Upgrade Lemari dan Kabinet Bekas Makin Berkelas

0
64
Upgrade Lemari dan Kabinet Bekas Makin Berkelas
Upgrade Lemari dan Kabinet Bekas Makin Berkelas

Memperbarui interior rumah memang membutuhkan waktu, uang, dan energi. Tapi, daripada membuang-buang uang untuk membeli perabot baru, mengapa Anda tidak memberikan kreasi baru pada furnitur lama Anda? Ya, perabot kamar tidur yang diusang, seperti lemari dan kabinet, biasanya akan Anda letakkan di gudang. Namun sekarang, dengan sedikit kreativitas, Anda akan mengubahnya menjadi barang yang lebih berkualitas. Berikut 10 ide upcycled lemari pakaian dan kabinet kamar yang bisa Anda upgrade kembali.

10. Gagasan Ruang Baca ala Narnia

Gagasan Ruang Baca Ala Narnia
Gagasan Ruang Baca Ala Narnia

Lemari pakaian raksasa dapat diubah menjadi ruang baca untuk si kecil yang bisa Anda masukkan di ruang bermainnya. Mulailah dengan mengecat ulang lemari pakaian tersebut dan mengeluarkan lacinya untuk menciptakan ruang baru yang lebih lebar. Setelah itu, hiasilah bagian dalam lemari dengan wallpaper. Kemudian, tambahkan lampu gantung lentera, atau bangku dan bantal yang nyaman, seperti pada gambar di atas. Untuk membuatnya lebih aman, tambatkan lemari itu ke dinding menggunakan jangkar kit. Akhirnya, ide ini memungkinkan Anda untuk memiliki tempat baca rahasia yang terinspirasi oleh Narnia yang akan berubah menjadi unit lemari pakaian biasa setelah Anda menutup pintunya.

9. Ruang Kerja Tersembunyi

Ruang Kerja Tersembunyi
Ruang Kerja Tersembunyi

Jika lemari Anda sudah tidak digunakan lagi, mari mengubahnya menjadi sudut kantor rumah yang sederhana dan efisien untuk menambah nilai lebih pada rumah Anda. Pertama, tentukan kebutuhan Anda. Teliti dan klasifikasikan elemen-elemen dari kantor lemari dalam kategori seperti peralatan kantor, dekorasi dan desain, sehingga Anda dapat memilih kombinasi yang tepat untuk diterapkan di sana. Setelah itu, pilihlah meja yang terbuka penuh di bawahnya sehingga Anda dapat mendorong kursi kantor Anda setiap kali Anda tidak menggunakannya. Terakhir, Anda dapat menutup kantor sudut baru ini dengan tirai untuk membuatnya lebih keren.

8. Area Ruang Baca Unik

Ide Sudut Baca Mengambang
Area Ruang Baca Unik

Ide upcycled pada bagian ini sangat cocok untuk memaksimalkan ruang bermain kecil untuk anak-anak Anda. Silakan ubah lemari Anda menjadi sofa mengambang untuk anak-anak bersembunyi, bermain, dan membaca buku. Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan selembar papan kayu lapis tebal dengan potongan dan ukuran yang sesuai dengan ukuran lemari Anda. Setelah Anda menentukan ketinggian sofa mengambang Anda di lemari dan menandainya, pasang papan dengan bor dan sekrup, lalu kencangkan kayu lapis ke bingkai lemari. Selanjutnya, siapkan tangga dan pasangkan ke bingkai persegi panjang. Terakhir, cat dan hiasi sudut mengambang baru Anda dengan bantal, mainan, dan buku bacaan yang menarik.

