10 Konsep Rak Pintar, Ciptakan Dapur Makin Istimewa

0
73
10 Konsep Rak Pintar, Ciptakan Dapur Makin Istimewa
10 Konsep Rak Pintar, Ciptakan Dapur Makin Istimewa

Rak adalah tempat penyimpanan alternatif karena Anda dapat menyimpan sesuatu yang lebih besar atau barang yang lebih banyak di sana. Itu sebabnya rak kecil sering diisi dengan sesuatu yang berfungsi seperti ornamen untuk mengangkat keindahan di dapur. Selain itu, beberapa fungsi rak dapur ternyata tidak hanya untuk menyimpan barang-barang di dapur. Maka dengan sedikit kreativitas, Anda dapat membuat beberapa hiasan yang bisa menjadi pusat perhatian dari rak yang tidak Anda bayangkan sebelumnya. Berikut 10 ide rak pintar untuk membuat dapur makin menawan yang praktis dan bisa Anda buat sendiri di rumah.

Klik Saja Sepuasnya!

10. Jadikan Jelas

Jadikan Jelas
Jadikan Jelas

Ide ini tentu bisa menjadi proyek DIY Anda yang sangat menyenangkan. Jika Anda ingin memamerkan rak dapur, Anda dapat menerapkan latar belakang atau wallpaper yang memiliki pola yang sangat berbeda. Seperti di dapur ini, Anda dapat melihat bahwa latar belakang dapur berwarna putih memukau dengan pola geometris, yang sangat berbeda dari gaya netral yang dimiliki rak-rak itu. Oleh karena itu, orang-orang akan melihat jelas di rak Anda karena pilihan warna background yang sangat cerdas.

9. Ide Kamuflase

Ide Kamuflase
Ide Kamuflase

Pada ide sebelumnya, Anda telah belajar mengetahui cara memamerkan rak. Kini saatnya Anda perlu mengetahui cara menyamarkan rak dapur Anda. Caranya juga sangat mudah. Jika Anda memilih ubin putih sebagai backsplash, maka Anda bisa menerapkan warna putih untuk rak. Dengan begitu, rak dapat menjadi media yang baik untuk meningkatkan keindahan dapur dengan menunjukkan beberapa barang koleksi dapur Anda.

8. Kombinasi DIY dengan Besi Tempa

BACA JUGA:  10 Ide Renovasi Kamar Tidur Kecil, Makin Terlihat Luas
Kombinasi DIY Dengan Besi Tempa
Kombinasi DIY Dengan Besi Tempa

Rak-rak yang kuat sangat diperlukan saat Anda akan meletakkan barang-barang berat atau beragam perabot di dapur Anda. Maka, cara terbaiknya adalah menggabungkan kayu papan dengan pipa atau besi tempa. Mulailah dengan memasang besi tempa yang terhubung dan disekrup ke dinding untuk menopang berat rak. Ada baiknya juga Anda perlu menghubungkan rak ke langit-langit agar rak lebih kuat saat menopang barang yang lebih banyak dan berat.

7. Tempat Penyimpanan Jumbo

Tempat Penyimpanan Jumbo
Tempat Penyimpanan Jumbo

Untuk penyimpanan yang lebih besar, Anda mungkin harus membuat media yang menyentuh lantai untuk menghindari perabot pecah atau terjatuh, yang bisa saja terjadi dengan rak gantung. Maka, Anda pasti akan mendapat banyak keuntungan jika Anda memilih ide-ide rak seperti ini.
Yang perlu Anda perhatikan adalah bagian tengah rak harus dibuat sedikit lebih tinggi daripada bagian lainnya. Ini bisa menjadi ide cerdas tentang cara mengidentifikasi area yang merupakan pusat rak. Oleh karena itu, dengan pengukuran yang tepat, tentu akan membuat rak tersebut terlihat cantik. Ide ini pasti patut dicoba terutama jika Anda memiliki dapur yang luas dengan banyak aksesori dapur dan semacamnya.

6. Tempat Penyimpanan Simpel

Tempat Penyimpanan Simpel
Tempat Penyimpanan Simpel

Perabot dapur seperti piring, mangkuk, dan teko juga membutuhkan rak khusus untuk menyimpannya. Karena perabot itu kategori berat, Anda perlu menyediakan rak yang cukup kuat, tidak goyang, dan kokoh. Dan rak dapur industri ini adalah pilihan yang bisa Anda gunakan. Rak ini memiliki kolom untuk menumpuk piring dengan ruang yang cukup tinggi. Selain itu ada juga ruang yang cukup untuk menempatkan oven dan microwave Anda di sana.

