10 Proyek DIY, Kabinet Dapur yang Murah Meriah

0
102
10 Proyek DIY, Kabinet Dapur yang Murah Meriah
10 Proyek DIY, Kabinet Dapur yang Murah Meriah

Kabinet dapur adalah area untuk menyimpan berbagai perlatan memasak Anda. Jadi, ini akan merapikan dapur dengan lebih baik. Jika Anda ingin mendapatkan kabinet dapur dengan harga yang lebih terjangkau, berikut 10 proyek DIY yang akan memenuhi keinginan Anda.

Klik Saja Sepuasnya!

10. Kabinet Palet Kayu

Kabinet Palet Kayu
Kabinet Palet Kayu

Pernahkah Anda berpikir bahwa palet kayu adalah bahan yang bisa Anda dapatkan di mana saja dan dapat diubah menjadi kabinet? Caranya, Anda hanya perlu beberapa bahan seperti palet kayu, paku atau sekrup, dan engsel untuk membuat lemari dapur ini. Pertama, pisahkan palet kayu dan pastikan semua paku telah dilepas. Setelah itu, haluskan permukaannya menggunakan ampelas. Setelah diampelas, ukur lalu potong sesuai ukuran yang Anda inginkan, kemudian gabungkan dengan sekrup sampai Anda mendapatkan bentuk yang diinginkan. Yang terakhir, satukan pintu dengan engsel. Sebagai sentuhan akhir, Anda juga bisa mengecat kabinet agar terlihat segar.

9. Lemari Dapur Gaya Rumah Pertanian

Lemari Dapur Gaya Rumah Pertanian
Lemari Dapur Gaya Rumah Pertanian

Pintu gudang tua adalah salah satu fitur bergaya rumah pertanian. Jadi jika Anda ingin menambahkan bagian rumah pertanian di dapur Anda, pertimbangkan untuk menerapkan pintu gudang ini ke dalam kabinet Anda. Anda pun tidak harus membuat kabinet baru karena Anda hanya perlu mengganti pintu kabinetnya saja. Untuk mendapatkan tampilan ini, Anda harus melepas pintu kabinet, papan kayu, cat, dan pistol paku. Setelah semua perlengkapan sudah siap, mulailah dengan menggabungkan papan bersama-sama dengan pistol paku sampai membentuk ukuran sisi atas dan pintu kabinet. Untuk pintu, tambahkan papan kayu di bagian bawah, tengah, dan atas untuk membentuk pola bentuk Z tradisional. Setelah itu, pasang perangkat keras besi tempa untuk mendapatkan tampilan yang lebih kasar.

8. Lemari Dapur Shaker

Lemari Dapur Shaker
Lemari Dapur Shaker

Jika Anda bosan dengan pintu kabinet datar yang membosankan, coba tambahkan sedikit sentuhan rumah pertanian modern dengan membuat pintu lemari pengocok. Jadi, Anda hanya menambahkan twist dengan menambahkan bingkai ke pintu. Caranya, mulailah dengan melepas semua pintu dari lemari Anda. Kemudian, bersihkan dengan kertas pasir atau bahan pembersih lain dan pastikan tidak ada debu yang tersisa di atasnya. Selanjutnya potong plywood dengan lebar 2,5inci atau menyesuaikannya dengan ukuran yang Anda inginkan kemudian potong untuk membentuk bingkai pintu. Kemudian, ampelas setiap tepi potongannya, lalu paku ke pintu. Ampelas sekali lagi untuk mendapatkan permukaan dan tepi yang halus, kemudian bersihkan. Selanjutnya, catlah dengan warna yang Anda inginkan. Terakhir, pasang kembali ke lemari Anda.

