10 Ide Kerajinan DIY Cantik dari Kotak Cerutu

0
67
10 Ide Kerajinan DIY Cantik dari Kotak Cerutu
10 Ide Kerajinan DIY Cantik dari Kotak Cerutu

Perokok biasanya menyimpan cerutunya di dalam kotak cerutu untuk menjaga kualitasnya. Karena banyak kotak cerutu yang terbuat dari kayu, timah atau alumunium, banyak ide yang bisa buat dari kotak tersebut untuk melengkapi keperluan Anda. Jadi, jika Anda mempunyai kotak-kotak tersebut dan bingung akan memanfaatkannya untuk apa, berikut 10 ide karajinan dan tempat penyimpanan yang bisa Anda buat dari barang tersebut.

Klik Saja Sepuasnya!

10. Laci Pedesaan

Laci Pedesaan
Laci Pedesaan

Memiliki laci di rumah penting untuk menyimpan barang-barang Anda lebih rapi. Tapi terkadang harganya cukup mahal. Jadi, daripada membeli, mengapa Anda tidak mencoba membuatnya? Jangan khawatir tentang pengeboran dan palu karena Anda juga tidak akan menggunakannya. Karena ide ini cukup sederhana dan mudah sehingga Anda bisa menyelesaikannya hanya dalam beberapa menit saja.
Pertama, Anda akan membutuhkan unit rak. Yang sudah usang pun tidak masalah baik karena justru akan memberikan sentuhan pedesaan ke rumah Anda dengan lebih baik. Selanjutnya Anda akan memerlukan beberapa kotak cerutu dan tarikan. Pasang sekrup ke sisi depan setiap kotak cerutu, lalu letakkan kotak di dalam unit rak. Mudah, bukan?

9. Dudukan Cincin

Dudukan Cincin
Dudukan Cincin

Kotak cerutu dapat menjaga koleksi cincin Anda tetap terjaga dengan baik. Dengan beberapa bahan seperti kotak cerutu, batting quilt dan kain, Anda akan dapat membuat dudukan cincin Anda sendiri di rumah yang terlihat sangat mirip dengan yang ada di toko perhiasan.
Pertama, buat beberapa gulungan dari batting quilt dan potong sesuai ukuran agar pas di dalam kotak cerutu. Selanjutnya, tutup dengan warna kain favorit Anda untuk tampilan yang lebih menarik. Yang terakhir, rapikan kotak dan atur cincin Anda. Sebagai ide tambahan lain, Anda juga dapat menutupi kotak rokok dengan bungkus kado jika ingin terlihat berbeda.

BACA JUGA:  Wisata Vintage Melihat Gereja Kepanjen Peninggalan Belanda

8. Rak Terpasang di Dinding

Rak Terpasang Di Dinding
Rak Terpasang Di Dinding

Rak yang terpasang di dinding ini adalah salah satu dari banyak cara yang memberi Anda ruang penyimpanan tambahan serta membuat hiasan dinding yang menarik. Untuk membuatnya, Anda harus menyiapkan beberapa kotak cerutu, kertas lembar memo, gantungan gambar, dan beberapa hiasan. Kemudian mulailah dengan mengambil engsel dari kotak cerutu, lalu pasang gantungan gambar di bagian belakangnya. Selanjutnya, tempelkan kertas lembar memo di dalamnya, dan tambahkan beberapa hiasan sesuai keinginan. Anda juga bisa mengecat kotak untuk tampilan yang berbeda. Terakhir, gantung di dinding dan pajang pernak-pernik Anda dengan sesuka hati.

7. Kotak Pochade

Kotak Pochade
Kotak Pochade

Keinginan untuk melukis seringkali datang secara spontan. Dan dengan kotak lukis ini, Anda dapat mengekspresikan ide di mana-mana dan kapan pun. Karena kotak ini snagat praktis, jadi Anda dapat membawanya dengan mudah.
Kotak pochade ini dapat Anda buat sendiri dengan biaya lebih murah. Dengan kotak cerutu kayu, potongan kayu, paku dan beberapa alat pendukung lainnya, Anda bisa mendapatkan kotak pochade yang cantik ini. Adapun tahapan untuk membuatnya adalah sebagai berikut. Pertama, pastikan untuk menggunakan kotak cerutu kayu yang bagus agar tahan lama. Selanjutnya, pasangkan kayu kecil di balik tutupnya agar tidak terbuka terlalu jauh. Setelah itu, potong palet panel agar pas dengan kotak lalu rekatkan dengan paku.

