10 Cara DIY, Ciptakan Furnitur Gaya Pedesaan untuk Dapur Kecil

0
61
10 Cara DIY, Ciptakan Furnitur Gaya Pedesaan untuk Dapur Kecil
10 Cara DIY, Ciptakan Furnitur Gaya Pedesaan untuk Dapur Kecil

Jika Anda bosan dengan desain interior dapur dan ingin mengubahnya dengan sesuatu yang berbeda -sesuatu yang lama, namun canggih- Anda dapat menerapkan gaya pedesaan ke dapur Anda. Bahkan jika dapur Anda berukuran mini, gaya pedesaan akan benar-benar membuat dapur kecil makin bergaya. Ini adalah proyek yang mudah dibuat dari bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekitar rumah Anda sekarang secara gratis. Jadi, jangan menunggu lebih lama lagi dan segera ubah gaya dapur kecil Anda dengan mencoba proyek furnitur pedesaan DIY berikut ini.

Klik Saja Sepuasnya!

10. Gaya Pedesaan untuk Pengaman Lap

Gaya Pedesaan Untuk Pengaman Lap
Gaya Pedesaan Untuk Pengaman Lap

Meja dapur adalah tempat Anda biasa menyiapkan makanan. Mengubah gaya dapur, khususnya pada bagian meja akan membawa suasana baru ke dapur Anda. Untuk membuat meja ini, Anda membutuhkan papan yang sudah usang. Lalu gosok dengan sabun, air, dan sikat, lalu biarkan kering. Kemudian, mulailah dengan memilih tiga potong kayu terbaik, potong menjadi ukuran yang sama, dan atur secara horizontal. Kemudian, tempatkan dua papan di ketiga papan dan pasang menggunakan sekrup kayu. Selanjutnya pada bagian kaki meja, pakukan empat papan tebal di setiap sudut atas meja. Sedangkan untuk celemek meja, ukur sisi meja, potong kayu sesuai panjangnya, dan tempelkan potongan kayu ke atas meja. Kemudian, tambahkan rak bawah di atas meja. Langkah terakhir, tambahkan rak handuk ganda di salah satu sisi meja. Sekarang Anda memiliki meja dapur pedesaan yang menyediakan lebih banyak penyimpanan untuk peralatan memasak Anda.

9. Rak Terbuka yang Simpel

Rak Terbuka Yang Simpel
Rak Terbuka Yang Simpel

Sebagian besar orang akan menggunakan lemari untuk tempat penyimpanan dinding di dapur sebagai pilihan yang praktis. Tetapi bagi sebagian yang lain, mereka tidak tertarik untuk memasangkan kotak di dapur karena akan membuat ruang terasa lebih kecil. Nah, sebagai gantinya, cobalah membuat rak terbuka ini sendiri.
Semua orang bisa membuat rak sederhana ini. Pertama, pasang bagian bawah ke atas untuk membuat kurung L di sisi belakang menggunakan lem dan sekrup lubang saku. Kemudian, pasang penjepit kurung ke meja kerja dengan benar. Selanjutnya, tempelkan rak ke braket dengan lem dan paku. Terakhir, cat rak tersebut Anda sebelum menempelkannya ke dinding.

8. Rak Pipa Galvanis

Rak Pipa Galvanis
Rak Pipa Galvanis

Rak dapur pipa galvanis DIY adalah penjajaran antara logam dan kayu untuk menciptakan gaya industri pedesaan. Bahannya adalah kayu, pipa, stopkontak, sekrup, dan kayu. Setelah bahan tersedia, pasang stopkontak secara simetris di dinding dengan sekrup atau paku. Setelah itu, pasang pipa dan kayu, dan seimbangkan dengan ruang di dinding tersebut. Pastikan Anda telah memasangnya dengan kuat dan benar. Dan bagian yang menyenangkan dari proyek ini adalah Anda akan mengisi rak tersebut dengan hiasan kaca, tanaman mini, ataupun barang cantik lainnya, sehingga rak itu akan makin terlihat menarik.

