10 Model Rak Upcycling di Dinding Kamar Tidur

0
97
10 Model Rak Upcycling di Dinding Kamar Tidur
10 Model Rak Upcycling di Dinding Kamar Tidur

Ketika kamar tidur Anda berada di ruang terbatas, memiliki furnitur yang terpasang di dinding tentu adalah pilihan terbaik, termasuk lemari yang terpasang di dinding. Furnitur itu dapat membantu Anda untuk mengatur kamar tetap rapi, tanpa menyita banyak ruang. Dan jika Anda sedang mencari ide rak tersebut, berikut 10 model rak daur ulang yang terpasang di dinding, yang praktis, hemat, dan ekonomis.

Klik Saja Sepuasnya!

10. Manfaatkan Koper Lama

Manfaatkan Koper Lama
Manfaatkan Koper Lama

Melakukan upcycling adalah cara yang baik untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan tanpa membuat uang Anda terkuras habis. Dan jika Anda menemukan koper tua di ruang penyimpanan, Anda dapat membuat lemari yang cukup bagus untuk kamar Anda dengan sedikit pengubahan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan dua papan di dalam koper untuk membuat tiga kompartemen. Sebelum menambahkan papan, Anda dapat menempelkan wallpaper pilihan Anda untuk membuat rak terlihat lebih cantik. Setelah papan sudah terpasang, pasanglah koper di dinding. Akhirnya, Anda pun telah mempunyai rak baru sebagai ruang penyimpanan tambahan di kamar tidur Anda.

9. Lemari Kayu Stackable

Lemari Kayu Stackable
Lemari Kayu Stackable

Satu hal yang harus Anda ingat, yaitu simpanlah papan kayu sisa dengan baik di ruang penyimpanan karena Anda mungkin membutuhkannya suatu hari dan memanfaatkanya untuk proyek DIY Anda, seperti lemari ini. Lemari ini sangat sederhana. Anda bahkan dapat membuatnya sendiri menggunakan papan sisa kayu yang dapat Anda temukan di ruang penyimpanan. Kemudian, Anda dapat membuatnya untuk menciptakan tampilan artistik di dalam kamar Anda.

8. Ubah Lemari IKEA Besta

Lemari IKEA Besta Hack
Lemari IKEA Besta Hack

IKEA memiliki banyak produk luar biasa yang dapat diubah untuk memenuhi kebutuhan Anda. Salah satunya adalah penyimpanan IKEA Besta. Penyimpanan IKEA Besta biasanya dilengkapi dengan empat kaki kecil yang memungkinkan Anda meletakkannya di lantai. Tapi kali ini, perabot tersebut telah berubah menjadi kabinet praktis yang dipasang di dinding sekaligus memaksimalkan ruangan.
Seperti yang Anda lihat di kamar ini, sang pemilik rumah mampu mengatur segala sesuatunya dengan praktis dan membuat kesan ruangan tetap nyaman. Dia menempatkan dua lemari besar di kedua sisi tempat tidur dan menggantung IKEA Besta di atas ranjang. Dengan begitu suasana kamar tetap terasa bersih dan rapi.

BACA JUGA:  Mengintip Tempat Kos Bapak Proklamasi di Museum Tjokroaminoto

7. Laci Lama Berubah Menjadi Rak

Laci Lama Berubah Menjadi Rak
Laci Lama Berubah Menjadi Rak

Ini adalah ide cemerlang lainnya untuk mendapatkan nilai baru pada barang-barang lama Anda. Dan siapa yang bisa menebak bahwa laci tua bisa berubah menjadi rak dinding yang menarik seperti ini. Untuk membuatnya, Anda cukup menyiapkan beberpa laci lama Anda. Kemudian, bersihkan dan cat kembali dengan warna kesukaan Anda. Tentunya, Anda perlu menyesuaikannya dengan warna dinding agar tetap selaras dengan suasana di ruangan Anda. Setelah itu dengan kreativitas Anda, silakan atur dan pasanglah laci-laci tersebut di dinding menggunakan bor dan sekrup atau paku. Selanjutnya, di sanalah Anda akan menemukan tempat baru untuk menata buku atau barang-barang dekoratif lainnya dengan lebih keren.

6. Lemari Peti Kayu

Lemari Peti Kayu
Lemari Peti Kayu

Jika Anda memiliki banyak peti kayu di ruang penyimpanan, Anda dapat membuat banyak ide furnitur dengan mendaur ulang barang-barang tersebut. Bahkan Anda dapat membuat lemari pakaian DIY dari peti kayu yang super mudah dan murah. Untuk membuat lemari pakaian ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengampelas dan mengoleskan cat pada peti agar terlihat lebih menarik. Kemudian, susunlah hingga membentuk lemari, sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk membuat lemari pakaian menjadi lebih kokoh, Anda dapat memasang krat ke dinding. Dan, jangan lupa untuk menyediakan ruang khusus di tengah lemari, sehingga Anda dapat memasang tongkat dan menggantung pakaian Anda di sana.

