10 Trik Cermat, Ubah Garasi Makin Fungsional

0
61
10 Trik Cermat, Ubah Garasi Makin Fungsional
10 Trik Cermat, Ubah Garasi Makin Fungsional

Garasi adalah tempat yang strategis untuk menyimpan mobil dan kendaraan pribadi lainnya dengan aman. Ruangannya pun identik dengan ruang penyimpanan untuk barang-barang Anda yang lain. Tidak khayal, Anda sering melihat garasi Anda makin penuh dengan perkakas bengkel, peralatan berkebun, perlengkapan olahraga, bahkan mainan anak-anak Anda. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut 10 trik cerdas yang akan mengubah garasi Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Simaklah ide berikut dengan cermat!

Klik Saja Sepuasnya!

10. Kosongkan Garasi

Dapatkan Garasi Anda Kosong
Kosongkan Garasi

Ide pertama ini memang akan menguras tenaga Anda. Tapi, Anda tentu dapat melakukannya dengan mudah. Pertama, siapkan tempat khusus untuk menampung segala yang berada di dalam garasi Anda. Anda bisa memanfaatkan boks atau tempat lain yang bisa menyimpan barang-barang yang menganggu isi garasi Anda. Setelah itu Anda pun akan melihat garasi Anda tampak bersih dan longgar.

9. Lakukan Penyortiran

Lakukan Penyortiran
Lakukan Penyortiran

Apakah Anda sudah selesai mengosongkan garasi Anda? Selanjutnya, urutkan barang-barang yang biasa ada di garasi dengan rapi. Buatlah rak seperti ini di salah satu dinding garasi Anda. Lalu aturlah barang-barang tersebut sesuai dengan fungsinya. Menggantung sepeda, juga dapat membuat garasi Anda lebih luas. Jika Anda tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut, Anda dapat melakukannya bersama anggota keluarga Anda yang lain. Dengan begitu, kegiatan ini menjadi sangat menyenangkan.

8. Buang Junk Away

Buang Junk Away
Buang Junk Away

Membuat garasi tetap bersih, tentu akan membuat lingkungan Anda lebih sehat. Jadi, untuk mewujudkannya, Anda perlu cermat menentukan barang-barang mana yang masih digunakan dan mana yang sudah tidak digunakan. Karena garasi adalah salah satu ruang yang sering luput dari perhatian, di sana pasti ada barang atau perkakas yang seharusnya sudah Anda buang. Sekarang, lipat lengan baju Anda dan mulailah memilah barang-barang yang ada di garasi Anda dengan cermat, simpan dengan rapi yang masih dipakai dan buanglah yang sudah aus ke dalam tong sampah. Dengan begitu, garasi Anda akan terlihat tertib, rapi, dan bersih.

BACA JUGA:  10 Ide DIY, Tempat Penyimpanan yang Ekonomis

7. Coba Rak Terbuka

Coba Buka Rak
Coba Rak Terbuka

Apa pun yang disimpan di tempat terbuka, tentu akan mudah ditemukan. Dan Anda dapat memasukkan ide rak terbuka ini untuk mengatur barang-barang yang ada di garasi dengan praktis. Anda cukup menyiapkan rak dan wadah-wadah transparan. Setelah itu, gunakan media tersebut untuk merapikan peralatan bengkel, mainan, ataupun barang lainnya sesuai kelompoknya, yang mungkin masih Anda gunakan di suatu hari nanti.

6. Rak Unik untuk Mengamankan Peralatan Berkebun

Rak Unik Untuk Mengamankan Peralatan Berkebun
Rak Unik Untuk Mengamankan Peralatan Berkebun

Rak ini tentu akan bermanfaat untuk mengatur peralatan berkebun Anda dengan lebih mudah dan aman. Untuk membuatnya, siapkan papan kayu, bor, gergaji, dan alat ukur. Setelah semuanya sudah siap. Mulailah mengukur ruang yang menjadi sentral rak ini. Kemudian, potong papan dan buatlah slot seperti contoh di atas. Setelah itu, pasang papan ke dinding menggunakan bor dan sekrup dengan pas. Selanjutnya, rapikan peralatan berkebun Anda secara terbalik agar aman dari jangkauan anak-anak Anda.