BACA JUGA:  10 Hal Yang Tidak Bisa Anda Temukan Selain di Ciputra Waterpark Surabaya

7. Liontin Cahaya di Atas Wastafel Dapur

Liontin Cahaya Di Atas Wastafel Dapur
Liontin Cahaya Di Atas Wastafel Dapur

Cara lain untuk merombak dapur adalah dengan menghapus cahaya biasa yang membosankan di atas wastafel dapur dan menggantinya dengan lampu sangkar liontin DIY. Untuk mengaplikasikan ide ini, mulailah proyek dengan membuat lightbox kayu. Pastikan pengukurannya sesuai dengan ruang yang ada. Lalu bor ¼” lubang-lubang ke dalam dan tepat di tengah kayu, tempat Anda menggantungkan lampu. Selanjutnya mulailah memasang kabel lampu dan memasukkan semuanya ke dalam kotak dengan benar. Untuk proses ini, Anda dapat meminta bantuan dari teknisi listrik. Kemudian, tandai di mana baut akan dipasang di kotak, lalu bor lubang di tempat yang sudah Anda tandai. Setelah itu, pasang kotak tersebut di atas wastafel dapur dengan baik dan benar. Selanjutnya, pasanglah lampu dengan hati-hati.

6. Meja Dapur Nuansa Biru

Meja Dapur Nuansa Biru
Meja Dapur Nuansa Biru

Meja dapur gaya pertanian nuansa biru ini akan memberi Anda ruang penyimpanan yang lebih banyak, yaitu dua lemari besar, tiga rak, dan laci besar. Jadi meja ini tentu sangat cocok untuk dapur kecil Anda.
Untuk membuat meja dapur ini, Anda harus membangun bingkainya terlebih dahulu. Jaga agar segala sesuatunya pas dan pas, lalu pasang menggunakan sekrup kayu. Kedua, pasang bilah belakang. Ambil papan untuk sisi belakang, sisi depan, rak sisi atas, rak sisi bawah, paling atas tengah, dan paling bawah tengah. Sejanjutnya, tempelkan semua papan-papan tersebut sesuai dengan tempatnya. Agar terpasang dengan aman, Anda bisa memaku papan kayu tersebut. Langkah berikutnya, buatlah dua pintu laci dan pasang bilah pintu dengan engsel.

5. Rak Bumbu dari Peti Coca-Cola

Rak Bumbu Dari Peti Coca Cola
Rak Bumbu Dari Peti Coca Cola

Di dapur, rempah-rempah kering biasanya disimpan dalam stoples. Bahkan juga diberi label dengan benar. Tapi terkadang, Anda masih kesulitan menemukan bahan yang akan digunakan karena stoples-stoples tersebut berebut posisi di dalam lemari dapur. Oleh karena itu, Anda bisa membuat sendiri rak bumbu yang menarik seperti ini, untuk menghindari masalah-masalah yang biasa terjadi saat Anda memasak.
Rak peti ini terbuat dari coca-cola vintage. Atau jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menggunakan semua jenis kotak keren, baki, dan barang-barang penyimpanan lainnya dari pasar loak atau mal antik. Setelah itu, Anda dapat mengubahnya untuk memenuhi kebutuhan dengan membuat stoples rempah-rempah yang cocok dengan peti. Ini adalah salah satu cara yang bagus dan  sempurna untuk merapikan bahan masakan Anda.

BACA JUGA:  Wisata ke Jepang: Belajar Membuat Bonsai, Kaligrafi Jepang dan Replika Makanan

4. Dapur Tua dengan Meja Dapur dari Palet Kayu

Dapur Tua Dengan Meja Dapur Dari Palet Kayu
Dapur Tua Dengan Meja Dapur Dari Palet Kayu

Untuk meja kopi palet kayu ini, Anda bisa menggunakan meja polos lama Anda dengan menutupinya dengan kain putih, lalu staples gun ke meja. Lalu siapkan palet kayu dan letakkan di atas meja. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah palet kayu dengan ukuran meja Anda. Kemudian Anda bisa melihat ruang di bawah palet yang dapat dijadikan tepat untuk menyimpan botol dan makanan ringan Anda. Selanjutnya, buat sendiri beberapa bangku kayu dan letakkan di sekitar meja dapur untuk menyeimbangkan tampilannya.