BACA JUGA:  6 Daftar Hotel Bawah Laut Menakjubkan di Dunia

7. Dekorasi Ulang Kabinet dengan Tema Bahari dan Trim Baru

Dekorasi Ulang Kabinet Anda Dengan Tema Bahari Dan Trim Baru
Dekorasi Ulang Kabinet dengan Tema Bahari dan Trim Baru

Apakah Anda bosan dengan lemari kayu polos Anda? Mari desain dan cat ulang pintu lemari dengan tema bahari putih dan trim baru, seperti gambar. Pertama, pilih desain yang Anda inginkan untuk pintu lemari Anda. Kemudian lepaskan pintu dan laci lemari. Setelah itu, trimming kayu dan pasang ke pintu kabinet Anda dengan mengikuti desain yang sudah Anda tentukan. Kemudian cat putih pintu lemari Anda, setelah mengampelasnya terlebih dahulu. Setelah mengering, tambahkan sedikit sentuhan laut ke dalam lemari pakaian putih Anda dengan menempelkan wallpaper kerang laut. Sedangkan untuk pegangan, Anda dapat memilih pegangan tali pelaut untuk menyempurnakan tema pilihan Anda.

6. Pintu Kabinet IKEA

Pintu Kabinet IKEA
Pintu Kabinet IKEA

Kabinet dengan pintu kaca akan membuat semua barang Anda terlihat dan memudahkan Anda untuk menemukan barang yang diinginkan. Tetapi tidak semua orang menyukai model pintu kabinet seperti itu. Jika Anda adalah salah satunya, mari lakukan perubahan di sana.
Daripada membeli pintu baru atau melepas kaca, lebih baik tutupilah kaca dengan kain dari bagian dalam. Potong kain yang Anda inginkan dan staples di bagian dalam kabinet menggunakan staples gun. Kemudian, tarik kain dengan kuat, dan lipat di bagian tepinya. Dan lhatlah hasilnya!
Ide ini sangat mudah dilakukan. Selain itu, hadirnya motif kain di kabinet kaca Anda akan membuat lemari Anda makin indah. Sebagai alternatif selain kain, Anda juga dapat menggunakan wallpaper kertas atau yang memancarkan cahaya lebih semarak.

5. Ide Upcycling Door Corkboard

BACA JUGA:  11 Spot Wisata Yang Bisa Dinikmati di Pantai Ria Kenjeran
Ide Upcycling Door Corkboard A
Ide Upcycling Door Corkboard

Apakah Anda memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan di kamar, tetapi ruangan Anda sangat terbatas? Coba gunakan pintu lemari pakaian Anda sebagai solusi cerdas untuk ruangan yang terbatas. Anda hanya perlu memberikan perubahan sederhana dengan menambahkan papan pembuka pintu lemari. Pertama, Anda bisa mulai dengan mengecat putih lemari pakaian (opsional). Selanjutnya, pasang cermin ke satu sisi pintu sehingga Anda dapat memeriksa ulang tampilan Anda sebelum bepergian. Sedangkan untuk pintu lemari yang lain, tempelkan gulungan papan gabus ke pintu, setelah Anda mengkur dan memotongnya sesuai dengan ukuran pintu lemari. Terakhir, tambahkan beberapa pengait atau jepit di sana untuk menggantung aksesori, memo, atau karya spektakuler anak-anak Anda.

4. Ubah Cubby menjadi Kabinet Baru

Ubah Cubby Menjadi Ide Kabinet Baru
Ubah Cubby Menjadi Ide Kabinet Baru

Ide ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lemari pakaian yang rapi dari unit tunggal IKEA. Rak asli ini dilengkapi dengan 4 kubus dengan ukuran yang sama dan tanpa kaki.
Jadi sebagai langkah pertama, lepaskan salah satu papan horizontal sehingga rak terdiri dari satu rak panjang (kanan atau kiri, itu bergantung pilihan Anda). Lalu, di area yang sama, pasang tongkat kayu ekstra untuk mengakomodasi pakaian Anda dan gunakan dua rak lain untuk yang kebutuhan lainnya. Kemudian, tambahkan piring dukungan baru ke rak bawah. Setelah itu, sekrup empat unit kaki kayu di sana. Untuk menambah pintu baru, pasang engsel pintu seperti yang ditunjukkan pada gambar. Terakhir, pasang pegangan pintu sebelum Anda mengatur pintu baru ke kabinet dan tambahkan magnet untuk mekanisme penguncian kabinet baru Anda.

