6 Kesalahan yang Membuat Berat Badan Bertambah Saat Sedang Menjalankan Diet

SPESIAL.NET – 6 Kesalahan yang Membuat Berat Badan Bertambah Saat Sedang Menjalankan Diet. Diet sehat adalah salah satu pilar penting ketika Anda ingin mencapai berat badan yang ideal. Namun, saat sedang menjalankan diet, terkadang kita melakukan kesalahan yang membuat kita menambah berat badan alih-alih kehilangannya. Apakah Anda yakin sudah menerapkan kebiasaan makan yang baik?

Kini banyak diet populer yang mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Sayangnya, kebanyakan orang tidak mempelajari lebih lanjut mengenai dampak yang mungkin ditimbulkan dari diet tersebut. Efek negatifnya, Anda bisa saja kehilangan nutrisi penting yang seharusnya didapatkan oleh tubuh.

Kesalahan Saat Diet yang Menyebabkan Berat Badan Bertambah

Cara terbaik untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal adalah dengan menerapkan pola makan yang seimbang. Meskipun Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang cepat, seperti saat Anda melakukan diet rendah kalori, namun menerapkan pola makan seimbang lebih aman bagi tubuh dan bisa membuat berat badan lebih stabil. Kebanyakan orang tidak mengetahui diet apa yang sesuai bagi dirinya dan mengikuti diet yang sedang populer tanpa konsultasi terlebih dahulu. Alih-alih menurunkan berat badan, yang terjadi justru berat badan Anda semakin bertambah. Berikut ini beberapa kesalahan yang mungkin Anda lakukan yang menyebabkan bertambahnya berat badan saat diet.

  1. Memilih diet yang tidak tepat

Salah satu kesalahan terbesar yang kita buat saat berdiet adalah memilih rencana diet yang diikuti teman atau saudara. Meskipun orang tersebut mungkin mendapatkan hasil, namun tidak berarti Anda akan mendapatkan hasil yang sama. Semua badan berbeda dan memiliki kebutuhannya sendiri. Karena itu, jika Anda tidak melihat hasil yang diharapkan, maka diet itu tidak tepat untuk Anda. Untuk menemukan diet yang sesuai, Anda bisa mengunjungi ahli gizi.

  1. Menjalankan diet yang ketat

Menjalankan diet yang ekstrim tidak hanya kesalahan yang dapat membuat berat badan bertambah, tetapi juga berbahaya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Menerapkan diet yang ketat sering menyebabkan efek “yo-yo” yang tidak diinginkan. Ini berarti bahwa, meskipun pada awalnya diet ini tampaknya efektif, seiring waktu Anda mendapatkan kembali berat badan yang hilang dan bahkan bertambah lebih banyak. Selain itu, diet ketat bisa menyebabkan kekurangan nutrisi dan dapat menyebabkan gangguan metabolisme.

  1. Kurangnya variasi menu makan sehari-hari

Saat menerapkan pola makan sehat, Anda disarankan untuk menghindari sumber gula, tepung dan makanan olahan. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menambahkan variasi pada makanan saat menjalankan pola makanan sehat. Tahukah Anda bahwa membatasi makanan juga merupakan kesalahan? Meskipun tampaknya benar untuk menghindari karbohidrat atau semua makanan dengan lemak saat sedang diet, namun pada kenyataannya, hal itu memiliki efek kontraproduktif. Diet sehat harus mengandung semuanya, termasuk karbohidrat dan lemak, dalam porsi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

  1. Tidak makan dengan cukup

Anda mungkin berpikir bahwa kelaparan adalah cara yang efektif untuk mengurangi kalori. Namun, itu adalah kesalahan lain yang membuat bertambahnya berat badan saat melakukan diet. Situasi ini hanya mengarah pada rasa cemas yang kuat, yang kemudian membuat Anda makan berlebihan. Bahkan, hal itu dapat menyebabkan kelelahan karena itu membuat otak Anda merasa seperti tidak memiliki energi. Sebaliknya, cara yang terbaik adalah Anda belajar memilih makanan sehat untuk mengurangi rasa lapar tanpa merusak diet Anda.

  1. Kurang minum air putih

Hidrasi sangat penting untuk rencana diet apa pun, terutama ketika tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan. Jika Anda tidak minum cukup air, metabolisme tubuh akan melambat, dan Anda akan lebih sulit untuk membuang racun dan membakar lemak. Karena itu, Anda disarankan untuk minum air yang cukup saat sedang menjalankan diet. Air putih adalah cairan terbaik untuk menghidrasi tubuh. Selain air putih, Anda bisa mengonsumsi minuman sehat lainnya untuk menurunkan berat badan, seperti teh hijau, teh mint, air lemon dan jahe, susu, kopi tanpa gula, dan sebagainya.

  1. Konsumsi salad yang tidak sehat

Salad identik dengan makanan yang sehat dan rendah kalori. Sayangnya, seringkali Anda memilih salad yang kurang sehat untuk dikonsumsi. Penambahan mayones, sosis, atau keju pada salad justru bisa menambah kalori yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berat badan bertambah. Pilihlah dengan teliti bahan-bahan untuk membuat salad. Anda bisa menambahkan yogurt atau minyak zaitun untuk memperkaya rasa dan nutrisi salad yang dibuat.

Jika Anda masih melakukan kesalahan di atas, segeralah perbaiki agar rencana penurunan berat badan berhasil. Selain menerapkan pola makan sehat, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga teratur agar hasilnya maksimal.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Blur Calorie Intake Calories 1927500

100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai…

Active Activity Adult 1308746

Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik,…

Bowl Close Up Cooking 1266004

Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan. Putih telur (telur tanpa kuning telur) cukup populer di kalangan orang-orang yang…

Chopping Board Food Fresh 1323646

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan Lobak adalah sayuran yang bisa ditambahkan ke semua jenis hidangan dan salad. Selain dibudidayakan untuk konsumsi sebagai makanan, lobak juga kerap…

Drink Drinking Female 1458671

6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – 6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan. Banyak penelitian mendukung teori bahwa minum air putih cukup dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain…

Beans Close Up Colors 1313643

Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat

SPESIAL.NET – Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat. Kacang merah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan serat, folat, magnesium, fosfor, zinc, dan kalium. Menurut penelitian…