BACA JUGA:  13 Potret Jalan Tunjungan Surabaya Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

7. Lemari Dapur dengan Rak Piring

Lemari Dapur Dengan Rak Piring
Lemari Dapur Dengan Rak Piring

Memiliki rak piring di kabinet memungkinkan Anda menyimpan piring secara vertikal sehingga Anda dapat mengambil dan meletakkannya dengan mudah. Ini juga sangat mudah dibuat karena Anda hanya membutuhkan batang bundar atau pasak kayu, pena persegi, dan lem. Lalu, mulailah dengan memotong batang bundar sekitar 2,5inci lebih panjang dari diameter pelat dan buat lubang di batang persegi di mana batang bundar akan dimasukkan. Kemudian, pasang pasak bundar di lubang dengan lem. Biarkan lem mengering kemudian lanjutkan membuat lubang sedalam ½inci di setiap sudut paket rak. Kemudian, potong empat batang kayu bulat di lebar kabinet Anda, dan masukkan ke dalam lubang untuk menggabungkannya dengan setiap paket rak. Setelah itu, pasanglah di kabinet Anda.

6. Pintu Lemari Kaca

Pintu Lemari Kaca
Pintu Lemari Kaca

Memiliki pintu lemari kaca memungkinkan Anda melihat apa yang ada di dalamnya tanpa perlu membuka pintu. Anda juga dapat menggunakannya untuk memajang koleksi barang antik atau unik Anda yang juga meningkatkan nilai estetika dapur Anda. Untuk membuatnya makin sempurnya, tambahkan pintu kaca ke lemari yang ada, sehingga Anda tidak perlu membeli yang baru. Caranya, ukur pintu kabinet untuk membuat bingkai kaca, kemudian bor setiap sudut sehingga Anda bisa mulai menggergaji. Setelah mendapatkan bingkai yang sempurna, saatnya untuk memotong kaca ½ – ¾ inci, lebih lebar dan lebih tinggi dari hasil pengukuran Anda, lalu letakkan di atas bingkai. Selanjutnya, tambahkan pengencang untuk membuat kaca tetap aman di tempatnya.

5. Lemari Dapur Kayu Lapis Murah

Lemari Dapur Kayu Lapis Murah
Lemari Dapur Kayu Lapis Murah

Sekarang Anda dapat membangun lemari sendiri menggunakan kayu lapis saja. Anda juga tidak memerlukan kayu keras tambahan sebagai bingkai. Jadi, cukup gunakan kayu lapis untuk menerapkan ide ini. Untuk membuat lemari kayu lapis ini, potong sebuah kayu lapis sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan, setelah itu bersihkan. Anda juga membutuhkan tiga strip tipis kayu lapis untuk setiap kabinet atas. Lalu, bor lubang saku untuk sekrup di setiap tepi strip. Selanjutnya, mulailah merakit setiap strip. Selanjutnya, potongan dua kayu lapis lagi yang akan menjadi sisi kiri dan kanan lemari, lalu pasang strip bawah beberapa inci dari bawah untuk mendapatkan tendangan kaki. Selanjutnya, pasang strip tipis ke bagian belakang atas dan depan. Tambahkan bagian belakang kabinet yang bisa saja lebih pendek atau sepanjang kedua sisi kabinet. Yang terakhir, buat pintu untuk kabinet Anda lalu pasang dengan engsel.

BACA JUGA:  Tips & Trick Melepas Penat Setelah Seharian Kerja di Taman Pelangi

4. Rak Bumbu, Laci Dua Tingkat

Rak Bumbu Laci Dua Tingkat
Rak Bumbu Laci Dua Tingkat

Laci dua tingkat ini akan memberikan ruang penyimpanan tambahan, sehingga Anda dapat mengatur berbagai jenis peralatan dan rempah-rempah di sana dengan lebih rapi. Untuk mendapatkannya, Anda harus menyiapkan slide dan kayu sebelum membuatnya. Kemudian, jika Anda ingin membuatnya, langkah pertama adalah potong bagian belakang laci lebih dari setengah, kemudian pasang slide baki di setiap sisi di dalam laci. Selanjutnya, buat baki yang memiliki panjang yang sama dengan laci, tetapi sedikit lebih sempit. Anda juga dapat menambahkan partisi sesuai kebutuhan. Setelah itu, pasang potongan lain dari baki slide pada baki. Selanjutnya, masukkan baki ke dalam laci lalu masukkan kembali laci ke dalam kabinet dapur Anda.