BACA JUGA:  10 Tips Mengatur Lemari dengan Memaksimalkan Ruang yang Ada

5. Rak Sepatu Industri

Rak Sepatu Industri
Rak Sepatu Industri

Jika Anda tertarik dengan tampilan pedesaan gaya steampunk, rak sepatu yang terpasang di dinding ini cocok untuk Anda. Gaya steampunk adalah salah satu desain interior yang membawa tampilan industri di ruang Anda. Oleh karena itu, untuk menerapkan ide ini Anda memerlukan furnitur yang terbuat dari kayu dan pipa industri, seperti ini. Karena trik ini sangat mudah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa pipa, konektor, flensa, sekrup, dan papan kayu. Mungkin Anda juga membutuhkan cat semprot untuk membuat rak terlihat lebih menarik. Dan jangan lupa untuk mengoleskan sedikit pewarna dan poliakrilik untuk membuat rak awet dan lebih tahan lama.

4. Rak Peti Kayu Bergaya

Rak Peti Kayu Bergaya
Rak Peti Kayu Bergaya

Ini adalah ide brilian lain untuk menggunakan peti kayu bekas dan mengubahnya menjadi ruang penyimpanan praktis di kamar Anda. Sama seperti laci lama, peti kayu juga dapat diubah menjadi rak terbuka untuk menampung barang-barang kecil seperti sarung tangan, syal, atau bahkan perhiasan Anda. Bahkan jika Anda bukan ahli DIY, Anda masih bisa membuat rak tersebut dengan mudah. Jadi, yang perlu Anda siapkan adalah beberapa peti kayu tua, cat, sedikit mineral oil, dan ampelas.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengampelas permukaan peti dengan saksama, sehingga Anda akan lebih mudah mengaplikasikan cat di situ. Setelah cat kering, Anda dapat mengencangkan krat di dinding. Jika Anda ingin rak untuk memajang aksesori Anda, cukup tambahkan beberapa pengait di sana.

3. Lemari Perhiasan dari Old Barn Door

Lemari Perhiasan Dari Old Barn Door
Lemari Perhiasan Dari Old Barn Door

Berikan sedikit sentuhan gaya rumah pertanian di kamar tidur Anda dengan membuat kabinet perhiasan seperti ini. Anda juga perlu menerapkan keterampilan pertukangan Anda saat membuat kabinet ini karena Anda harus memotong papan dan pasak, dan merakitnya menggunakan paku. Setelah itu kencangkan di dinding dan pasang pintu gudang lama sebagai pintu kabinet. Gunakan engsel besi tempa dan handle bar untuk menonjolkan tampilan pedesaan pada kabinet ini supaya lebih menarik.

BACA JUGA:  Inilah 5 Spot Skydiving Terbaik di Indonesia

2. Kabinet Medis Serbaguna

Kabinet Medis Serbaguna
Kabinet Medis Serbaguna

Kotak obat memang seharusnya digunakan untuk menampung peralatan P3K. Namun, itu juga bisa dibuat sebagai kotak perhiasan yang bagus. Anda hanya perlu menambahkan pelintir di kabinet medis, seperti menambahkan beberapa pengait untuk kalung dan gelang, dan spons baki cincin atau pemegang cincin. Akhirnya, kotak aksesoris Anda yang cantik ini pun dapat sekaligus memperindah dinding di kamar Anda.

1. Pintu Lemari Cuci Tua

Pintu Lemari Cuci Tua
Pintu Lemari Cuci Tua

Tahukah Anda bahwa papan cuci tua dapat dibuat sebagai kabinet yang terpasang di dinding dengan baik? Untuk membuat kabinet yang terpasang di dinding ini, Anda hanya perlu membuat kotak kayu bekas yang Anda temukan di ruang penyimpanan. Setelah itu, pasang papan cuci sebagai pintu kabinet menggunakan engsel. Selain itu, ternyata papan cuci juga dapat menambahkan elemen tekstur ke kamar tidur Anda. Dan Anda dapat membuatnya dengan sedikit ide dan kreativitas. Silakan dicoba!

Membuat ruang penyimpanan tambahan dari barang-barang lama Anda, ternyata sangat mudah. Dan dengan menerapkan ide di atas, Anda juga telah mengurangi limbah dan menghasilkan perabot yang ramah lingkungan. Selain murah, Anda juga dapat mengatur barang-barang dengan rapi. Sekarang, luangkan waktu dan manfaatkan akhir pekan Anda untuk merubah beberapa perabot yang telah lama Anda simpan di gudang, menjadi sesuatu yang lebih berguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here