10 Proyek DIY, Spesial Tempat Tidur Murphy

0
68
110 Proyek DIY, Spesial Tempat Tidur Murphy
10 Proyek DIY, Spesial Tempat Tidur Murphy

Tidur dengan nyaman tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun, tinggal di rumah dengan ruang terbatas mengharuskan Anda untuk pintar dalam mengatur kamar agar terlihat bersih dan menenteramkan. Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan kamar tidur mungil adalah dengan memiliki tempat tidur murphy.
Tempat tidur murphy adalah tempat tidur yang sangat fkesibel. Model ranjang ini dapat ditarik ke bawah sebagai ranjang yang nyaman dan dapat dilipat kembali saat Anda usai menggunakannya. Dengan begitu, ruang kamar Anda akan terlihat rapi. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, berikut 10 ide proyek DIY tempat tidur murpy selengkapnya.

Klik Saja Sepuasnya!

10. Tempat Tidur Murphy Sederhana

Tempat Tidur Murphy Sederhana
Tempat Tidur Murphy Sederhana

Tempat tidur murphy ini cukup sederhana, sehingga Anda dapat membuatnya sendiri bahkan untuk seorang pemula sekalipun. Untuk membuat tempat tidur murphy ini, Anda perlu: 4 ¾”x 4 x 8 lembar kayu lapis, 2 ¼”x 4 x 8 lembar kayu lapis, papan kayu solid 12 1”x 2” x 8”, Perangkat tempat tidur murphy, sekrup 1-1/4”, sekrup 1-12”, sekrup 2”, dan pegangan kabinet.
Kemudian, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat struts dengan meletakkan 10 frame struts, dan memasangkannya untuk membuat lima struts yang terlihat seperti huruf “L”. Kemudian, rangkai penyangga dengan sub-frame dengan menempatkan setiap penyangga 20” secara terpisah. Setelah itu, buat sudut bulat yang menghadap ke atas di kaki tempat tidur. Setelah sudut bundar siap, pasang papan ke alas kaki. Lalu, pasang headrail. Selanjutnya, pasang rel samping, dan pasang bingkai tempat tidur ke panel wajah. Panel harus rata dengan rel kaki, tetapi harus melampaui kepala. Kemudian, pasang header dan kabinet, dan pasang kabinet ke dinding. Lalu, pasang perangkat keras dan tarik atau tombol yang memungkinkan Anda menarik ranjang dengan mudah. Terakhir, pasang panel pendukung kasur.

9. Murphy Bed di Belakang Rak Buku

Murphy Bed Di Belakang Rak Buku
Murphy Bed Di Belakang Rak Buku

Anda telah belajar cara membuat tempat tidur murphy yang sangat sederhana. Sekarang, mari kita tambahkan lebih banyak gaya dan fungsi dari ranjang tersebut. Pada dasarnya, cara membuat tempat tidur murphy ini sama dengan cara membuat tempat tidur yang sederhana. Anda harus membuat struts terlebih dahulu, merakitnya dengan sub-frame, merakit headrail dan footrail, pasang rel samping, pasang panel wajah, pasang header dan kabinet, pasang kabinet, dan pasang kasur ke panel.
Tetapi, ranjang murphy ini cukup unik. Di sini juga terdapat tempat penyimpanan tambahan untuk buku-buku bacaan Anda. Jadi, Anda hanya perlu menambahkan beberapa papan pada panel wajah untuk membuat beberapa rak. Kemudian, tambahkan beberapa strip akrilik bening untuk menahan buku di tempatnya ketika Anda menarik tempat tidur.

BACA JUGA:  10 Model Rak Upcycling di Dinding Kamar Tidur

8. Tempat Tidur Murphy yang Tampak Seperti Kabinet Kamar Tidur

Tempat Tidur Murphy Yang Tampak Seperti Kabinet Kamar Tidur
Tempat Tidur Murphy yang Tampak Seperti Kabinet Kamar Tidur

Menurut Anda, Apakah ini tempat tidur murphy atau lemari kamar tidur? Nah, tempat tidur murphy yang apik ini akan membuat semua orang berpikir bahwa itu adalah kabinet hitam dengan cetakan mahkota, yang bagus untuk mempertahankan kemiripan gaya di kamar tidur mungil Anda. Untuk membuatnya, Anda perlu mendapatkan mekanisme untuk tempat tidur Murphy. Kemudian, kumpulkan potongan-potongan kayu seperti ketika Anda membuat tempat tidur murphy sederhana. Agar terlihat seperti kabinet, Anda dapat memalsukan pintu dan laci kabinet dengan membuat beberapa trim. Tambahkan cetakan mahkota di bagian atas untuk tampilan yang lebih klasik, dan pasang pegangan dan kenop untuk menyempurnakan tampilannya.

7. Tempat Tidur Murphy Rumah Pertanian Modern

Tempat Tidur Murphy Rumah Pertanian Modern
Tempat Tidur Murphy Rumah Pertanian Modern

Proyek ini mungkin sedikit menantang dan Anda pasti bisa melakukannya. Untuk membuat tempat tidur murphy ini, Anda bisa mulai dengan langkah-langkah membuat tempat tidur murphy sederhana seperti ide sebelumnya. Bedanya, Anda membutuhkan lebih banyak papan untuk membuat dua kotak buku yang mengapit tempat tidur di kedua sisi. Anda juga perlu mengubah sedikit kotak buku agar sesuai dengan meja. Tetapi, jika Anda tidak tertarik untuk menambahkan meja, hal itu juga tidak masalah. Jadi, setelah tempat tidur murphy dan tempat buku siap, cat warna putih dan pasang kenop laci.