3. Membuat Rak Pot DIY dari Awal

Membuat Rak Pot DIY Dari Awal
Membuat Rak Pot DIY Dari Awal

Yang Anda butuhkan untuk dapur kecil Anda adalah rak pot yang dipasang ke langit-langit seperti ini. Dengan ide ini Anda benar-benar dapat menggunakan kembali tangga lama atau boks bayi bekas. Tetapi jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat membuatnya dari awal dengan bahan dan cara yang mudah.

Yang Anda butuhkan hanyalah kayu sisa, sumbat kayu, rantai, pengait, dan alat pengencang. Setelah Anda mendapatkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat rak pot ini, pertama, buatlah rak bingkai kayu persegi untuk gantungan pot dari kayu. Kemudian, tambahkan pengait untuk pot. Selanjutnya, kencangkan dua papan kayu yang berdampingan untuk membentuk alas. Setelah itu selesaikan bingkai dan alas kayu, kemudian catlah dengan warna yang Anda inginkan. Pastikan Anda mengampelasnya terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil warna cat yang merata. Kemudian, kencangkan rak pot DIY ke langit-langit di atas bak cuci. Pastikan Anda memasang stud. Anda juga harus menemukan giwang di langit-langit terlebih dahulu dan menandainya. Pasang dasar ke langit-langit dengan memasukkannya ke dalam stud. Selanjutnya, kencangkan bingkai ke alas dengan memasang rantai ke rak pot. Pastikan Anda telah memasangnya dengan baik dan benar agar semua tetap aman dan terjaga dengan baik.

BACA JUGA:  Serbi-Serbi Klenteng Sanggar Agung

2. Rak Pot DIY dari Jendela Tua

Rak Pot DIY Dari Jendela Tua
Rak Pot DIY Dari Jendela Tua

Ini adalah ide rak gantung lainnya yang sangat mudah daripada yang sebelumnya. Bahan utamanya adalah sisa bingkai jendela, pengait S, dan rantai. Untuk menggantung pot ke bingkai jendela, cukup gunakan pengait S yang bisa Anda beli di toko bangunan. Sedangkan untuk menggantung bingkai jendela dari langit-langit, Anda dapat membelinya juga di toko tersebut. Kemudian pasang kait mata ke jendela dan langit-langit. Pasang batang logam ke sisi kiri dan kanan rak pot untuk menggabungkan penyimpanan tambahan atau hanya agar terlihat lebih bergaya. Jadi Anda dapat melewati langkah ini. Selanjutnya, jika Anda ingin menjaga tampilan usia jendela, jangan mengecat jendela. Biarkan warnanya tetap natural dan terlihat alami.

1. Rak untuk Cangkir

Rak Untuk Cangkir
Rak Untuk Cangkir

Apakah di dapur Anda tidak ada lagi ruang di lemari atau laci untuk cangkir kopi Anda? Jangan khawatir, Anda dapat menyimpannya secara horizontal di dinding dengan dudukan cangkir kopi DIY ini. Anda hanya membutuhkan bahan utamanya yaitu palet kayu dan pengait. Selanjutnya untuk memulai proyek pembuatannya, siapkan empat palet yang terlihat terbaik dan stabil. Lalu gunakan pensil untuk menandai palet, kemudian potonglah menggunakan gergaji. Pastikan bahwa ukurnanya pas dan sesuai dengan desain Anda. Setelah itu atur masing-masing palet menjadi dua pasang. Lalu, pasangkan palet mini yang permukaannya sudah Anda haluskan dengan ampelas, pada masing-masing palet tersebut seperti pada gambar. Kemudian pasang pengait ke palet dengan mengebornya. Untuk sentuhan terakhir, pada papan atas yang lebih panjang dan lebar, Anda dapat menambahkan detail di atas seperti kata COFFEE atau yang lain.

Selalu ada cara untuk membuat dapur Anda terlihat lebih gaya dengan biaya yang sangat murah. Dan proyek furnitur dapur pedesaan DIY ini tidak hanya akan membantu kegiatan memasak Anda lebih mudah, tetapi juga membuat suasana di dapur kecil Anda terlihat lebih menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here