10 Ide Kebun Sayur DIY yang Unik

0
33
10 Ide Kebun Sayur DIY yang Unik
10 Ide Kebun Sayur DIY yang Unik

Mempertahankan asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi sayuran secara rutin adalah penting. Itu sebabnya banyak orang memilih untuk menanam sayuran di rumah sehingga mereka dapat menikmati sayuran segar setiap hari. Selain itu, kebun sayur juga merupakan cara yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tarik lingkungan di sekitar rumah Anda. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Terus baca dan temukan inspirasi Anda dengan 10 ide membuat kebun sayuran yang unik dan tidak biasa berikut dengan cermat!

10. Gantung Kebun Sayur di Palet Kayu

Gantung Kebun Sayur Di Palet Kayu
Gantung Kebun Sayur Di Palet Kayu

Beberapa tumbuhan seperti basil, mint, dan peterseli akan terasa lebih enak dikonsumsi ketika masih segar. Maka ini adalah pilihan yang sempurna untuk memilikinya di rumah Anda. Karena ukurannya yang kecil, mereka tidak membutuhkan banyak ruang dan dapat ditanam bersama dalam sebuah wadah.
Menggantung palet kayu seperti ini adalah salah satu ide terbaik yang harus Anda coba. Anda hanya perlu menambahkan papan kayu di bawah setiap rak yang tersedia di palet kayu. Jangan lupa membuat lubang sebagai drainase. Lalu, pasang palet kayu dan tanam sayuran yang Anda inginkan. Pastikan rak digantung di tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik. Terakhir, tuliskan nama masing-masing tanaman agar Anda tidak bingung saat memetiknya.

9. Kebun Sayuran 3-in-1

Kebun Sayuran 3 In 1
Kebun Sayuran 3 In 1

Semakin banyak tanaman yang Anda tanam, semakin banyak pula ruang yang dibutuhkan. Tapi, ini akan menjadi masalah besar bagi Anda yang hanya memiliki ruang terbatas untuk hobi berkebun Anda. Akan tetapi, taman 3-in-1 ini akan membantu Anda mengatasi keterbatasan ruang tersebut. Selain itu akan lebih praktis karena Anda bisa memiliki 3 sayuran berbeda dalam satu wadah sekaligus. Maka, jika Anda tinggal di tempat kecil seperti apartemen, namun Anda ingin memiliki sayuran segar, ide ini sangat dianjurkan.
Sama seperti menanam tanaman lain, Anda membutuhkan tanah, biji, dan wadah dengan lubang drainase yang cukup besar untuk ketiga tanaman tersebut. Pastikan untuk memberi ruang yang cukup untuk setiap sayuran yang Anda tanam. Terakhir, atur mereka di tempat yang strategis agar tanaman bisa mendapatkan enam hingga delapan jam sinar matahari dengan baik.

BACA JUGA:  10 Proyek DIY Rustic Furniture, Percantik Kamar Tidur Anda

8. Kebun Sayuran di Atas Meja Makan

Kebun Sayuran Di Atas Meja Makan
Kebun Sayuran Di Atas Meja Makan

Ide kebun sayur ini pasti akan membuat tamu Anda takjub. Mintalah mereka datang untuk makan malam dan biarkan mereka menikmati sayuran segar dari tanaman yang dapat dimakan meski tidak dimasak sebelumnya, di samping ada makanan lain yang spesial Anda sajikan untuk mereka.
Ini sebenarnya adalah meja biasa yang juga berfungsi sebagai tempat tidur terangkat. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mendapatkan beberapa papan dan pasang kaki ke atas meja menggunakan sekrup atau braket-L. Dan di sini adalah bagian yang paling penting yaitu buatlah beberapa ruang sebagai bedeng, tempat Anda menanam sayuran dan sistem irigasi di tengah. Jangan lupa untuk menyediakan ruang di atas meja untuk menyajikan hidangan pendamping lainnya.

7. Roda Gerobak Tua sebagai Taman Mini

Roda Gerobak Tua Sebagai Taman Mini
Roda Gerobak Tua Sebagai Taman Mini

Siapa yang menyangka roda gerobak tua bisa berubah menjadi kebun mini yang indah untuk sayur? Selain itu, ide ini juga akan membawa sentuhan pedesaan di taman Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah meletakkan gerobak di tanah dan mengisinya dengan tanah. Setelah Anda pikir itu sudah cukup, tanamlah sayuran yang Anda inginkan di setiap bagian roda. Maka secara otomatis, jari-jari roda menjadi pembatas yang dapat dimanfaatkan untuk menanam beberapa sayuran dan herbal yang berbeda sekaligus dengan lebih mudah.

6. Pekebun Terbalik

Pekebun Terbalik
Pekebun Terbalik

Jika ruangan Anda sangat terbatas, jangan biarkan itu merusak rencana Anda untuk memiliki kebun sayur. Karena mulai sekarang, Anda dapat memiliki kebun tomat dengan penanam terbalik yang tidak biasa ini, bahkan jika Anda kekurangan ruang sekalipun. Pertama, Anda perlu menyiapkan wadah plastik, plastik dan memotong lubang tiga inci di tengah bawah. Selanjutnya, buat dua lubang atau lebih untuk chord yang akan menahan wadah. Pada dasarnya, penanam ini ditangguhkan dari langit-langit sehingga mereka tidak akan menyentuh lantai. Selanjutnya, tempatkan beberapa lapis koran di bagian bawah dan isi dengan tanah. Potong celah di koran dan masukkan tanaman tomat. Setelah tanaman aman di tempatnya, gantung ember dan isi penuh dengan tanah.

