Cara Optimalkan Kamar Tidur Mungil di Apartemen dengan Ruang Terbatas

0
79
Cara Optimalkan Kamar Tidur Mungil di Apartemen dengan Ruang Terbatas
Cara Optimalkan Kamar Tidur Mungil di Apartemen dengan Ruang Terbatas

Jika Anda adalah salah satu penghuni apartemen yang tahu rasanya bagaimana bertahan dengan ruang terbatas, tentu Anda juga sering di hadapkan dengan segala sesuatu yang terbatas pula. Akibatnya, Anda harus mengurangi ukuran furnitur di kamar tidur kecil agar membuat Anda betah dan nyaman untuk bisa beristirahat di sana. Tapi, untuk mendapatkan kenyamanan saat beristirahat di kamar tersebut tentu bukanlah hal mudah. Sebagai bahan rujukan, berikut 10 cara mengoptimalkan kamar tidur mungil di apartemen dengan ruang terbatas, yang patut Anda cermati dan menjadi bahan perbaikan untuk kamar Anda.

Klik Saja Sepuasnya!

10. Warna Putih yang Menawan

Warna Putih Yang Menawan
Warna Putih Yang Menawan

Kadang-kadang butuh waktu lama untuk memutuskan warna dan dekorasi apa yang sesuai dengan kamar kecil Anda. Jika salah dalam menentukan pilihan, kamar Anda justru akan terlihat sempit. Jika Anda masih galau untuk menentukan pilihan yang terbaik untuk kamar Anda, gunakan rona putih untuk mewarnai kamar Anda.
Putih dapat diaplikasikan dalam ukuran kamar apa pun. Ini adalah warna netral yang dapat dipasangkan dengan warna dan furnitur lainnya. Selain itu, warna putih juga dapat mengubah tatapan mata dan membuat Anda berpikir bahwa kamar tidur Anda lebih besar dari yang sebenarnya. Maka, coba aplikasikan warna putih untuk membuat kesan kamar yang lebih besar dan cerah. Namun, jika putih bersih bukan pilihan Anda, Anda dapat memilih off white yang bisa dipasangkan dengan warna-warna netral seperti karpet krem atau selimut abu-abu dengan tampilan yang lebih tenang.

9. Paparkan Kamar Tidur Anda dari Cahaya Alami

Paparkan Kamar Tidur Anda Dari Cahaya Alami
Paparkan Kamar Tidur Anda Dari Cahaya Alami

Salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh kamar tidur mungil adalah tampilannya yang gelap. Oleh karenanya, beberapa orang cenderung merasa tidak nyaman ketika mereka harus istirahat di kamar kecil dan gelap, yang membuatnya seolah-olah akan mati lemas karena udaranya yang pengab. Untuk menghindari perasaan ini dan membuat kamar tidur kecil Anda tampak lebih luas, biarkan cahaya alami masuk dengan meminimalkan dekorasi tambahan di jendela. Dengan suasana seperti ini, cahaya alami akan menerangi kamar Anda dengan leluasa, sehingga kamar Anda pun akan lebih cerah dan fresh.

BACA JUGA:  5 Fakta Tentang Hutan Bambu Keputih Surabaya

8. Katakan Tidak untuk Tirai Tebal

Katakan Tidak Untuk Tirai
Katakan Tidak Untuk Tirai Tebal

Untuk menjaga privasi Anda tetap terjaga, pilihlah tirai yang tidak menjuntai dari langit-langit hingga ke lantai. Hal tersebut akan membuat kesan ruangan lebih kecil. Supaya semuanya tetap aman, Anda dapat memilih tirai yang tipis dan tetap membuat kesan kamar Anda bersih dan nyaman. Jangan memasang tirai dengan berlebihan dan mewah karena pilihan akan membuat kesan kamar Anda lebih mungil.

7. Atur Pakaian Anda dengan Bijak

Atur Pakaian Anda Dengan Bijak
Atur Pakaian Anda Dengan Bijak

Tinggal di kamar yang sangat kecil tidak memungkinkan Anda untuk mempunyai berbagai furnitur, termasuk lemari pakaian atau lemari, yang cenderung tebal dan memakan banyak ruang. Lalu Anda mungkin bertanya-tanya, apa yang harus Anda lakukan dengan pakaian-pakaian Anda?
Daripada menjejalkan lemari di kamar kecil, Anda bisa membuat dinding Anda untuk mengatasi permasalahan di atas. Gunakan beberapa rak pakaian yang diletakkan di dinding untuk menggantung pakaian Anda. Tetapi jika Anda memiliki koleksi pakaian dengan jumlah besar, Anda harus menyortirnya dengan bijak. Coba atur pakaian Anda sesuai musim. Kemas dan simpan pakaian Anda pakai untuk musim lainnya ke dalam kotak yang bisa disimpan di rak apung.

