Optimalkan Manfaat Jus Alpukat dengan Mengkonsumsi Rutin

0
249
Manfaat Jus Alpukat
Manfaat Jus Alpukat

SPESIAL.NET – Mengambil manfaat jus alpukat bukan saja dari rasanya yang nikmat dan mengenyangkan namun juga dari kandungan nutisinya yang sangat berguna untuk kesehatan maupun kecantikan. Apalagi buah ini paling tepat diolah dengan cara dibuat jus yang enak dan lezat.

Alpukat, apokat, avokad (Persea Americana) merupakan tanaman buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Buah alpukat berbentuk agak besar dengan bijinya yang bulat besar dan daging buahnya yang agak padat. Alpukat tidak hanya diambil manfaatnya dari daging buahnya saja. Biji, kulit buah, hingga daun pohon alpukat juga bermanfaat untuk manusia.

Daging buah alpukat yang berwarna hijau kekuningan memiliki tekstur yang lembut dan sangat enak dimakan dengan dibuat es buah atau dibuat jus. Selain dimakan, alpukat juga banyak dimanfaatkan berbagai industri baik untuk dibuat obat maupun sebagai bahan kosmetik untuk perawatan kecantikan.

Beragam Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Alpukat diketahui kaya dengan nutrisi dan gizi yang sangat dibutuhkan tubuh. Buah ini juga mengandung banyak lemak sehat, omega 3 yang penting untuk perkembangan otak, dan kandungan seratnya yang cukup mengenyangkan. Bahkan dalam buah ini juga terdapat tak kurang dari 11 vitamin dan 14 mineral penting, seperti protein, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, vitamin B5, vitamin B9, niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), glukosa, dan kalium.

BACA JUGA:  Morning Banana Diet, Cara yang Menyenangkan Untuk Menurunkan Berat Badan

Dengan kandungan nutrisi yang begitu melimpah, berikut ini beragam manfaat jus alpukat yang bisa dioptimalkan untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mencegah dan Menyembuhkan Kanker

Kandungan omega 3 dan fitokimia dalam jus alpukat juga sangat berguna dalam menurunkan kolesterol dan mampu mengendalikan dan mengatasi kanker secara efektif.

2. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium dalam jus alpukat juga bermanfaat untuk menekan, mengontrol, dan mengendalikan tekanan darah sehingga bisa mencegah hipertensi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Minum jus alkupat secara rutin akan memberikan manfaat yang snagat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Buah ini mengandung banyak lemak sehat yang sangat berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Jenis lemak tak jenuh tunggal ini berupa asam oleat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga menurunkan risiko jantung maupun stroke.

4. Mengatasi Penyakit Diabetes

Kandungan asam oleat dalam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat ternyata mampu mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik dalam darah). Kemampuan ini sangat penting untuk menekan risiko penyakit diabetes yang berbahaya.

5. Mengatasi Radang Sendi dan Osteoarthritis

Buah ini juga banyak mengandung zat anti-inflamasi, pitosterol, antioksidan, asam lemak tak jenuh tunggal maupun berbagai jenis zat karotenoid. Karena itu mengkonsumsi jus alpukat secara rutin mampu mengatasi berbagai penyakit radang, seperti radang persendian, reumatik, encok, osteoarthritis, ataupun penyakit arthritis lainnya.

BACA JUGA:  Anda Ingin Selalu Sehat? Perhatikan Tips Kesehatan Gigi Ini!

6. Mencegah Penuaan Dini

Alpukat juga kaya dengan kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan karotenoid yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, menghaluskan dan membuat kulit lebih cerah, melindungi kulit dari sinar ultraviolet sehingga bisa mencegah pengeriputan kulit dan penuaan dini.

7. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam jus alpukat sangat berguna untuk mengurangi rasa lapar saat diet menurunkan berat badan. Begitu juga kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat ternyata meningkatkan pembakaran energi dan mengurangi penumpukan lemak tubuh.

Demikianlah beragam manfaat jus alpukat yang sebaiknya lebih dioptimalkan dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here