6. Kotak Serbaguna

Kotak Serbaguna
Kotak Serbaguna

Siapa yang bisa menebak bahwa kotak penyimpanan apik ini sebenarnya adalah terbuat dari kotak cerutu? Jika Anda ingin membuatnya, hanya perlu beberapa menit untuk mengubah kotak cerutu vintage menjadi kotak penyimpanan yang indah dan terlihat mewah. Untuk membuat kotak penyimpanan ini, Anda membutuhkan kertas  kado, cat, dan lem.
Setelah Anda memiliki waktu luang, mari berkreasi membuat kotak ini. Caranya, mulailah dengan melepas perangkat keras yang ada di kotak cerutu dan bersihkan. Jika ada permukaan yang kasar, cukup ampelas saja. Selanjutnya, cat permukaannya dan biarkan mengering. Setelah itu, ukur di dalam kotak, lalu potong kertas sesuai dengan hasil pengukuran Anda. Setelah Anda mendapatkan potongan kertas yang sempurna, oleskan lem di dalam dan letakkan potongan kertas tersebut. Yang terakhir, tambahkan detail eksterior kemudian pasang kembali perangkat keras yang telah dilepas sebelumnya.

BACA JUGA:  Tidak Ada Tempat Yang Lebih Asik Untuk Makan Malam Selain di Supernova Surabaya

5. Tas dari Kotak Cerutu DIY

Tas Dari Kotak Cerutu DIY
Tas Dari Kotak Cerutu DIY

Jika Anda adalah salah satu dari wanita yang menganggap dompet sebagai kantong ajaib di mana Anda dapat menyimpan semuanya di dalamnya, Anda harus mempertimbangkan membuat dompet kotak cerutu ini. Caranya, ambil kotak cerutu dan cat dengan warna favorit Anda atau pilih warna netral sehingga akan selalu cocok dengan warna pakaian apapun yang Anda kenakan. Selanjutnya, tambahkan detail atau tinggalkan tampilan aslinya. Terakhir pasang gagang tas dari tali yang sudah Anda rangkai dengan manik-manik.

4. Kotak Jahit

Kotak Jahit
Kotak Jahit

Kotak cerutu juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan peralatan jahit. Cukup siapkan  beberapa papan kayu dan lem atau paku untuk memasangnya. Kemudian, untuk mulai membuatnya, pertama-tama tentukan dekorasi dan partisi yang Anda inginkan. Setelah itu potong papan untuk membuat partisi dan tempelkan dengan lem kayu. Setelah kering, kotak pun siap digunakan. Tapi, jika Anda pikir tampilannya masih terlalu biasa, silakan tambahkan beberapa hiasan dengan sesuka hati untuk memperindah kotak tersebut.

3. Rak Kamar Mandi

Rak Kamar Mandi
Rak Kamar Mandi

Kamar mandi, terutama yang kecil, biasanya membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih banyak agar segala peralatan mandi di sana tidak berantakan. Jika Anda ingin mendapatkan kamar mandi yang lebih rapi, pertimbangkan untuk membuat rak yang terpasang di dinding seperti ini.
Untuk membuat rak ini, Anda memerlukan beberapa kotak cerutu yang jumlahnya bergantung pada kebutuhan Anda, beberapa paku, dan rantai. Setelah bahan sudah disiapkan, mulailah memasang rantai di setiap tepi kotak cerutu untuk menopangnya ketika digantung di dinding. Pastikan panjang rantai cukup untuk membentuk sudut 90 derajat ketika kotak dibuka. Selanjutnya, paku kotak di dinding.

BACA JUGA:  10 Ide Makeover Rumah dengan Biaya Murah

2. Kotak Kerajinan Shabby-Chic

Kotak Kerajinan Shabby Chic
Kotak Kerajinan Shabby Chic

Kotak cerutu sebenarnya sudah dapat digunakan sebagai kotak penyimpanan, tetapi jika ingin terihat berbeda, cukup tambahkan aksesori seperti kotak kerajinan Shabby-Chic ini yang terlihat mewah. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, mulailah dengan mengecat kotak dengan warna favorit Anda lalu tutup dengan goni. Goni mungkin membuatnya terlihat agak kuno tetapi Anda dapat menyeimbangkannya dengan menambahkan beberapa aksesori seperti renda atau beberapa kerajinan bunga lainnya.

1. Pot Bunga dari Kotak Cerutu

Pot Bunga Dari Kotak Cerutu
Pot Bunga Dari Kotak Cerutu

Tidak hanya dapat difungsikan sebagai kotak penyimpanan, kotak cerutu juga dapat digunakan sebagai wadah untuk tanaman. Selain murah, Anda juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Caranya, Anda hanya perlu melapisi kotak cerutu dengan kertas perkamen kemudian menempatkan tanaman di dalamnya. Sedangkan untuk penanam sukulen, Anda harus mengganti kertas dengan pasir sebelum menempatkan tanaman Anda.

Itulah 10 ide DIY membuat kerajinan dari kotak cerutu yang dapat Anda buat di rumah untuk menambah lebih banyak tempat penyimpanan yang praktis dan merapikan rumah Anda. Selain itu, Anda juga telah mendapatkan gagasan lain untuk mengubah kotak cerutu menjadi hiasan yang cantik. Maka, daripada kotak cerutu Anda tidak lagi dimanfaatkan, mari raih keuntungan yang keren dari kotak-kotak tersebut. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here