6. Jangan Kehilangan Potensi Ruang

Jangan Kehilangan Potensi Ruang
Jangan Kehilangan Potensi Ruang

Karena ruang di kamar Anda terbatas, Anda perlu menggunakan ruang yang tersedia secara efisien. Lihatlah ke sekeliling dan jangan lewatkan ruang potensial, bahkan yang paling canggung sekalipun! Sepert rak sederhana di atas pintu ini yang akan memberi dampak besar pada kamar tidur kecil Anda. Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan seperti pakaian dan handuk musiman.
Anda tidak perlu membuat yang canggih. Cukup buatlah yang sederhana tapi tetap memesona. Caranya, siapkan papan, sekrup, kurung L, dan tangga untuk mencapai ruang di atas pintu, lalu rakitlah hingga membentuk rak yang cantik.

BACA JUGA:  10 Proyek DIY, Transformasi Kabinet Kayu Makin Bergaya

5. Pertimbangkan Meja Serbaguna

Pertimbangkan Meja Serbaguna
Pertimbangkan Meja Serbaguna

Stand malam adalah perabot lain yang dapat mengisi ruang di kamar Anda. Daripada memiliki dudukan malam di samping tempat tidur, cobalah memilih meja yang juga memiliki fungsi ganda. Meja ini misalnya, yang bisa menjadi tempat untuk melakukan pekerjaan Anda di siang hari. Ketika malam tiba, Anda dapat memanfaatkannya menjadi tempat yang sempurna untuk lampu meja. Tambahkan cermin di dinding dan Anda juga akan mendapatkan meja rias yang bagus.

4. Cobalah Dinding dengan Aksen Menarik

Cobalah Dinding Dengan Aksen Menarik
Cobalah Dinding Dengan Aksen Menarik

Jika Anda memiliki kamar tidur sempit seperti ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkannya adalah dengan menerapkan warna atau pola yang menarik pada dinding aksen kamar Anda. Dinding aksen seperti ini dapat memperluas kamar Anda secara visual. Selain itu dinding aksen tidak hanya akan membuat ruangan sempit terlihat lebih besar, tetapi juga akan menambah dorongan kepribadian dan gaya pada kamar tidur Anda dengan lebih baik.

3. Coba Rak Mengambang DIY

Coba Rak Mengambang DIY
Coba Rak Mengambang DIY

Menjaga lantai tetap bersih adalah trik paling umum yang bisa Anda terapkan di kamar tidur mungil Anda. Karenanya, Anda bisa mencoba membuat rak terapung DIY stylist ini. Untuk membuat rak ini, Anda harus memasang pipa galvanis, lalu pasang pipa ke dinding menggunakan jangkar dinding. Setelah itu, ikat tali ke batang dan ikat papan kayu yang telah dibor dengan dua papan lainnya untuk membuat rak pertama. Jangan lupa ikat simpul untuk mengamankan rak. Ulangi langkah ini sampai Anda mendapatkan tiga rak. Untuk membuat rak terlihat lebih menarik, Anda dapat menambahkan gulungan dekoratif di bagian atas.

BACA JUGA:  10 Ide Kamar Tidur Nyaman untuk Pemilik Kamar Tidur Kecil

2. Pasang Cermin

Gantung Cermin
Pasang Cermin

Cermin, terutama yang ukurannya cukup besar adalah barang yang harus dimiliki ketika memiliki ruang terbatas. Keberadaannya tidak hanya akan membantu memeriksa kembali penampilan Anda, tetapi juga memantulkan cahaya di kamar Anda dan membuat suasana kamar terlihat lebih cerah dan lapang.

1. Tambahkan Tanaman

Tambahkan Tanaman
Tambahkan Tanaman

Meskipun kamar Anda memiliki ruang yang terbatas, bukan berarti Anda juga tidak dapat menghiasnya. Terapkan dekorasi terbaik untuk kamar tidur kecil Anda, seperti tanaman hijau ini. Efeknya, kamar tidur Anda pun akan terlihat sejuk dalam waktu singkat. Selain itu, tampilannya yang teduh juga mampu memberikan kenyaman sekaligus menentramkan, bagi siapapun yang beristirahat di sana.

Itulah 10 tips tentang cara mengoptimalkan kamar kecil, khususnya untuk Anda yang tinggal di apartemen dengan ruang yang terbatas. Ingat! Tinggal di apartemen kecil tidak selalu buruk. Anda masih memiliki gagasan dan kreasi yang tepat untuk membuat kamar Anda makin bersih dan nyaman. Sekarang, luangkan waktu Anda untuk mulai bergegas mengubah kamar Anda hingga menjadi lebih sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here