3. Tarik-Out Tong Sampah sebagai Kabinet

Tarik Out Tong Sampah Sebagai Kabinet
Tarik Out Tong Sampah Sebagai Kabinet

Dapur adalah tempat yang menghasilkan banyak sampah dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, ide yang bagus untuk menyembunyikan tempat sampah agar dapur terlihat bersih adalah tong sampah yang bisa ditarik keluar dalam kabinet seperti ini.
Pertama, pilih kabinet satu pintu untuk memasukkan tong sampah, lalu lepaskan pintu dan lepaskan semua perangkat kerasnya. Selanjutnya, pasang slide di sisi kiri dan kanan di dalam kabinet. Tambahkan bingkai kayu sehingga tempat sampah dapat masuk dengan sempurna dan pasang pintu di luar bingkai dengan sekrup. Dengan cara ini dapur Anda tetap bersih dan terbebas dari bau sampah yang menyengat.

BACA JUGA:  Berbelanja Aneka Ragam Bunga di Pasar Bunga Bratang Surabaya

2. Lemari Dapur Pojok

Lemari Dapur Pojok
Lemari Dapur Pojok

Sudut dapur adalah ruang yang sering dibiarkan tidak digunakan. Padahal, di situ Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang penyimpanan yang potensial. Jika Anda tidak dapat menemukan kabinet yang sesuai yang dapat mengisi sudut canggung ini, cobalah untuk buat lemari sudut sendiri. Pertama, potong setiap sudut dengan tepi bevel 45 derajat. Kemudian, Anda membutuhkan setidaknya dua potong kayu lapis untuk bagian atas dan bawah. Anda juga dapat menambahkan beberapa rak di dalamnya dengan papan kayu lapis yang lain. Setelah Anda mendapatkan potongan papan kayu itu, ukur tepi bevel untuk membuat sisi-sisinya lalu tempelkan bagian atas dan bawah dengan lem dan pakulah untuk membuatnya lebih kuat. Kemudian tambahkan bagian belakang dengan papan kayu yang lebih tipis. Terakhir, buat bingkai wajah kabinet sesuai dengan kreasi Anda, lalu pasanglah di bagian pintu kabinet.

1. Lemari Tambahan untuk Peralatan Dapur

Lemari Tambahan Untuk Peralatan Dapur
Lemari Tambahan Untuk Peralatan Dapur

Jika Anda tidak ingin melihat peralatan kecil yang akan mengurangi kebersihan di dapur, ada baiknya Anda membangun kabinet khusus yang berfungsi sebagai area menyimpan peralatan kecil tersebut. Kalau ingin membuatnya, Anda perlu menyiapkan beberapa papan, panel dinding, paku, dan engsel.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengukur ruang di mana kabinet akan dibangun. Setelah itu, potong papan sesuai ukuran dan satukan dengan sekrup, kemudian bentuk menjadi dua bingkai. Rakitlah papan hingga membentuk kabinet, sisi kiri dan kanan. Selanjutnya, tambahkan potongan melintang ke belakang dan ke atas, lalu paku pada bingkai wajah. Yang terakhir, pasang pintu dengan engsel lalu cat kabinet. Setelah kering, pasanglah kabinet tambahan ini di tempat yang Anda inginkan.

Itulah 10 proyek DIY untuk kabinet dapur Anda yang mudah dan murah. Anda juga dapat mengembangkan ide Anda untuk membuat kabinet dapur yang memesona. Jadi, sudahkah Anda menentukan, trik manakah yang akan Anda buat di akhir pekan ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here