3. Munculkan Ide Lemari Pakaian Pine

Munculkan Ide Lemari Pakaian Pine B
Munculkan Ide Lemari Pakaian Pine

Mengurai pakaian pinus bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, Anda dapat mengubah fungsi dari lemari pakaian menjadi dapur untuk memfasilitasi peralatan dapur Anda. Anda juga dapat mengatur bahan memasak Anda di dalam beberapa rak, keranjang, dan rak bumbu yang dipasang di bagian dalam pintu Anda.

Munculkan Ide Lemari Pakaian Pine A
Munculkan Ide Lemari Pakaian Pine

Atau kedua, beri perubahan eksterior lemari Anda. Ini dapat dilakukan dengan mengecat ulang lemari dengan warna favorit Anda, atau mengganti gagang dengan desain baru yang Anda inginkan.

BACA JUGA:  10 Model Kreasi Tirai Kamar Mandi DIY Mudah dan Murah

2. Ide Lemari Pakaian DIY untuk Balita dari Laci Standar IKEA

Ide Lemari Pakaian DIY Untuk Balita Dari Laci Standar IKEA
Ide Lemari Pakaian DIY Untuk Balita Dari Laci Standar IKEA

Menurut Metode Montessori, menyatukan kamar balita sedemikian rupa adalah ide yang bagus untuk mendorong kemandirian mereka seiring dengan tumbuh dan kembang anak Anda. Untuk alasan itu, ada baiknya Anda menyiapkan lemari pribadi untuk balita Anda. Caranya, ambil lemari standar dari IKEA dan buat lemari pakaian khusus, dengan rak tinggi di satu sisi untuk menggantung pakaian dan dua set laci ganda di sisi lainnya. Kemudian, kenakan gagang pintu kecil dan menyenangkan dari dinosaurus plastik kecil. Setelah itu belilah gantungan baju anak yang berukuran kecil untuk pakaian balita Anda. Terakhir, Anda juga dapat melampirkan wallpaper menyenangkan di bagian belakang lemari pakaiannya.

1. Ide IKEA Pax Hack

Ide IKEA Pax Hack
Ide IKEA Pax Hack

Daripada memimpikan walk in closet yang mewah, mari cari cara untuk mendapatkannya di rumah Anda dengan anggaran ekonomis. IKEA Pax dikenal sebagai sistem lemari paling umum, nilai yang bermanfaat, dan ramah anggaran. Selain itu, banyak orang telah mengubah IKEA Pax-nya untuk menambah beberapa media penyimpanan tambahan yang memenuhi kebutuhannya. Anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan menambahkan beberapa kabinet yang memperkaya nilai guna lemari tersebut. Jadi, alangkah baikya jika Anda memiliki IKEA Pax, baik membelinya secara on-line atau langsung ke toko IKEA terdekat. Setelah Anda memilikinya, pasang unit Pax, lampu, batang gantungan baju secara horizontal di bagian dalam lemari atas, dan papan untuk alas lemari. Kemudian tempelkan wallpaper di bagian dalam unit pakaian untuk membuatnya lebih menarik. Terakhir, tambahkan pegangan laci yang memiliki kesan modern.

Ide-ide di atas akan menjadi bahan masukan untuk mengubah furnitur lama Anda yang makin bermanfaat. Selain hemat anggaran, Anda juga akan mudah menemukan solusi yang tepat untuk ruang terbatas Anda. Selanjutnya, mari luangkan waktu untuk mengaplikasikan ide tersebut demi terciptanya ruangan yang lebih bagus, menarik, dan berkelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here