Varian Bakpia Pathok Jogja yang Sedang Hits Bingits

0
78
Bakpia
Bakpia

SPESIAL.NET – Nama bakpia pathok tak bisa dilepaskan dari Jogja. Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari kacang hijau ini begitu popular dan menjadi salah satu oleh-oleh paling dinanti bagi siapapun yang berkunjung ke kota pelajar ini.

Bakpia yang dikenal sejak tahun 1930-an ini merupakan makanan yang dihasilkan sebagai wujud akulturasi indah antara budaya etnis Tionghoa dan etnis Jawa. Orang-orang Tionghoa yang tinggal di Jogja berinteraksi dalam nuansa budaya Jawa sejak jaman penjajahan.

Dari tangan-tangan kreatif warga Tionghoa inilah bakpia lahir dengan isian kacang hijau yang dibungkus tumpukan lapisan tepung panggang yang sangat tipis dan dibentuk bulat pipih. Jalan Bhayangkara yang ada di kawasan Pathuk Yogyakarta adalah sentranya pembuatan kue bakpia. Di kawasan ini ada banyak keluarga Tionghoa yang masih konsisten membuat bakpia sejak dulu hingga kini.

Pada awalnya bakpia dibuat dengan isian kacang hijau. Pemilihan kacang hijau bukanlah tanpa tujuan karena berkaitan dengan mayoritas warga Jogaj yang beragama Islam. Aslinya, seperti dikutip dari Wikipedia, makanan ini dibuat dengan isian daging (babi) sesuai namanya bakpia yang bermakna kue babi. Proses akulturasi itulah yang kemudian mengubah isiannya dengan kacang hijau.

Penyebutan bakpia sendiri kemudian dikaitkan dengan nama wilayah dimana kue ini dibuat. Namun karena tidak setiap orang mudah melafalkan nama Pathuk di Yogyakarta akhirnya vocal u berubah o sehingga menjadi bakpia pathok. Namun apapun penyebutannya, nama kue ini memang tak bisa dilepaskan dari Yogyakarta sebagai destinasi wisata utama di Indonesia.

Ragam Jenis Bakpia Pathok Kekinian

Seiring perkembangan jaman, isian bakpia dari kacang hijau pun mengalami perkembangan dan perubahan. Di bawah ini beragam jenis bakpia pathok kekinian yang sedang hits dan banak diburu para traveler maupun wisatawan karena keunikan bentuk dan rasanya.

1. Bakpia Janggut Naga

Sudah pernah mencoba bakpia yang satu ini? Kue pia yang diproduksi oleh Bakpiapa ini ternyata seperti bakpia biasa namun isinya berupa abon sapi. Bentuknya pun dibuat agak berbeda dengan umumnya bakpia.. Selain itu Bakpiapa juga memproduksi sejumlah bakpia dengan beragam isi, seperti blasteran blueberry cheese ataupun bakpia isi blasteran pisang keju. Penasaran seperti apa rasa kue pia terbaru ini?

BACA JUGA:  3 Cemilan Kekinian yang Lagi Hits dan Bikin Kenyang

2. Bakpia Tiramisu

Bakpia yang satu ini termasuk yang paling popular di kalangan traveler. Dengan ukuran yang lebih besar dari bakpia biasa, kulit pelapisnya juga cukup tipis dan kering. Yang menarik adalah isiannya yang berupa tiramisu yang unik. Bakpia Kurnia Sari yang memproduksi bakpia baru ini juga menawarkan beragam isian lainnnya yang kalah seru, seperti susu, mede coklat, kopi, greentea, ketan hitam, dan lainnya lagi.

3. Bakpia Molek Crispy

Bakpia 25 merupakan salah satu bakpia yang konsisten dalam usaha ini sejak lama. Nama legendaris di Kota Jogja ini juga popular karena rasanya yang dikenal paling enak. Kini Bakpia Pathok 25 juga berkreasi dengan sejumlah isian baru yang sangat kekinian yang diberi nama Bakpia Molek Crispy. Bakpia baru ini memiliki rasa dan tekstur yang lebih crunchy dan tentunya juga lebih enak.

4. Bakpia Salak

Terobosan baru dilakukan Bakpia Salakka yang membuat bakpia dengan isian yang tak biasa, yaitu buah salak. Jenis salak yang digunakan adalah salak pondoh yang memang banyak dihasilkan petani Turi, Sleman, Yogyakarta.

5. Bakpia Unyil

Kue bakpia yang satu ini sebenarnya sudah cukup dikenal untuk sementara waktu, khususnya di kalangan wisatawan yang sering berkunjung ke Yogyakarta. Bakpia yang diproduksi oleh Omahe Bakpia ini keunikannya lebih pada bentuknya yang kecil-kecil. Juga ada bakpia vakum yang bisa tahan hingga tiga bulan. Sedangkan untuk isiannya juga cukup variatif, dari kacang hijau, buah nangka, ubi madu, peuyeum, bakpia lumer durian, hingga bakpia telo ungu.

Itulah beberapa varian bakpia pathok Jogja yang sedang hits bingits dan banyak dicari wisatawan karena keunikan rasa dan bentuknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here