Resep Cara Membuat Keripik Kentang yang Renyah

0
65
Keripik Kentang
Keripik Kentang

SPESIAL.NET – Keripik kentang, kentang goreng, ataupun kentang crispy termasuk beberapa jenis cemilan yang sangat disukai masyarakat. Selain rasanya yang enak dan gurih, kentang juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kentang sebenarnya merupakan makanan pokok orang Eropa dan Amerika. Kandungan karbohidratnya yang tinggi sangat baik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh. Kandungan karbohidrat maupun nutrisi kentang ternyata setara dengan singkong yang pernah menjadi makanan pokok masyarakat kita, terutama yang ada di pelosok desa.

Kandungan nutrisi dalam kentang juga diketahui sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan tubuh. Manfaat kentang antara lain untuk meningkatkan fungsi otak, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit scurvy, merawat kesehatan kulit, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara Membuat Keripik Kentang

Ada banyak jenis olahan yang bisa dilakukan dengan bahan kentang. Kali ini kita akan mencoba membuat keripik kentang yang renyah dan cocok sebagai teman cemilan saat sore bersama keluarga di rumah atau sambal nonton TV. Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Bahan yang perlu disiapkan meliputi :

  • kentang 4 buah
  • air kapur 2 liter
  • Minyak goring
  • Bumbu halus atau kering
  • bawang putih yang sudah dibubuk 1/2 sdt
  • garam 1/2 sdt
  • gula halus sejumput
  • Kaldu ayam jika diperlukan

Sedangkan untuk cara membuat keripik kentang adalaah sebagai berikut:

  1. Siapkan kentang berkualitas yang ditandai dengan tidak ada lubang serta kulitnya yang mulus. Kupas kentang dan cuci dengan air bersih. Selanjutnya iris kentang dengan ukuran yang tipis-tipis saja. Jika kesulitan menggunakan pisau anda bisa memakai alat potong khusus kentang agar ukurannya sama.
  2. Siapkan air kapur dalam sebuah wadah lalu masukkan dan rendam irisan kentang ke dalamnya. Tambahkan sedikit garam jika ingin lebih gurih. Diamkan selama sekitar 1 jam agar meresap. Dalam merendam ini sebenarnya anda bisa mengggunakan bahan lain, seperti air dingin atau campuran air dan cuka. Perendaman dimaksudkan untuk mengurangi kadar kanji dalam kentang agar keripik kentang nantinya bisa lebih renyah.
  3. Selanjutnya angkat kentang dan tiriskan hingga kering atau keset. Bisa diangin-anginkan atau dijemur di tempat teduh. Diamkan selama sekitar setengah jam.
  4. Setelah itu goreng kentang hingga warna kentang terlihat berubah menjadi kuning dan kering. Gunakan api sedang saja. Sebenarnya sebelum digoreng atau setelah kentang ditiriskan anda bisa menambahkan bumbu seperti cabai bubuk, merica, garam, atau yang lainnnya.
  5. Kentang yang sudah digoreng sebaiknya ditiriskan dulu beberapa saat, lalu letakkan di tampah atau wadah yang telah dilapisi kertas koran.
  6. Selanjutnya tambahkan atau campur keripik dengan bumbu halus atau bumbu kering dan campur hingga merata.
  7. Setelah agak dingin keripik kentang dimasukkan dalam toples atau wadah tertutup dan siap untuk disajikan.
BACA JUGA:  3 Resep Cemilan Ringan yang Mudah Dibuat di Rumah

Untuk tambahan informasi, sebelum menggoreng irisan kentang sebaiknya pastikan kentang sudah kering. Ketepatan dalam melihat kekeringan ini akan membuata keripik kentang lebih cepat matang dan lebih renyah.

Begitu juga dalam menggoreng bisa dengan cara deep-fry atau menggoreng irisan kentang secara bertahap. Perhatikan agar minyak goring sudah benar—benar panas sebelum memasukkan irisan kentang.

Demikianlah informasi tentang resep cara membuat keripik kentang yang gurih, renyah, dan nikmat untuk cemilan bersama keluarga di rumah yang semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here