sedikit penahan untuk mengamankannya.

BACA JUGA:  10 Ide Desain Impian Kamar Tidur untuk Anak

5. Meja Makan Lipat Wall Mounted

Meja Makan Lipat Wall Mounted
Meja Makan Lipat Wall Mounted

Meja lipat ini akan membuat ruangan Anda lebih fleksibel. Untuk membuatnya, siapkan papan kayu, braket yang dapat ditarik, tongkat, pita pengukur, pensil, gergaji bundar, jangkar dinding, alat pengaturan jangkar dinding, pengemudi bor dan sekrup.
Setelah perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat meja ini sudah siap, saatnya Anda berkreasi. Pertama, potong kayu papan sesuai dengan ukuran yang telah Anda putuskan. Selanjutnya, ukur ketinggian meja dan pasang braket ke dinding dengan hati-hati dan dapatkan hasil seimbang. Langkah terakhir, pasang meja makan ke braket dengan sekrup. Sebelum di pasang, Anda juga dapat mengecat dan mengeringkannya terlebih dahulu, jika ingin mendapatkan kesan fresh di ruang makan Anda.

4. Gunakan Kembali Tangga Tua

Gunakan Kembali Tangga Tua
Gunakan Kembali Tangga Tua

Tangga tua yang cukup kuat dan terhindar dari rayap, akan sangat sempurna untuk menerapkan ide ini. Anda cukup memasangnya di langit-langit dapur Anda. Tapi, jika Anda akan membuatnya dari awal, itupun tidak jadi masalah. Pertama, ukur panjang dan lebar ruang yang akan Anda pasangi rak ini. Setelah itu, siapkan bor, sekrup kayu 3 inci, rantai panjang, kait sekrup, cat, dan kayu, 2 sebagai pegangan tangga dan 4 sebagai anak tangga, sesuaikan ukurannya dengan yang Anda butuhkan. Setelah itu, aturlah 2 kayu ke dalam bentuk persegi (persegi panjang). Lalu, ukur lebar bingkai (dari dalam ke dalam) dan tatalah 4 kayu anak tangga di sana. Setelah itu, gabungkan kayu-kayu tersebut dengan bor dan sekrup untuk mendapatkan tangga yang kuat. Kemudian, catlah dengan warna yang Anda inginkan, lalu keringkan. Sekarang, pasang pengait yang kuat di langit-langit ruangan, bor lalu sekrup, tambahkan rantai, dan gantungkan tangga yang sudah Anda buat sebelumnya. Pastikan bawah rak tersebut terpasang dengan kuat dan aman. Kemudian, Anda dapat menambahkan gantungan S untuk menautkan perabot dapur Anda.

3. Rak Cola Crate untuk Rempah-rempah

BACA JUGA:  10 Ide DIY, Makeover Kamar Mandi Modern Makin Terlihat Menawan
Rak Cola Crate Untuk Rempah Rempah
Rak Cola Crate Untuk Rempah Rempah

Ini adalah jawaban sempurna untuk rempah-rempah di dapur Anda yang sering kali berantakan. Apalagi saat Anda memasak, akan sangat menjengkelkan kalau Anda tidak menemukan bumbu yang dibutuhkan. Itu artinya, Anda membutuhkan rak bumbu besar.
Daripada membeli rak besar, Anda dapat memanfaatkan peti cola untuk memenuhi kebutuhan Anda. Anda dapat membeli peti ini di pasar loak terdekat. Pastikan peti tersebut masih cukup kuat. Setelah Anda mendapatkannya, cukup bersihkan dari semua debu dan kotoran yang menempel. Untuk menggantungnya, bor di beberapa gantungan gambar ekstra besar dan kaitkan pada strip logam di bagian belakang. Setelah itu, buatlah penyekat peti dari kayu atau kertas karton. Susun dan aturlah penyekat tersebut, sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, aturlah tempat bumbu-bumbu Anda dengan kondisi tertutup rapat, ke dalam rak coa tersebut. Akhirnya, rempah-rempah untuk kebutuhan memasak Anda, kini tidak berantakan lagi.

2. Gunakan Pintu Kulkas sebagai Rak Bumbu

Gunakan Pintu Kulkas Sebagai Rak Bumbu
Gunakan Pintu Kulkas Sebagai Rak Bumbu

Ini benar-benar nyata! Mungkin, ini adalah cara paling mudah untuk menyimpan rempah-rempah Anda. Akan sangat berguna jika Anda dapat melihat, memilih, menjangkau, dan menggunakan salah satu kaleng rempah-rempah Anda dalam hitungan detik. Dapatkan kaleng magnetik yang indah ini dan pasang di lemari es atau benda logam lainnya. Satu hal lagi, jangan lupa memberi label, untuk membuatnya lebih efektif dan efisien.

1. Ide Stoples Mason Jars

Ide Stoples Mason Jars
Ide Stoples Mason Jars

Bosan dengan wadah usang untuk tempat sendok, garpu, dan pisau yang ada di dapur atau ruang makan Anda? Gunakan stoples dan taruh di meja dapur untuk menggantikan yang lama, seperti pada gambar di atas. Anda juga tidak perlu melukisnya. Jadi, cukup isi stoples dengan beras untuk mengelabui goresan yang mungkin ada di sana.

Dengan 10 ide tempat penyimpanan DIY di atas, keinginan Anda untuk membuat dapur dan ruang makan lebih nyaman pun, kini akan menjadi kenyataan. Kegiatan memasak jadi makin ringan dan hasilnya juga dapat Anda sajikan di ruangan yang lebih bersih. Tunggu apa lagi, mari Do It Yourself ide yang mudah untuk membuat ruangan Anda terlihat lebih sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here