6. Tempat Tidur Murphy Kecil

Tempat Tidur Murphy Kecil
Tempat Tidur Murphy Kecil

Jika Anda memiliki kamar tidur mungil, tempat tidur murphy kembar ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Selain mudah dibuat, ranjang model ini juga sekaligus akan menghemat lebih banyak ruang di kamar Anda. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah membuat tempat tidur murphy DIY sederhana, pada ide sebelumnya. Tetapi Anda perlu membuat potongan yang lebih pendek untuk memenuhi ukuran tempat tidur kembar tersebut. Tambahkan cetakan pada header untuk membuatnya menarik. Sedangkan sebagai proses akhir, Anda dapat menerapkan warna apa pun yang Anda inginkan.

BACA JUGA:  10 Proyek DIY, Transformasi Kabinet Kayu Makin Bergaya

5. IKEA Hack Murphy Bed dengan Pintu Geser

IKEA Hack Murphy Bed Dengan Pintu Geser
IKEA Hack Murphy Bed Dengan Pintu Geser

Anda tidak perlu membuat tempat tidur murphy yang bergaya dari awal. Dengan melakukan proyek peretasan IKEA, Anda bisa mendapatkan ranjang murphy yang Anda inginkan tanpa membuang waktu lebih banyak. Untuk mendapatkan tampilan ini, Anda perlu memiliki dua lemari Pax dari IKEA. Dapatkan mekanisme tempat tidur murphy dan pasang di antara lemari. Kemudian, tambahkan-L yang disekrup di bagian bawah untuk memperkuat ranjang. Setelah itu, instal track yang lebih rendah. Kemudian, satukan bagian atas kedua lemari dengan memasang track atas dan pintu geser dengan hati-hati.

4. Tempat Tidur Dresser Faux Murphy

Tempat Tidur Dresser Faux Murphy
Tempat Tidur Dresser Faux Murphy

Ini adalah ide bagus untuk menyembunyikan tempat tidur murphy sambil menambahkan lebih banyak gaya ke dalam ruangan istirahat Anda. Tempat tidur murphy ini dapat berubah menjadi lemari pakaian modis di siang hari dan akan menjadi tempat tidur murphy yang nyaman di malam hari. Tempat tidur ini hampir sama dengan yang sederhana. Tetapi tempat tidur di pasang ke arah samping.

3. Tempat Tidur Murphy Susun

Tempat Tidur Murphy
Tempat Tidur Murphy Susun

Apakah Anda memiliki lemari yang tidak digunakan? Apakah ada ruang sudut yang canggung di kamar Anda? Jika di kamar Anda terdapat lemari atau sudut ruangan yang belum dimanfaatkan, mari ubahlah dengan membuat tempat tidur murphy ini. Untuk membuat tempat tidur susun ini, Anda harus merakit sisi-sisi yang akan memegang kasur terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa mulai membuat bingkai dengan kreasi Anda. Lalu, Anda perlu memastikan bahwa tempat tidur atas dan bawah tidak akan saling bertabrakan ketika dibuka dan ditutup. Oleh karena itu, diperlukan pengukuran secara menyeluruh. Posisikan tempat tidur sehingga panel wajah ¾” sama dengan bingkai ketika ditutup.
Setelah memasang sisi rangka dan bagian atas bersama-sama, dan memasang bingkai bagian luar, selanjutnya Anda dapat mulai memasang bingkai kasur bagian bawah menggunakan baut bahu yang dijalin dengan empat ring melalui bantalan flensa. Pasang bantalan di sisi belakang dengan tiga ring ke mur. Ulangi langkah ini untuk menginstal bagian atas ranjang agar kuat dan aman.

BACA JUGA:  Mencoba Kuliner Hot Mie Pecun, Mie Super Pedas Ala Kota Surabaya

2. Tempat Tidur Chic Murphy

Tempat Tidur Chic Murphy
Tempat Tidur Chic Murphy

Ini adalah ide sederhana lain yang membantu Anda membuat tempat tidur murphy dengan mudah. Pertama-tama, Anda perlu mendapatkan kit bed murphy karena di situ terdapat instruksi lengkap tentang cara merakit potongan-potongan ranjang. Anda dapat mulai membuat sub-bingkai dan panel wajah. Pastikan panel wajah akan menggantung sedikit di atas sub-bingkai. Kemudian, Anda perlu merekatkan dan memasang sekrup pada rel sebelum memasang sub-bingkai ke panel wajah. Selanjutnya, pasang bingkai tempat tidur ke dinding menggunakan tanda kurung L dan kencangkan ke dalam stud di dinding. Pasang mekanisme yang dapat menaikkan dan menurunkan sub-frame dengan memasangnya dari bagian dalam frame.

1. Sofa Berubah menjadi Tempat Tidur

Sofa Berubah Menjadi Tempat Tidur
Sofa Berubah Menjadi Tempat Tidur

Mengubah ruang tamu menjadi kamar tidur, kenapa tidak? Anda perlu memanfaatkan apartemen kecil Anda, bukan? Ya, untuk membuat tempat tidur murphy ini sama seperti cara membuat ranjang yang sederhana. Tetapi karena itu akan membalik sofa, Anda perlu menaikkannya ke ukuran tertentu yang bergantung pada ketinggian sofa Anda. Dan untuk melakukan ini, Anda harus membuang kaki logam yang Anda dapatkan dari murphy bed kit dan menggantinya dengan platform kecil tempat tempat tidur tersebut digelar.

Itulah 10 ide proyek tempat tidur murphy DIY yang akan membuat kualitas istirahat Anda makin baik. Meskipun ruangan Anda terbatas, ide-ide tersebut akan berarti di kamar Anda. Sekarang, luangkan waktu Anda untuk membuat ranjang murphy yang mudah dan dengan hasil yang menarik. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here