Tips Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah

0
631
Acne 1606765 960 720
Acne 1606765 960 720

SPESIAL.NET – Tips Menghilangkan Jerawat Membandel di Wajah. Jerawat memang bukanlah suatu hal yang berbahaya. Tetapi, munculnya jerawat di wajah biasanya akan membuat tingkat kepercayaan diri berkurang. Bahkan terkadang, jika si merah itu muncul di wajah, tangan Anda gemas untuk langsung memencetnya. Padahal, memencet jerawat justru akan membuatnya semakin parah dan meninggalkan noda hitam di wajah.

Ada banyak hal yang membuat jerawat muncul di wajah, diantaranya pola makan yang tidak sehat, pubertas, perubahan hormon, wajah yang tidak dibersihkan dengan baik, dan sebagainya.

Setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat, sekarang Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Cara mengatasi jerawat bisa dibilang susah-susah gampang. Anda perlu menemukan produk yang cocok untuk membantu mengatasi jerawat. Salah menggunakan produk perawatan kulit tertentu malah bisa membuat jerawat Anda semakin banyak dan parah. Dan ternyata, kunci dalam menghilangkan jerawat bukan hanya terletak di produk perawatan kulit loh… Mau tahu apa saja? Yuk simak caranya di bawah ini…

1. Ubah Pola Makan Anda Menjadi Lebih Sehat

Ternyata beberapa makanan tertentu bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah Anda. Ada sejumlah makanan yang bisa menyebabkan gula darah Anda naik dan mempengaruhi kerja insulin. Kadar insulin yang berlebihan dalam darah menimbulkan pertumbuhan sel-sel penyumbat pori dan kerja kelenjar minyak.

Penelitian di “American Journal of Nutrition” mengatakan seseorang mungkin lebih sedikit berpotensi jerawat jika menambahkan banyak biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran. Sebaliknya, kurangi pasta, nasi putih, roti putih, dan gula.

BACA JUGA:  Diet Ideal Untuk Menurunkan Berat Badan Ketika Memasuki Fase Menopause

2. Olahraga yang Teratur

Olahraga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi dalam darah dan dapat mengirimkan banyak oksigen ke kulit Anda. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk mengurangi stres yang menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Eits tapi jangan lupa untuk membersihkan keringat yang muncul di wajah Anda ya.

3. Kurangi Minum Minuman Manis dan Perbanyak Minum Air Putih

Jerawat bisa saja timbul karena kulit yang kurang terhidrasi. Salah satu cara untuk menghidrasi tubuh dengan mudah adalah minum air putih yang cukup. Selain untuk menghidrasi, minum air putih juga bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh. Peneliti di University of Missouri-Columbia mendapati bahwa dua cangkir air bekerja secara signifikan untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit.

4. Cukupi Kebutuhan Tidur Per Harinya

Merujuk pada penelitian di jurnal “Sleep”, resiko stres psikologis akan meningkat 14% per jam tidur yang Anda kurangi. Stres yang ditimbulkan akan memproduksi glukokortikoid yang memicu kelainan pada struktur dan fungsi kulit. Menurut dokter Sonia Badreshia-Bansal (dokter kulit di Danville, CA), inilah yang akan membuat jerawat menjadi semakin buruk. Maka dari itu, cukupilah kebutuhan tidur Anda, yaitu sekitar 7 hingga 8 jam per hari.

5. Bersihkan Wajah Sebanyak 2 Kali Sehari

Menurut Carolyn Jacob, MD (ahli kulit dari Chicago), wajah adalah bagian tubuh yang paling banyak memproduksi minyak. Ini karena kelenjar penghasil minyak terdapat banyak di sana. Makeup, keringat, polusi, dan kotoran akan menyumbat pori jika tak teratur dibersihkan. Dan inilah yang memicu timbulnya jerawat di wajah. Pilih sabun pencuci wajah yang ringan dan khusus untuk merawat kulit yang berjerawat. Cucilah wajah Anda 2 kali dalam sehari. Jangan mencuci wajah terlalu sering karena akan membuat kulit menjadi kering.

BACA JUGA:  Menikmati Sate Lisidu Yang Merupakan Sate Legenda di Surabaya

6. Lakukan Eksfoliasi Sebanyak 2 hingga 3 Kali dalam Seminggu

Eksfoliasi bermanfaat untuk mengangkat se-sel kulit mati di wajah Anda. Pilih scrub yang tidak terlalu kasar dan gosok dengan lembut ke wajah Anda. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

7. Gunakan Tabir Surya Jika Bepergian pada Pagi dan Siang Hari

Sinar matahari dapat membuat jerawat yang meradang semakin buruk keadaannya. Gunakan tabir surya sebelum bepergian pada pagi dan siang hari untuk mencegah sinar matahari langsung mengenai kulit wajah Anda. Pilih tabir surya yang non-comedogenic agar tidak menutupi pori-pori di wajah Anda. Oleskan tabir surya selang 3 hingga 4 jam jika Anda sering beraktifitas di luar ruangan.

8. Masker Wajah Anda dengan Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat membandel adalah dengan memakai masker secara rutin. Anda bisa membuat masker sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti tomat, jeruk nipis, madu, dan juga kopi.

Itulah 8 tips untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Tapi, perlu diingat jika menghilangkan jerawat tidak bisa instan dan tentu saja memerlukan proses. Tetap sabar dan semangat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here