6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – 6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan. Banyak penelitian mendukung teori bahwa minum air putih cukup dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik juga merupakan kunci yang memainkan peran penting dalam penurunan berat badan, termasuk masalah pencernaan dan kinerja fungsi otot. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan Anda.

  1. Air putih dapat menekan nafsu makan

Saat perut merasa sudah penuh, sebuah sinyal akan dikirimkan ke otak untuk berhenti makan. Air putih dapat membantu mengisi ruang yang kosong dalam perut, sehingga Anda akan merasa kenyang dan mengurangi lapar.

Seseorang biasa mengira mereka sedang lapar, padahal yang sebenarnya terjadinya adalah dia merasa haus. Minum segelas air putih sebelum makan dapat membantu Anda dari mengonsumsi camilan sebelum waktu makan tiba.

Dalam sebuah studi pada tahun 2014, 50 wanita yang mengalami obesitas meminum 500 ml air putih 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam (di samping konsumsi air putih rutin) selama 8 minggu berturut-turut. Hasilnya, partisipan mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh. Mereka juga melaporkan mengalami penurunan nafsu makan.

  1. Air putih dapat meningkatkan pembakaran kalori

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air putih dapat membantu membakar kalori. Dalam sebuah studi tahun 2014, 12 orang yang minum 500 ml air putih mengalami peningkatan pengeluaran energi. Mereka membakar kalori antara 2 – 3 persen lebih banyak dari biasanya dalam 90 menit setelah minum air putih.

  1. Air putih dapat membantu mengeluarkan racun dan sisa makanan dalam tubuh

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ia tidak dapat membuang racun dan sisa makanan dari tubuh melalui urin atau feses. Air putih membantu ginjal untuk menyaring racun dan sisa makanan sementara organ mempertahankan nutrisi penting dan elektrolit. Dehidrasi juga dapat menyebabkan tinja yang keras atau kental dan sembelit. Air putih juga membantu tubuh pulih dari masalah pencernaan, seperti diare dan gangguan pencernaan.

  1. Minum air putih dapat mengurangi konsumsi kalori

Kalori dapat masuk ke tubuh ketika Anda mengonsumsi minuman manis, seperti soda, jus, atau teh dan kopi yang manis. Belum lagi konsumsi minuman berenergi yang biasanya mengandung pemanis buatan. Mengganti konsumsi minuman manis dengan minuman tanpa kalori, seperti air putih, teh hijau, atau kopi tanpa gula dapat memberi Anda manfaat penurunan berat badan jangka panjang. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa mengganti dua atau lebih minuman berkalori tinggi untuk minuman tanpa kalori setiap hari selama 6 bulan menghasilkan penurunan berat badan rata-rata antara 2 – 2,5 persen pada kelompok wanita dengan obesitas.

  1. Air putih dibutuhkan untuk membakar lemak

Tanpa air, tubuh tidak dapat melakukan metabolisme lemak atau karbohidrat yang tersimpan dengan baik. Proses metabolisme lemak disebut lipolisis. Langkah pertama dari proses ini adalah hidrolisis, yang terjadi ketika molekul air berinteraksi dengan trigliserida (lemak) untuk membuat gliserol dan asam lemak. Minum air yang cukup sangat penting untuk membakar lemak dari makanan dan minuman, serta lemak yang disimpan.

  1. Air putih membantu memberi energi pada otot dan melumasi sendi

Salah satu bagian penting dari rencana penurunan berat badan adalah olahraga. Air putih membantu otot, jaringan ikat, dan sendi untuk tetap lentur. Air putih juga membantu paru-paru, jantung, dan organ-organ lain untuk bekerja secara efektif karena mereka meningkatkan aktivitas selama berolahraga. Minum air putih yang cukup dapat mengurangi kram otot dan kelelahan. Selalu minum air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga untuk menghindari dehidrasi.

Dapatkan manfaat air putih bagi kesehatan dengan mengonsumsinya secara rutin setiap hari, dan jangan lupa juga melengkapinya dengan pola hidup yang sehat.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Blur Calorie Intake Calories 1927500

100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai…

Active Activity Adult 1308746

Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik,…

Chopping Board Food Fresh 1323646

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan Lobak adalah sayuran yang bisa ditambahkan ke semua jenis hidangan dan salad. Selain dibudidayakan untuk konsumsi sebagai makanan, lobak juga kerap…

Bowl Close Up Cooking 1266004

Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan. Putih telur (telur tanpa kuning telur) cukup populer di kalangan orang-orang yang…

Beans Close Up Colors 1313643

Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat

SPESIAL.NET – Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat. Kacang merah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan serat, folat, magnesium, fosfor, zinc, dan kalium. Menurut penelitian…

Movie Popcorn Snack 57043

Popcorn, Camilan Enak dengan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

SPESIAL.NET – Popcorn, Camilan Enak dengan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan. Mengemil sebenarnya bukanlah hal yang dilarang saat sedang menjalani proses penurunan berat badan karena justru bisa membuat Anda…