5. Memanfaatkan Pegboard

Memanfaatkan Pegboard
Memanfaatkan Pegboard

Untuk ide berikut ini tentu akan membuat dinding garasi Anda terlihat cantik dan Anda pun akan menemukan perkakas dengan lebih mudah. Caranya pasang papan pegboard di dinding dan selipkan beberapa pengait untuk menggantungkan perkakas Anda. Anda juga bisa menambahkan rak kawat untuk menampung paku ataupun perkakas lain dengan ukuran yang lebih kecil agar lebih rapi.

BACA JUGA:  11 Spot Wisata Yang Bisa Dinikmati di Pantai Ria Kenjeran

4. Manfaatkan Wadah Plastik

Manfaatkan Wadah Plastik
Manfaatkan Wadah Plastik

Ide lain yang dapat Anda terapkan di garasi adalah dengan memanfaatkan wadah plastik transparan yang dilengkapi dengan tutupnya seperti ini. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membelinya di toko perkakas rumah tangga terdekat. Setelah itu, atur perlengkapan Anda di sana dengan aman. Selain cantik, garasi Anda juga terlihat makin rapi. Selain itu, jika garasi lembab, Anda bisa menambahkan rak dari bahan tembaga untuk barang-barang Anda yang lain dan letakkan di sebelahnya. Setelah itu, lihatlah perubahan yang sudah terjadi di garasi tersebut.

3. Simpan Dekat dengan Langit-langit

Simpan Dekat Dengan Langit Langit
Simpan Dekat Dengan Langit Langit

Bagaimana jika garasi Anda dengan ukuran ruang yang lebih kecil? Inilah solusinya untuk Anda, yaitu manfaatkan sepenuhnya ruang langit-langit di garasi Anda. Buatlah rak yang menggantung dari langit-langit dari baja ringan. Pastikan bahwa rak tersebut terpasang dengan baik dan benar. Jadi, Anda bisa menggunakan tangga untuk menggapainya. Selain itu, Anda juga bisa membuat rak dengan yang lebih canggih. Anda dapat memasang sistem katrol, sehingga rak dapat dinaikkan dan diturunkan dengan tombol. Kedengarannya keren, bukan?

2. Penambahan Bump-Out untuk Ruang Penyimpanan Lebih Banyak

Penambahan Bump Out Untuk Ruang Penyimpanan Lebih Banyak
Penambahan Bump Out Untuk Ruang Penyimpanan Lebih Banyak

Apakah Anda menganggap garasi Anda terlalu kecil untuk menampung peralatan rumput, ATV, mesin pemotong rumput atau sepeda? Pada ide ini, penambahan bump out mungkin merupakan jalan keluar yang baik untuk garasi tersebut. Anda bisa membuat itu seperti platform dek. Dengan fondasi kayu sederhana ini, Anda telah berhasil membuat ruang tambahan di garasi Anda lebih menarik.

BACA JUGA:  Home Sweet Home Ala Second Hand Kitchen & Bar Surabaya

1. Ide Membuat Zona

Ide Membuat Zona
Ide Membuat Zona

Saat Anda ke mal atau department store, Anda akan melihat zona tertentu. Area-area tersebut akan memudahkan Anda untuk membeli barang yang diinginkan. Nah, Anda juga dapat menerapkan ide zona tersebut dan memasukkannya ke dalam garasi Anda. Anda dapat berpikir sekecil atau sebesar yang Anda butuhkan, baik untuk zona berkebun, anak-anak, lokakarya, otomotif, proyek cat/rumah, dan lain sebagainya. Setelah semuanya diurutkan, Anda perlu menilai seberapa banyak ruang yang akan digunakan untuk masing-masing zona dan kemudian merencanakannya dengan tepat. Selanjutnya, buatlah zona dan ubah sudut ruang garasi Anda menjadi lebih sempurna dengan kreativitas Anda.

Itulah 10 trik hebat untuk mempercantik garasi Anda. Selain terlihat rapi, garasi juga makin terlihat bersih. Kini giliran Anda yang memutuskan untuk menerapkan ide manakah yang sesuai dengan luas garasi Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here