BACA JUGA:  Restoran dengan Budget 100 Ribu ke atas Ada di Domicile Kitchen & Lounge

5. Kebun Warna-warni

Kebun Warna Warni
Kebun Warna Warni

Taman yang indah sebetulnya tidak memerlukan biaya yang banyak karena Anda dapat menghadirkan keindahan, kesenangan, dan keceriaan dengan mengganti ban bekas yang dicat dengan warna berbeda sebagai pot untuk sayuran Anda. Tidak hanya satu atau dua, Anda dapat menumpuk tiga atau lebih ban untuk mendapatkan ketinggian yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda hanya perlu mengisinya dengan tanah dan benih sayuran yang ingin Anda tanam.

4. Berkebun Vertikal dengan Sepatu Organizer

Berkebun Vertikal Dengan Sepatu Organizer
Berkebun Vertikal Dengan Sepatu Organizer

Kini berkebun tidak lagi tentang membeli pot dan memiliki halaman yang luas. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan kembali barang-barang lama yang tidak lagi digunakan seperti sepatu organizer ini. Selain memiliki banyak kantong, Anda pun memiliki ide lebih banyak untuk mengisinya dengan jenis sayuran yang berbeda-beda dan bisa Anda gantung di mana-mana.
Untuk membuat proyek ini, Anda akan memerlukan sepatu organizer, tiang, kait, dan tanaman. Kemudian, mulailah dengan menempelkan tiang di dinding tempat Anda akan menggantungkan sepatu organizer. Pastikan tempat tersebut dapat terkena cahaya matahari yang cukup. Setelah itu, tambahkan pengait yang sangat kuat untuk menopang berat taman nanti. Selanjutnya buat lubang drainase, kalau air tidak mengalir dengan baik. Langkah berikutnya, tambahkan tanah ke setiap saku dan mulailah menanam sayuran. Jangan lupa menyiraminya secara teratur agar sayuran dapat tumbuh dengan baik.

3. Ayo Masuk ke Dalam Kotak

Ayo Masuk Ke Dalam Kotak
Ayo Masuk Ke Dalam Kotak

Bagaimana jika laci Anda diisi dengan tanaman sayuran? Dengan beberapa laci, papan, dan sedikit usaha, Anda bisa mendapatkan kebun sayur yang tidak biasa ini. Sebagai langkah awal untuk membuatnya, buatlah konstruksi seperti tangga dari skrap atau papan yang bertindak sebagai tanda kurung yang menopang laci. Potong empat papan yang lebih pendek untuk setiap laci dan tempelkan ke papan pendukung. Selanjutnya, isi laci dengan tanah dan sayuran yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk mengebor beberapa lubang di bagian bawah setiap laci untuk drainase yang baik.

BACA JUGA:  Berkenalan dengan Perfektur Putih di Jepang, Hokkaido

2. Kebun Herbal dari Baking Tins

Kebun Herbal Dari Baking Tins
Kebun Herbal Dari Baking Tins

Kebun herbal di dalam rumah? Kenapa tidak? Ini akan memungkinkan Anda untuk memiliki ramuan yang Anda butuhkan dengan lebih mudah. Terlebih lagi, tanaman ini akan tumbuh di pekebunan kecil dari kaleng bekas atau wadah alumunium seperti ini.
Jika Anda tertarik untuk membuatnya, pertama-tama Anda membutuhkan kaleng bekas atau wadah alumunium, lembaran plastik, kerikil, tumbuhan dan tanah. Kemudian, dengan mengikuti diameter kaleng kue, potong setengah lingkaran lembaran plastik dan satukan dengan lem. Setelah kering, masukkan kerikil, tanah dan herbal secara berurutan. Yang terakhir, letakkan di mana pun Anda inginkan, baik di dinding atau di atas meja.

1. Botol Plastik Daur Ulang

Botol Plastik Daur Ulang
Botol Plastik Daur Ulang

Saat ini jumlah sampah plastik terus meningkat, yang tentunya hal itu dapat berbahaya bagi lingkungan. Jadi, mari kita coba mengurangi limbah plastik dengan mendaur ulang botol plastik tersebut. Salah satunya Anda dapat menggunakannya sebagai wadah untuk sayuran atau tanaman lain seperti ini.
Untuk menerapkan ide ini, kumpulkan botol plastik sebanyak yang Anda inginkan, lalu potong setengahnya. Kemudian, buat beberapa lubang pada penutup untuk drainase dan tempelkan pada palet kayu. Isi dengan tanah dan sayuran. Selanjutnya, sandarkan pada segala sesuatu yang dapat membuatnya tetap vertikal. Jika ingin di sekitar Anda banyak kayu atau papan bekas, manfaatkan itu sebagai rak untuk mendukung tanaman tersebut.

Itulah 10 ide kebun sayur unik dan tidak biasa yang bisa Anda coba di rumah. Selain kaya manfaat, ide-ide tersebut juga akan menjadi cara yang mudah untuk mendapatkan kebun cantik yang membuat siapapun dapat menikmati keindahannya. Jadi ide manakah yang paling menarik perhatian Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here