7 Alasan Kenapa Kamu Harus Datang ke Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Spesial.net – Seperti kita ketahui cuaca di Indonesia bahkan di dunia semakin tidak menentu. Kadang dingin dan kadang panas, bahkan dalam cuaca panas berhembus angin yang begitu dingin. Belum lagi sering datangnya bencana yang tak terduga seperti pasangnya air laut yang bisa saja menggerus rumah-rumah di pesisir pantai. Tuhan memang adil, untuk menyeimbangkannya, diciptakanlah juga hutan mangrove atau hutan bakau. Hutan yang berfungsi penggerusan sisi pantai ini juga berfungsi meminimalisir dampak  yang diberikan gelombang dari pasang air laut. Namun sayangnya, dewasa ini manusia kurang memperhatikan fungsi dari hutan bakau ini. Dan beruntunglah kota Surabaya karena sudah mulai melestarikan satu kawasan hutan bakau yang tidak hanya menjadi sekedar hutan tetapi juga menjadi sebuah objek wisata.

Objek wisata berbasis ekosistem atau biasa disebut ekowisata memang sudah dicanangkan sejak awal tahun 2000-an. Ini diawali dari keprihatinan tentang keseimbangan ekosistem sehingga dimulainya era objek wisata yang ramah lingkungan dan berbasis alam, dan Hutan Mangrove Wonorejo ini adalah salah satunya. Satu di antara hutan kota yang terletak di kota Surabaya ini selain dimaksudkan meredam panas tetapi juga menetralkan air yang sudah tercemar limbah kota-kota industri sekitarnya, seperti kota Gresik. Tetapi, tentu saja selain menyelamatkan lingkungan, sebagai objek wisata harus memiliki daya tarik tersendiri sehingga masyarakat tertarik untuk datang. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus datang ke Hutan Mangrove Wonorejo.

 

Bisa Menjadi Pilihan Wisata Yang Mendidik

Datang ke alam berarti belajar tentang alam. Begitulah salah satu tujuan datang ke hutan bakau ini. Dengan datang kesini, kamu akan mulai mawas diri tentang pentingnya setiap unsur ekosistem untuk keberlangsungan bumi ini. Disini juga kamu akan melihat sebuah wilayah konservasi hutan bakau juga.

 

Tidak Memerlukan Biaya Yang Banyak

Untuk masuk ke wilayah hutan bakau ini kamu cukup merogoh kocek sekitar 25 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 15 ribu untuk anak-anak. Dan tambahan parkir motor sebesar dua ribu rupiah dan mobil sebesar lima ribu rupiah. Bukan hanya itu, tiket ini sudah termasuk ongkos perahu berkapasitas 30 – 60 orang dewasa yang siap membawa kamu menyusuri deretan pohon-pohon bakau ini. Dan jika kamu ingin menaiki speedboat, kamu harus membayar biaya ekstra sebesar 300 ribu per sekali perjalanan.

 

Menyusuri Perairan Hutan Layaknya Indiana Jones

Liburmulucom
liburmulu.com

Pernah terpikirkan oleh kamu untuk menjadi seorang petualang layaknya di film Indiana Jones? Mungkin menyusuri perairan hutan bakau ini bisa menyembuhkan harapanmu. Menyusuri perairan hutan sambil menaiki perahu ini bisa meningkatkan imajinasimu mencari harta karun. Tidak hanya itu, ber-selfie ria selalu bisa menjadi opsi di sebuah tempat wisata. Tak terkecuali jika kamu berwisata sendirian.

 

Jogging di antara Riuhnya Hutan Bakau

Indonesiakayacom
indonesiakaya.com

Selain menyusuri hutan mangrove dengan menaiki sebuah perahu, kamu juga bisa menikmati pemandangan dan menikmati segarnya hutan bakau sambil melakukan jogging. Di salah satu area di hutan ini disediakan sebuah jogging track yang bisa dinikmati untuk kamu yang hobi berlari atau sekedar berjalan sambil mendokumentasikan momen-momen yang ada. Sangat cocok untuk kamu yang ada keinginan diet.

 

Membantu Perekonomian Warga Setempat

Salah satu fungsi sebuah wilayah menjadi objek wisata adalah membantu warga sekitar mendapatkan penghasilan tambahan atau mungkin membuka peluang usaha. Maka dari itu, disini juga ada pusat oleh-oleh seperti makanan ringan atau cendera mata yang bisa kamu beli. Dan ingat jika kamu membeli makan dengan bungkus plastik, pastikan untuk tidak membuang sembarangan.

 

Membantu Melestarikan Hutan Bakau

Dengan dijadikannya kawasan hutan bakau ini menjadi objek wisata dimaksudkan agar hutan bakau ini tetap lestari. Semakin banyak orang yang datang akan semakin banyak penghasilan yang didapat dan bisa dijadikan modal untuk melakukan konservasi hutan bakau dan memperluasnya. Dan bisa jadi menginspirasi daerah pesisir pantai di sisi lain di Indonesia untuk membuka juga objek wisata serupa. Dan pastinya diharapkan membuat pengunjung tempat ini semakin mawas diri terhadap lingkungan.

 

SUMBER: wisatajatim.info, indonesiakaya.com, jejakbocah.com, tripadvisor.com

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Blur Calorie Intake Calories 1927500

100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai…

Silverkriscom

100 Tempat Wisata dan Kuliner Instagramable di Surabaya

Siapa sih yang tidak mengenal Kota Surabaya? Semua pasti mengenalnya terutama dengan julukannya sebagai Kota Pahlawan berkat peristiwa heroik 10 November 1945. Sebagai salah satu kota terbesar…

Active Activity Adult 1308746

Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik,…

10 Room Makeover Ideas For Cheap Via Simphome Featured

10 Ide Makeover Rumah dengan Biaya Murah

Rumah merupakan tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Di situlah Anda akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan. Namun, ketika Anda berpikir bahwa rumah sudah mulai suram dan membosankan, berarti…

10 Ide Dekorasi DIY Spesial untuk Ruang Tamu Kecil

10 Ide Dekorasi DIY Spesial untuk Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu adalah salah satu ruang yang paling hidup di rumah Anda. Di sinilah Anda menerima tamu dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Maka tak khayal…

Tokyostorynet

Tempat Wisata di Tokyo: Menonton Seni Wayang Orang Khas Jepang, Kabuki

Spesial.net – 歌舞伎 atau Kabuki terdiri atas tiga susunan huruf kanji, yaitu (歌 =ka/uta, berarti nyanyian, musik atau dialog, 舞 = bu/mau, yang berarti tarian dan 伎…