BACA JUGA:  Tips Melakukan Traveling Sendirian

5. Bangun Rak di Atas Meja

Bangun Rak Di Atas Meja
Bangun Rak Di Atas Meja

Ketika menyangkut perabot dan lainnya, dapur tidak hanya membutuhkan meja. Di sana tentu Anda juga membutuhkan rak yang akan menampung peralatan memasak Anda. lalu, bagaimana jika keduanya digabung menjadi sebuah furnitur yang sekaligus memperamping dapur Anda? Ya, Anda dapat secara membuat rak di atas meja. Buatlah rak dengan model hingga menyentuh langit-langit dapur, seperti pada gambar. Selain unik, rak yang melekat di langit-langit tersebut mampu memberikan tampilan yang luar biasa untuk dapur Anda.

4. Rak Pojok DIY

Rak Pojok DIY
Rak Pojok DIY

Sudut dapur akan menjadi tempat yang indah jika dirancang dengan sentuhan yang bagus. Seperti di dapur kecil ini, Anda dapat melihat rak sudut yang sederhana dan menawan.
Di rak juga diletakkan buku, mangkuk, dan tanaman hijau, yang membuat rak makin cantik. Jika Anda ingin membuatnya rak ini, cukup ukur sudut dapur Anda. Lalu siapkan papan kayu lalu potonglah sesuai kebutuhan Anda. Selanjutnya, pasanglah rak sudut dengan mengencangkannya ke dinding menggunakan bor dan sekrup. Pastikan Anda memasangnya dengan benar dan aman. Cukup mudah, bukan?

3. Rak Gantung

Rak Gantung
Rak Gantung

Rak gantung seperti ini juga bisa menjadi sesuatu yang istimewa di dapur Anda. Cukup dengan menggunakan logam untuk membuat rak gantung yang terpasang dari langit-langit, lalu meletakkan papan kayu di atas rak, maka Anda akan bisa memiliki rak yang simpel seperti ini. Di sana Anda dapat menempatkan beberapa tanaman dalam pot yang dapat menghidupkan ruangan. Selain itu, Anda dapat pula menggantung peralatan dapur lainnya di bawahnya untuk membuat rak ini makin berguna dan menarik.

BACA JUGA:  10 Hal Yang Tidak Bisa Anda Temukan Selain di Ciputra Waterpark Surabaya

2. Rak Minimalis

Rak Minimalis
Rak Minimalis

Sekilas ruangan ini seperti ruang tamu. Padahal ini adalah dapur minimalis dengan ornamen yang sangat terbatas. Di ruang ini Anda juga melihat rak yang dipasang di dinding, menggunakan papan kayu yang cukup tipis dan lebar, tapi cukup kuat untuk menopang barang-barang di atasnya. Apalagi dengan pengaturan yang sangat baik, rak ini juga menjadi sisi visual yang sangat menarik untuk dilihat.

1. Rak di Atas Jendela

Rak Di Atas Jendela
Rak di Atas Jendela

Membuat rak DIY yang bagus untuk dapur Anda tentu membutuhkan kreativitas yang cukup memadai. Dan jika Anda dapur Anda terbatas, cobalah membuat rak terbuka di atas jendela seperti ini. Dengan desain dan bahan yang sederhana, Anda tentu bisa mendapatkan rak ini.
Untuk membuatnya pun sangat mudah. Pertama, siapkan papan kayu sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan. Lalu, cukup bersihkan papan dengan kain lembut atau cat terlebih dahulu dengan warna yang Anda suka. Setelah itu, pasang papan di dinding menggunakan paku atau bor dan sekrup. Selanjutnya, letakkan perabot dapur yang jarang Anda gunakan atau aturlah hingga membuat pameran kecil di dapur Anda.

Ide rak dapur di atas tentu telah memberikan gagasan yang cerdas untuk membuat dapur Anda makin luar biasa. Maka, segera tentukan pilihan Anda dan mulailah mengumpulkan bahan dan peralatan yang mendukung. Lalu, tuangkan ide dan kreasi Anda untuk membuat rak serbaguna yang sekaligus memberikan warna yang menarik di dapur Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here