Cara Menurunkan Kolesterol yang Mudah, Murah, dan Alami

0
264
Cara Menurunkan Kolesterol
Cara Menurunkan Kolesterol

SPESIAL.NET – Banyak orang yang begitu phobia dengan kolesterol sehingga berusaha mencari cara menurunkan kolesterol dengan sekuat tenaga. Istilah kolesterol pun kemudian dianggap menjadi momok bagi munculnya berbagai penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Secara alami tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Kolesterol adalah sejenis lemak yang terdapat pada semua sel tubuh dan dibutuhkan untuk pembuatan hormone, asam empedu, ataupun vitamin D. Selain dari asupan makanan, tubuh juga memproduksi kolesterol meskipun sangat sedikit jumlahnya.

Dari makanan yang kita konsumsi inilah hati akan memprosesnya menjadi lemak kolesterol, khususnya dari makanan yang mengandung lemak trans maupun lemak jenuh. Hanya saja kolesterol dalam darah Anda akan meningkat menjadi tinggi jika kita mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan.

6 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Meskipun kolesterol dibutuhkan tubuh namun jika jumlahnya berlebihan maka bisa menganggu kesehatan. Bahkan tingginya kolesterol dalam darah dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan lainnnya.

Karena itulah cara terbaik untuk mengatasi masalah kolesterol adalah dengan membuat agar jumlahnya tidak melebihi dari batas normal. Di bawah ini beberapa cara menurunkan kolesterol yang bisa anda lakukan dengan mudah, murah, dan alami.

1. Memilih Makanan Sehat

Cara terbaik menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang rendah kolesterol. Hal ini penting karena tinggi rendahnya kadar HDL dan LDL dalam darah sangat dipengaruhi makanan yang anda konsumsi. Makanan dengan kandungan yang tinggi lemak jenuh atau lemak trans harus dihindari, seperti daging berlemak, jeroan, makanan gorengan atau berminyak, susu tinggi lemak, krim, mentega, dan lainnya.

BACA JUGA:  Trik Ampuh Cara Mencegah Bau Mulut dengan Cepat

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga merupakan langkah yang cukup efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Dengan gerakan tubuh ringan selama 12-20 menit saja yang dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore akan mampu menaikkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL dan trigliserida).

3. Hindari Stress dan Cukup Istirahat

Kondisi stress akibat tekanan atau ketegangan ternyata juga bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat dalam darah meningkat. Karena itu solusi terbaik untuk mengendalikan kolesterol adalah dengan mengatasi stress melalui aktivitas yang menyenangkan. Waktu tidur juga perlu diaaur agar tubuh tidak stress.

4. Lakukan Diet Menurunkan Berat Badan

Obesitas, kegemukan, atau berat badan berlebih umumnya memiliki kolesterol yang tinggi. Untuk itu diet menurunkan berat badan merupakan langkah alami yang cukup efektif untuk menurunkan kolesterol. Apalagi agar berhasil dalam diet ada banyak aktivitas positif yang mesti dilakukan, dari makan makanan sehat, berolahraga, dan kegiatan lainnya. Kabar, berat badan yang mampu diturunkan 5 kg saja ternyata bisa menekan dan menurunkan kadar kolesterol hingga 8 persen.

5. Hindari Alkohol dan Rokok

Kandungan nikotin dalam rokok maupun minuman beralkohol ternyata juga bisa menghancurkan kolesterol yang baik sehingga malah meningkatkan kolesterol yang jahat. Menjauhi danmenghidari dari kebbiasaan merokok maupun minum minuman keras bisa membantu mengendalikan kolesterol dalam tubuh.

BACA JUGA:  Kenali Penyebab Jantung Berdebar dan Tips Mengatasinya

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan sebagai cara menurunkan kolesterol yang mudah, murah, dan alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here