Waspadai 6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Mengkhawatirkan

0
152
Ciri Ciri Penyakit Jantung
Ciri Ciri Penyakit Jantung

SPESIAL.NET – Bukanlah hal yang mudah untuk mengenali ciri-ciri penyakit jantung. Selain karena ada banyak faktor yang ikut mempengaruhi, sebuh gejala yang muncul tidak selalu berhubungan dengan adanya kelainan pada jantung. Namun kewaspadaan tetaplah diperlukan agar penanganannya bisa cepat dilakukan dan tidak terjadi serangan mendadak.

Seperti diketahui, penyakit jantung masih menduduki urutan pertama sebagai penyakit yang paling mematikan di dunia. Namun penyakit ini bisa ditangani jika diketahui sejak dini. Sayangnya, banyak kasus yang terjadi justru sebaliknya, mereka datang ke dokter saat kondisi penyakitnya sudah demikian parah sehingga penanganannya menjadi sulit.

Anggapan yang Salah tentang Penyakit Jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah timbunan kolesterol dan lemak dalam tubuh. Kondisi ini terbentuk akibat gaya hidup tidak sehat yang berlangsung terus menerus. Namun pemahaman umum terhadap penyakit ini masih sering salah kaprah. Seperti sejumlah pemahaman yang tidak tepat tentang penyakit jantung berikut ini.

  1. Tak sedikit anggapan yang menyebutkan bahwa hanya dialami oleh orang yang mengalami obesitas atau kegemukan. Anggapan ini tentu saja tidak tepat karena siapapun bisa terkena penyakit mematikan ini, terutama jika menjalani gaya hidup yang tidak sehat.
  2. Ada juga anggapan bahwa orang muda ataupun anak-anak tidak akan terkena penyakit jantung. Anggapan ini terbantahkan dengan sejumlah kasus jantung yang justru dialami penderita yang masih remaja. Orang dengan usia di atas 45 tahun ataupun wanita pasca menopause lebih berisiko terkena penyakit jantung. Namun siapapun bisa terkena penyakit ini.
  3. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa wanita lebih aman terhadap risiko penyakit jantung dibandingkan laki-laki. Memang benar lebih banyak kasus jantung dialami pria dibandingkan perempuan. Namun tak sedikit juga kasus serangan jantung pada wanita justru lebih mengkhawatirkan.
BACA JUGA:  Tips Memilih Cemilan Diet yang Murah Meriah dan Mengenyangkan

6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Paling Sering Terjadi

Mengenali gejala awal dan ciri-ciri penyakit jantung merupakan tindakan yang lebih baik agar penanganannya lebih efektif. Berikut ini sejumlah ciri-ciri atau tanda dari penyakit memeatikan ini yang paling sering terjadi.

1. Nyeri di Bagian Dada

Nyeri di bagian dada merupakan ciri-ciri yang paling umum terjadi pada penderita jantung. Rasa nyeri ini timbul akibat terganggunya sirkulasi darah karena adanya penyumbatan arteri.

2. Mudah Lelah

Tubuh gampaang lemah meskipun tidak melakukan aktivitas berat juga perlu diwaspadai sebagai ciri penyakit jantung. Gejala yang mirip penderita anemia ini trutama terasa saat bangun tidur yang bukannya bugar melainkan justru merasakan lemah dan tidak bersemangat.

3. Pening dan Sakit Kepala

Sakit kepala, migrain, dan pening juga perlu diwaspadai sebagai gejala awal penyakit jantung meskipun bisa juga akibat faktor lain. Namun jika sakit ini makin terasa berat saat mata terpapar cahaya yang diikuti dengan denyut jantung yang makin cepat, maka ini mengarah pada cirri penyakit jantung. Kondisi ini terjadi akibat sirkulasi darah menggalami gangguan.

4. Sesak Napas

Sesak nafas ini terjadi karena adanya penebalan pada pembuluh darah. Gangguan inilah yang menyebabkan pasokan darah terganggu sehingga menimbulkan denyut jantung tidak teratur dan sulit bernafas.

5. Rasa Cemas

Perasaan cemas, ketakutan, ataupun tegang juga sering dialami orang yang menderita penyakit mematikan ini. Hal ini tak lepas dari terganggunya pasongan darah ke otak dan mengganggu bagian syaraf.

BACA JUGA:  Ingin Diet Tips Tanpa Lapar? Perhatikan Hal Ini!

6. Sering Berkeringat

Jika anda sering berkeringat tanpa ada aktivitas ataupun cuaca normal maupun malah sedang dingin, sebaiknya waspadalah. Apalagi jika anda sering berkeringat di bbagian telapak tangan. Karena itu segera periksakan ke dokter untuk memastikannya.

Demikianlah sejumlah ciri-ciri penyakit jantung yang sebaiknya anda tahu dan perlu diwaspadai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here